Di Lautan Kita Jaya


From: muktiwibowo9@gmail.com
Date: Wed, 19 Dec 2012 01:50:09

Dear all,

SEBUAH CATATAN

Diawali dari pertemuan yang dihadiri para engineer alumni FTUI yang sangat peduli dengan dunia maritim pada saat buka puasa bersama yang lalu
Timbul gagasan untuk dapat mengerucutkan cita cita dan menelorkan sesuatu pemikiran (minimal) demi NKRI ini.

Berbekal semangat yang terus bertahan maka pertemuan dan pembicaraan kemarin malam lebih konstruktif dan lebih fokus.
Hadirin sepakat bahwa semua agenda pembicaraan bermuara pada kehidupan yang beraroma kemaritiman.

Sepakat bahwa semangat dan cita cita dibagi dalam dua agenda besar yang disebut “goal jangka pendek” dan “goal jangka panjang”
Goal jangka panjang merupakan pemikiran luhur yang sangat sederhana yaitu ingin mewujudkan dan menegaskan bahwa NKRI merupakan “Negara Maritim” dengan kata lain bahwa NKRI akan hidup dari sektor kemaritiman, dapat disebut juga bahwa NKRI nantinya akan mengutamakan perdagang melalui laut yang handal dan tertata, keamanan nasional yang sangat terorganisir diwilayah NKRI akan diutamakan dikawal disektor laut, juga meningkatkan industri maritim sehingga dapat menjadi “Back bone” negara kita.

Dari hal diatas tercetuslah “Goal jangka pendek” yang sangat memungkinkan untuk dilakukan tendangannya secara profesional.

Beberapa rencana goal jangka pendek: Diketahui bahwa bidang ESDM merupakan bola yang siap ditendang, dilihat dari kacamata “Kemaritiman” sangat diperlukan peningkatan transportasi untuk menunjang Power plant, sebut saja transportasi batubara, transportasi crew offshore, transportasi minyak dengan segala penunjangnya dan jangan dilupakan bahwa saat ini kebutuhan energy bersih sdh dapat kita proklamirkan motto “Goes to LNG power” yang artinya menyiapkan small LNG Carrier.

“Goal jangka pendek” yang lain adalah sektor pertahanan dan keamana wilayah NKRI yang disiapkan melalui sektor Maritim, dengan mewujutkan keamanan wilayah mulai dari tengah hingga “tapal batas wilayah” yang berupa halaman air yang harus dipagari dengan sistim barikade laut…..yang tentunya akan membuat sektor industri maritim akan meningkat.

“Goal jangka pendek” yang ketiga adalah bagaimana mewujutkan bahwa seluruh pelabuhan di NKRI ini menjadi pelabuhan yang aman, bersih dari pencemaran lingkungan serta dapat disinggahi oleh seluruh kapal yang sesuai dengan tidak ada masalah pada kedalaman alur karena pendangkalan, artinya KERUK SEMUA ALUR PELABUHAN

Dan tentunya “Goal Jangka pendek” lain masih menunggu.

Satu “Goal jangka panjang” dan Tiga “Goal jangka pendek” sudah lebih dari cukup untuk dimainkan.

Semangat akhirnya dilanjutkan dengan wacana untuk membuat sebuah Yayasan kemaritiman yang ditempel dengan label Makara UI disebut juga dengan logo “Krupuk Renyah” yang tersohor dan pasti digemari semua pihak.

Sekian semoga Allah SWT meridhoi semangat dan gagasan kita, CATATAN SELANJUTNYA HARUS TERBIT LEBIH DETAIL

Salam Maritim
Mukti Wibowo
Naval Architect
Marine Consultant

One response

  1. Thanks prof. Raldi telah memposting catatan tersebut, kita tetap semangat memajukan komunitas maritime dengan lebih konkrit , setuju di lautan kita jaya, harus jaya!

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s