Mantabs…Komen Mahasiswa


Mantabs…Komen Mahasiswa

Setiap akhir kuliah di UI dosen dapat masukan dari EDOM (Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa), Isinya tentang kwantifikasi penilaian mhs. Misalnya apakah mhs merasa penilaiannya fair atau tidak, apakah dosen tepat waktu atau tidak, dst..dst. Range-nya dari 1-6, 1 berarti jelek dan 6 sangat baik. Umumnya saya dapat nilai dari 4.5 keatas… gak pernah sampai 6 paling 5.9.

Itu sih biasa aja, tapi yang cukup menarik adalah komentar dari mhs, yang akan saya copy-paste dibawah ini. Perlu diketahui bahwa pengisian form digital ini anonym, jadi kita tidak tahu siapa orangnya. Tiap satu baris, satu orang (begitu kebanyakan).

Dari 8 kelas yang saya ajar secara resmi (artinya tertulis di SIAKNG) hanya 5 kelas yang memberi komentar. Kebanyakan diantara kelas yg tak berkomentar itu jumlahnya satu kelas hanya sedikit dibawah 6 orang. Namun demikian ada kelas yang Cuma 2 orang, 1 diantaranya kasi komen panjang. Lho ! jadi ada kelas yang tidak resmi yang saya ajar ? Betul, ini karena seorang rekan dosen pergi naik haji jadi saya menggantikannya untuk setengah semester. Perlu diketahui bahwa sepanjang karier saya mengajar baru sekarang inilah saya mengajar demikian banyak kelas… s/d 9 kelas. Namun karena dosen tua itu memang kaya SUPERMAN, jadi kelas mah jalan aja. Tua-tua keladi…makin tua makin JA’IM.-

Saran, kritik, ide, dan komentar untuk kelas kuliah: Teknopreneurship (Teknopreneur-02)

GILAAA!!!!!
Merci beaucoup Prof…
tunggu proposal kami berikutnya Prof, dan lebih nyata
motivasi-motivasi yang diberikan terkadang memotivasi, terkadang juga seperti kiat mencuci otak. semoga harapan prof tentang munculnya teknopreneur baru bisa segera terwujud, khususnya dari mahasiswa teknik mesin ui
mungkin bisa lebih banyak diberikan contoh real kehidupan seorang teknopreneur dari awal berjuang sampai sukses bisa menjadi seorang teknopreneur
terima kasih
adain workshop prof. dan juga kunjungan industri ke perusahaan teknologi
oke
terima kasih prof atas motivasiya, semoga saya bisa jadi teknopreneur
kedepannya kelas teknopreneur ini harus dibuat lebih praktikal lagi.. bukan cuma berhasil membuat produk. biarkan ide produk sederhana, intinya mahasiswa harus dibekali ilmu berdagang bukan saja ilmu membuat produk yang bakal laku di pasar.
kesan: sangat menginspirasi dan sangat memotivasi. pertahankan.
pemberian materi sudah baik, untuk kedepannya diharapkan ada kunjungan untuk lebih mendapati wawasan
………..,,,,,,,,,,,,,,
Mantaap!
fg
saya sangat merasa senang mengikuti kelas ini. masih banyak sekali mahasiswa yang perlu disadarkan akan teknopreneur ini. insyaAllah akan saya teruskan semangat ini😀
Terima Kasih pak :))
nice prof, nice !
Terimakasih
Terima kasih atas ilmu yang diberikan
Teriumakasih prof, semoga panjang umur dan sehat selalu. bakar terus semangat anak muda

 

Saran, kritik, ide, dan komentar untuk kelas kuliah: Teknopreneurship (Teknopreneur-01)

makasih pak…
setiap pertemuan selalu memberikan kata2 motivasi.. terus pertahankan pak..

 

Saran, kritik, ide, dan komentar untuk kelas kuliah: Etika Enjiniring (Etika Enjiniring-E)
Mata kuliah ini sangat spesial bagi saya, karena Prof. Raldi memberikan setiap materi sangat atraktif dan sangat antusias sehingga saya dapat memahami makna dari isi mata kuliah. Dan sungguh sangat bermanfaat ilmu yang telah diberikan, terima kasih banyak Prof selama satu semester telah membimbing saya walaupun di meeting class hanya terdapat dua mahasiswa tetapi semangat dalam mengajar karena pentingnya isi mata kuliah membuat saya semakin antusias untuk mengikuti dan menjalankan semua tugas kuliah yang diberikan. Terima kasih sekali lagi Prof.Raldi semoga amanah dan ilmu yang telah diberikan dapat bermanfaat bagi saya dan terutama untuk lingkungan sekitar saya. Amiin..

 

Saran, kritik, ide, dan komentar untuk kelas kuliah: Pengukuran dan Metrologi (Pengukuran & Metro 1)…Yang ini ngajarnya berdua dengan pak Ario.
kedua dosen sudah cukup baik
terima kasih, Pak !🙂
Saran, kritik, ide, dan komentar untuk kelas kuliah: Engineering Ethics (Engineering Ethics)
saya merasa banyak mendapat sesuatu dalam mata kuliah ini. pertahankan kinerjanya Pak Raldi
This has been the most fun class I have ever had in my whole life! Very interactive and the fact that we learn by doing is what makes this class worth it!
thanks
emang prof raldi ga ada dua nya. mau kelas apapun sama dia pasti tidak rugi ilmu. apalagi di ethics class. lanjutkan!
mata kuliah yang sangat amat baik karena mempelajari mental dari mahasiswa secara kepribadian
Prof Raldi termasuk salah satu dosen favorit saya di mata kuliah ini. Memang benar, kita tidak perlu banyak omong untuk menjadi sesuatu yang berharga dan diingat. Cukup lakukan apa yang kita bisa, dan kita akan menjadi seperti itu dengan sendirinya. Dan Prof Raldi telah membuktikannya. Terimakasih Prof untuk ilmunya selama 1 semester ini. Matkul yang paling nyantai, tapi paling bermakna..
Bapak Raldi sangat baik sebagai dosen yang memfasilitasi mahasiswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Suasa kelas yang aktif membuat mahasiswa dapat berpikir kritis.

 

 

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

