Maksa Pulang Bayi Prematur


Maksa Pulang
Cerita ini berkali-kali saya dengar dari para ibu bayi dan bapak bayi dimana bayinya lahir premature. Bayi premature artinya bayi lahir sebelum waktunya. Biasanya sebelum 37 minggu banyak juga 34-35 minggu , bahkan kurang dari itu, karena sesuatu dan lain hal, bayi sudah lahir.
Sebagai akibatnya banyak bayi premtur menderita hipotermi (kedinginan). Wajar saja karena dalam perut ibu, suhunya 37 C sedangkan begitu ‘mbrojol’ suhu udara luar 30 C bahkan sering di Rumah Sakit semua ruangan pakai AC pendingin jadi suhu lebih rendah lagi s/d 25-26 C. Ya so pastilah si bayi kecil yang beratnya saja dibawah normal (lebih kecil dari 2 kg) kedinginan dan menggigil terus. Wong bayi normal aja sering kedinginan juga. Apalagi karena beratnya kurang maka…ini bahasa kami dibidang – Heat Transfer – massa kalornya amat sedikit, sehingga simpanan energy dalam tubuhnya tidak sanggup menahan perbedaan suhu antara suhu luar dan suhu tubuh.
Nah dengan begitu si bayi perlu dimasukkan kedalam incubator (penghangat bayi) yang membuat suhu menjadi lebih hangat dari suhu luar yaitu menjadi antara 32-35 Celsius. Dengan demikian bayi jadi tidak lagi kedinginan dan nyaman tidur tanpa menggigil. Namun bayi premature sekalipun sudah tidak ada kelainan, berat badannya lambat naik ke berat normal, salah satu sebabnya adalah bayi tidak mendapatkan ASI (air Susu Ibu) karena ibunya sudah pulang kerumah sedang bayi masih di RS. Sehingga ada kesulitan member asupan ASI bagi bayi yang masih di RS. Lalu oleh pihak RS bayi dikasi susu botol, yang tentunya kurang match dengan si bayi. Dan tentunya berat badannya jadi lambat naiknya. Akibat inilah yang menjadikan si ibu bayi atau bapak bayi cemas, karena counter jalan terus. Bayar RS itu yang seharinya bervariasi dari Rp 350.000,- s/d Rp 5 juta, membuat ibu dan bapak bayi pusing tujuh keliling. Kalau saya ambil rata2 sejuta saja sehari maka bayi premature yang lama di RS, misal 3-4 minggu (seringnya lebih dari itu) akan bayar 30 juta’an. Bahkan ada suami istri muda yang bilang ke saya bahwa mereka samapi jual mobil segala. Karena harus menebus bayinya yang tinggal lama di RS. Lha kalo bayinya selamat masih untung… Kalo bayinya kemudian meninggal juga ? Gimana dong ?
Dua kali sial dua kali rugi. Udah sih bayar RS mahal eh… bayi meniggal pula… Sedih, sakit… rugi …gak tahu deh apa nyebutnya. Jadi dimana seharusnya kelahiran anggota baru mustinya menambah kebahagiaan keluarga tapi malah membawa petaka. Sejak kami bikin program PEMINJAMAN INKUBATOR BAYI GRATIS, banyak bapak dan ibu bayi premature yang mengeluhkan hal ini pada kami.
Manajemen Kesehatan macam apa ini, mbok ya digratisin aja ongkos bayi lahir premature itu. Lain daripada itu, seringkali RS menahan bayi untuk tidak boleh pulang. Karena banyak tinjauan masalah kesehatn bayi premature yg belum bisa terpenuhi, seringkali bukan karena hiptermi saja. Nah si ayah karena cemas akan bayar mahal sering MAKSA minta supaya bayinya pulang saja kerumah. Biarin deh dirumah toh resikonya sama saja dengan di RS. Tapi masalahnya mereka sudah tidak kuat bayar RS soalnya.
Karena itu dengan program kami ini, sengaja kami selalu jawab “Ya kami bisa meminjamkan incubator bayi untuk dirumah”, maksudnya adalah dengan begitu si bapak PD ngomong ke RS kalo dirumah juga ada incubator. Banyak yang kemudian di OK kan oleh dokter di RS karena memang di rumah bayi bisa mendapatkan perawatan di incubator sekaligus bisa disusui oleh ibunya. Dan dari pengamatan kami selama ini, ternyata bayi yg mendapat ASI dari ibunya, beratnya cepat sekali bertambah menjadi berat normal bayi. Rata-rata satu minggu berat sudah naik s/d 2 kg, sehingga dalam waktu pendek bayi premature bisa sehat kembali. Istilah saya dan para mhs tim incubator “ASI tuh nendang banget”.
Dibawah ini contoh permintaan peminjaman incubator gratis kami, karena bapak bayi maksa minta bayinya segera pulang dari RS.
-0-

produk terakhir inkubator Grashof
Produk buatan Indonesia asli, TKDN 100%, hemat energi 10x lipat lbh hemat, enteng. Hanya utk dipinjam-gratiskan. DTM-FTUI.-

selamat pagi pak
,sya sonjaya umur 25th.
tgl 12 septmber kemarin istri sya melahirkan di RSCM, tetapi prematur dan itupun dioperasi.
berat bayi sya hanya 1100gr, slama dirawat saya mnggunakan jampergsal dan itu berlaku slama 28hri dan berakhir pda tgl 10 okt besok, tapi sya tdak punya biaya untuk melanjutkan perawatan sbagai pasien umum, jadi sya mmtuskan untuk mmbawa pulang paksa bayi saya. bisakah saya meminjam inkubator untuk merawat bayi saya dirumah?
berikut adalah biodata kami:
1.ibu Fxxxx xxxxxx m, 20th, alamat: kp.cilenggang rt.11/04 kel.cilenggang-kec. serpong-kota tangerang selatan, pekrjaan ibu rumah tangga.
2.bpk.Sxxxxx, zhaxxxxx@yahoo.co.id, hp +628193222xxxx, serabutan (gudang).
3. vixxxx xxxxxx, lhir 12/09/2012 di RSCM, berat 1100gr.
kondisi bayi stabil, tdk diinfus, sudah minum ASI, hanya beratnya msih 1500gr jadi belum keluar inkubator.
mohon dibantu dan trimakasih banyak sebelumnya.
-0-
Yah demikianlah kondisi rakyat kebanyakan kita. Jaminan kesehatan masih belum bisa meng-cover banyak hal, termasuk didalamnya problem kelahiran bayi premature ini.
-0-

Program : PEMINJAMAN INKUBATOR BAYI – GRATIS

SMS +628161992186 (Raldi).-

Email koestoer@eng.ui.ac.id

-0-

Ada lagi contoh, bapak yg pusing krn bayar RS mahal, per 05Nov12.-

Iyaa pak.. Bayi saya prematur 6 bulan.. Beratnya hanya 900 Gram, Butuh alat2 seperti diatas untuk bertahan hidup.. Bapak mgkn ada rujukan RS yang terjangkau untuk biaya perawatan NICU per hari nya? Saya sudah coba ke RS fatmawati, budi kemuliaan, cipto, harkit dll tapi semuanya full, Saya sangat membutuhkan bantuannya untuk di Rujuk dari RS. Sentra Medika Cibinong ke RS lainnya yg lebih terjangkau biaya perawatan NICU per hari nya.. Saya sudah tidak sanggup membayar biayanya 5jt/hari di RS..😦

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s