Nilai Tambah ToT Lemhannas


Assalamu’alaikum Wr. Wb
Salam Kebangsaan !!Semoga rekan rekan Ikat Lemhannas RI 2012 dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam rahmat serta lindungan dari Alloh SWT..aammin ya robbal’alaminMalam ini, melalui email ini.., saya ingin sedikit berbagi cerita dari apa yang telah terjadi hari ini..tanggal 9 Oktober 2012.Berawal dari informasi akan adanya pelatihan pelatih (T.o.T) Pemantapan Nilai Nilai Kebangsaaan (PN2K) yang akan diselenggarakan
tgl 24-29 oleh Lemhannas RI, secara “mengejutkan” saya dapat ikut serta dalam pelatihan ini..dan akhirnya saya bertemu dengan 85 dosen
hebat diatas rata rata yang terpilih untuk bisa mengikuti pelatihan ini.Saat pertama mengikuti perkenalan di Treva internasional Hotel,saya masih menerawang…”ngapain acara ini? Ngambur ngamburin dana negara dan sangat tidak membumi” (ini adalah awal yang terpikir pada saat malam itu, karena banyak hal yang  menurut saya.., selevel kegiatan yang dikelola lemhannas, masih ada hal hal yang kurang terantisipasi, mulai dari tempat acara beralngsung hingga SPJ  hahaha..)
Akhirnya…, pada hari senin, tgl 24 September 2012, kegiatan pembukaan acara PN2K berjalan dari pagi hingga sore……..luar biasa, bertahap rasa penasaran dan keingintahuan saya mulai ada……: ehem -)

Sehingga, setelah makan malam dan sehabis menyanyikan beberapa lagu di music live hari itu (senin, 24 September 2012) …terpikir beberapa hal berkenaaan apa yang mungkin bisa saya lakukan untuk rasa membalas kepercayaan dari institusi, yang mengirimkan saya ke acara ini.

Berawal…..dari  (mungkin) melihat apa yang terjadi dikampus selama ini, hingga banyak “fenomena aneh” yang ingin diperbaiki.., tapi apa
daya, kemampuan, kesiapan dan hal lain yang ada (saya mengistilahkan “amunisi”).  Amunisi  yang saya punya belum yakin bisa mengubah hal tersebut. Langkah kecil yang terfikir berkenaan dengan kegiatan ToT PN2K ini adalah : menjadikan dosen yang lebih  profesional dibidangnya, terutama yang terkait dengan Pancasila, Kewarganegaraan, Bela Negara, budi Pekerti, Norma norma kehidupan dan lain sejenisnya tapi tidak terlepas dengan kemampuan keahlian dari dosen tersebut.Maka malam itu, saya sempat berkoordinasi dengan pimpinan bagaimana jika diadakannya semacam pelatihan atau lokakarya atau sejenisnya untuk mentransfer apa yang telah saya dapatkan dan bisa dipergunakan untuk kepentingan banyak di institusi saya. Secara garis besar saya sempat informasikan di web : http://ilkom.unila.ac.id/?p=94 berikut beberapa materi yang telah saya dapat, pada hari ke-2.Singkat cerita :  malam itu terfikir untuk membuat suatu acara, yang  acaranya alhamdulillahirobbil’alamin telah diselenggarakan tgl 9
Oktober  dan akan berakhir hingga tanggal 12 Oktober ini.  Goal yang diiinginkan adalah penyamaan atau penyegaran standarisasi calon dosen yang akan memberi mata kuliah Kewarganegaraan (PKn) dilingkup Universitas Lampung. Banyak hal yang bisa dibuat, mulai dari pemahanam perlunya Pemantapan Nilai Nilai Kebangasaan, hingga berakhir dengan teknik mengajar atau metode yang sesuai di tiap jurusan atau program studi masing masing. Jelas didalamnya ada SAP dan GBPP serta Bahan Ajar yang lain yang perlu dibuat atau perlu diperbaiki. Selain itu..sangat jelas : ada nya regenerasi dosen yang mengajar atau mengampu mata kuliahi kewarganegaran di instansi kami akan lebih banyak lagi.Alhamdulillahirobbil’alamin, acara hari pertama telah dilaksanakan, kehadiran Rektor maupun pejabat di lingkungan kampus hadir, dan
seluruh peserta adalah perwakilan dari masing masing fakultas dengan jumlah 35 Dosen. Dan dari pertemuan pagi tadi, informasi yang saya
dapatkan dari ToT PN2K telah saya sebarkan, begitu juga dengan informasi tentang keberadaan Ikatan Alumni ToT Lemhannas RI (IKAT
Lemhannas RI) yang didalamny, saya memperkenalkan diri sebagai Koordinator Wilayah Sumatera Bagaian Selatan IKAT Lemhannas RI  ,
berikut memberikan file file yang mendukung untuk acara pelatihan dosen kewarganeraan yang saya ambil dari materi yang saya dapatkan
dari pelatihan PN2K.Jejaring yang lain adalah : beberapa dosen senior di Unila juga pernah merasakan 3 bulan pendidikan kursus dosen kewarganegaraan yang pernah dilakukan di Lemhannas RI beberapa tahun yang lalu…, sehingga jejaring untuk lebih memperkuat dan mempererat silaturahhim yang pernah mengikuti kegiatan di lemhannnas maupun “icip icip” di lemhannas bisa terjalin lebih baik.

Yup..selanjutnya, masih banyak yang harus dikerjakan.., mulai menggarap lagi kerjasama dengan Korem 043 Garuda Hitam, maupun share
dengan para dosen/ guru se provinsi lampung. Pagi tadi juga, saya melaporkan bahwa : Koordinator Wilayah Sumbagsel IKAT Lemhannas RI 2012 telah membuat kerjasama untuk share materi dengan pengurus Wilayah Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer  (APTIKOM), insya allah akan menjadi bahan di Rakornas APTIKOM di Medan tanggal 18-20 Oktober nanti. Kelak…Dosen dosen Informatika
dan Komputer yang ada di Wilayah Sumatera bagian selatan (lampung, bengkulu., palembang, bangka belitung) akan mengadakan pelatihan
tersendiri dan disupport para alumni IKAT Lemhannas RI

Ya.., itu saja dulu infonya..bagian lain menyusul
dan dibawah ini adalah bebrapa gambar dari kegiatan yang dilakukan.

Salam hangat dan salam kebangsaan !
Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Rangga Firdaus, M.Kom
NIP : 197410102008011015
Jurusan Ilmu Komputer – FMIPA Unila,

Koordinator Wilayah Sumatera Bagian Selatan
IKAT Lemhannas RI

One response

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

