Buku Saya 20 Tahun Lalu


Dahulu kala tahun 1992 dengan selesainya tugas akhir sdri Rini (Sasanti Proborini) kami melanjutkan dengan sedikit kerja, sehingga karya ilmiahnya bisa dilanjutkan menjadi sebuah buku. Jadi briefly lahirlah buku dengan judul:
ALIRAN DUA FASE DAN FLUKS KALOR KRITIS
Oleh Raldi Artono Koestoer dan Sasanti Proborini.
Sekian lama buku itu ‘nyungsep’ di perpustakaan, kali juga gak ada yang baca. Karena binatang yang dibicarakan disitu jarang ada yang tahu. Baru jelang tahun 2002-2003 beberapa mahasiswa Indonesia yang lagi melanjutkan studi master di Korea pada nanyain buku itu. Dan memang di pasaran sudah tidak ada dijual lagi, maklumlah sudah lama betul terbitnya. Jadi mereka saya kopikan buku saya alias fotokopi lalu dijilid dengan demikian mereka bisa baca bukunya dengan biaya murah.
Eh tahu2 tahun lalu ada lagi yang minta dikirimin buku jadul tersebut. Rupanya walau sudah lewat 20 tahun tapi ilmunya masih uptodate juga ya. Atau memang buku ilmiah jarang yang bikin paling tidak dibanding buku novel yang tiap hari ada terbit baru. Pantas saja di negara maju mereka yang bikin buku ilmiah dapat insentif baik uang maupun periode waktu bebas kerja utk menulis buku.
Baiklah kita syukuri saja kondisi ini, semoga buku dengan judul diatas bisa membantu para mahasiswa teknik dan sains maupun peneliti dibidang aliran 2 fase.
Berikut dibawah ini salah satu dari mereka yang membutuhkan buku saya…
-0-
Buku 18 th yang lalu
Baik Pak.
Terimakasih banyak atas bantuan Pak Koestoer.
Nanti akan saya transfer biayanya ke rek Bpk di CIMB Niaga.
Nanti Bpk akan saya sms bila sudah saya transfer.
Trims

Salam
Khaerul Amri A
________________________________________
Dari: Raldi Artono Koestoer <koestoer@eng.ui.ac.id
Kepada: Khaerul Amri <amri_ardhelaz@yahoo.co.id

Yth sdr Khaerul Amri,

Bukunya sudah dikirim.

Copy dan jilid Rp 25.300,-
Ong Kirim Rp 11.500,-

Total Rp 36.800,-

Kirim saja biayanya ke account bank

a.n. Raldi Artono Koestoer, CIMB Niaga nomor 005X-111XXX-000

Terimakasih, dan salam.-

Raldi

On Mon, 26 Mar 2012 00:03:48 +0800 (SGT), Khaerul Amri wrote:
oh begitu, baik Pak ini akan saya konsultasikan dulu dgn Dosen
Pembimbing saya. Karena dulu Beliau ketika sekolah S2 memperdalam ilmu
aliran dua fase dan menggunakan referensi dari Pak Koestoer, maka
Beliau meminta saya utk mencari referensi tersebut. Bila ternyata
Tugas Akhir saya ini memang membutuhkan ilmu dasar dari Bapak
Koestoer, mohon pertolongannya dengan sangat ya Pak. Karena ilmu Bapak
sangat berharga bagi saya.
trims

salam
Khaerul Amri

————————-
DARI: Raldi Artono Koestoer
KEPADA: Khaerul Amri
DIKIRIM: Senin, 26 Maret 2012 22:18

Ya mrk memang mengartikannya berbeda.
Terutama mereka yg berada didunia perminyakan pada umumnya mneggunakan
istilah dua fase utk minyak dan air.

Tapi dari segi ilmu aliran (fluida) maka yg disebut multi fase adalah
aliran bersamaan antara fase solid, liquid dan gas.
Sedangkan cabangnya adlah 2 fase yaitu either
solid-liquid
liquid-gas
or
solid-gas

Kalau demikian halnya, maka:

ANDA TIDAK MEMERLUKAN BUKU SAYA…

krn 2 fase disini maksudnya adalah liquid and gas.

Salam

Ral.-

On Sun, 25 Mar 2012 22:05:52 +0800 (SGT), Khaerul Amri wrote:
ini saya kirimkan jurnal aliran dua fase cairan-cairan

————————-
DARI: Raldi Artono Koestoer
KEPADA: Khaerul Amri
DIKIRIM: Minggu, 25 Maret 2012 14:25
JUDUL: Re: permohonan buku judul Sistem dan Aliran Dua Fase

Btw
Kalo miny mentah dan air itu satu fase…
Kecuali bila ke2 nya dipanaskan lewat boiling pointnya shg ada vapor
yg muncul..

buku yg dibuat 20 th lalu, semoga bermanfaat...

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

