Royalti 1% Freeport


Coba baca di Koran Republika hari ini Rabu 19 Desember 2012, pada halaman 13 pojok kanan atas. Disitu ada artikel dengan judul:

Freeport Setuju Royalti 4 Persen.

Jadi sekarang ini lagi ada renegosiasi antara pemerintah Indonesia dengan PTFI. Indonesia diwakili oleh Dirjen Mineral dan Batubara. Ceritanya kita sekarang berusaha menuntu tambahan royalti 4% tembaga, 3,75 emas dan 3,25 untuk perak. Jadi itu yang baru ingin kita tuntut…

Nah jadi selama ini royalty itu berapa ?

Belum pernah tahu kan anda ? Kemana aja dari dulu ? Oh… iya ya lupa…Kita kan memang bukan bangsa yang berdaulat, jadi biarin aja deh.

Jawabannya ada di salah satu paragraf dalam artikel itu juga. Saya salinkan saja secara lengkap. Kalau anda tidak percaya beli deh koran itu hari ini 19 Des 2012. Maaf ini bukan iklan, saya tak ada hubungan sama sekali dengan agen koran. So… paragrafnya berbunyi demikian:

Namun, kenyataannya, PTFI masih membayarkan tarif royaldi kepada Indonesia sesuai Kontrak Karya (KK) tahun 1991. Dalam KK tersebut, besaran royalty tembaga 1,5%, royalti emas dan perak CUMA SATU PERSEN dari harga jual per kg.

…Help…help…anyone… duh tooolooong… Kang Agus…(Agus Muldya).
Duh kemana sih bang Marwan…(Marwan Batubara).
Itu kang Shelbi ada dimana ?…

Tolong urusin tuh si Amrik ternyata udah lebih 30 tahun ngejajah kita.

Para insinyur Metalurgi, Material, Tambang, Geologi, Geofisika,  pada kemana ? Para insinyur lain Mesin, Elektro, Industri, Kimia, akan segera bantu dari belakang depan dan samping, 3 dimensi deh pokoknya. Mending kita bikin NKRI sendiri  kalau begini jadinya. Pastinya sebelum th 1991 porsi kita lebih kecil lagi dari itu.

Prihatin banget… Kalau di darat kita tidak berdaulat…KITA KE LAUT AJA GUS… (numpang kapalnya pak Mukti).-

Salam Kebangsaan.-

Iklan

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s