My I’tikaf


Sambil nonton acara di transtv, lucu juga judulnya ‘Orang Papua ke tanah suci’. Tokohnya Ahmad Hisein Agia, dari Sorong selatan, karena rajin dakwah dia dapat hadiah dari ‘kain ihram’ transtv utkbisa pergi umroh… Sungguh mengharukan. Tapi lucunya waktu dia naik jabal rahmah, dia berdoa minta diijinkan Allah untuk…. kawin lagi… Ada-ada aja.

Sepertinya cocok dengan apa yang saya saksikan di Kaimana. Disana ada masjid yang besar bahkan ada ‘kubah emas’nya walau tidak semegah masjid yang di Limo tapi untuk ukuran Papua masjid itusudah luarbiasa. Dan waktu saya berkesempatan solat disitu, ternyata umat islam orang Papua asli dan campuran papua ambon arab juga banyak disana. Bahkan ada kampung arab islam.

Yah ini mau nulis acara itikaf saya dimasjid Jakarta Selatan

Tgl 10 jumat malam – masjid Pondok Indah

Tgl 11 sabtu malam – masjid Elnusa

Tgl 12 minggu malam – masjid Attin

Tgl 13 Senin malam – masjid Al Azhar Kebayoran

Segini dulu aja deh yang saya tulis, sisanya ya pasti di masjid itu

Saya ajak ES, mitra bisnis muda, semoga nanti jadi jemaah itikaf yang rajin. Jemaah lama sudah tidak saya sms lagi, kiranya mereka sudah lebih rajin itikaf dari saya terutama di 10 malam terakhir Ramadhan ini. Banyak diantaranya yang itikaf di masjid jami dekat rumah mereka masing-masing.

Biasanya saya datang ke masjid sudah jam 11 malam. Tentu sudah bawa makan sahur sendiri, walau di 10 malam terakhir di masjid jami diatas banyak yang jual makanan, Jadi sahur tak perlu kuatir. Tetapi biasanya saya cuma beli kopi secangkir kopi item setelah makan.

Buat sahabat yang mau ikut itikaf di malam2 terakhir Ramadhan ini, silakan datang…sampa bertemu di masjid jami.

-0-

Editing 11 Agustus jam 13.55 hari sabtu.

Menuju PI dimalam hari saya kira kosong karena berangkat dari rumah di lebak bulus saja sudah jam 23.20. Tapi ternyata setelah lewat mall PI lalu depan masjid PI tapi dari seberang saya lihat arah balik jalan masih macet berat. Mau puter U-turn…wah ditutup… U-turn yg kedua ditutup juga. Huh…bisa muter dimana nih, sampailah akhirnya ke depan Gansi (Gandaria siti) baru bisa muter disitu, jauh banget. Dan… ampffuuunnn… macet pula lagi. TUh bayangkan kondisi Jakarta yang sudah sangat parah kemacetannya. Ditengah malam begini masih ada jalanan macet. Jadi deh sampai di masjid PI sudah jam 23.56 duh gila…terpaksa harus menenangkan kondisi dulu di ruang sholat masjid yang ternyata sudah dipenuhi banyak orang jemaah itikaf. Sambil kirim2 sms ke ES yg udah janjian.

Sampai jam 01.30 dinihari pembahasan bisnis dg ES berjalan terus. Huh orang2 pada baca Quran, kami berdua… Diskusi sambil belajar bisnis…istilah kerennya ‘financial engineering’, soalnya yang kaya gene di MBA udah gak ada pelajarannya. Mau tau buktinya ?

Tuh lihat pebisnis besar semua orang cina yg gak pernah sekolah MBA, sedangkan lulusan MBA semua jadi pekerjanya doang yg ngurusin kerjaan clerickel termasuk para lulusan UI apalagi Ekonomi UI (yg cuma jadi pengamat doang). Kebanyakan penyandang gelar itu hanya ngerjain bisnis ‘push-up’ naik turun tapi tengkurep terus. Tapi ngomongnya kaya orang jagoan gaya pebisnis besar.

Jam 02.00 semua dibangunin pengurus masjid karena qiyamulail dimulai dilanjut dengan muhassabah dan doa s/d jam 3.30. Everybody lalu menambil tempat utk makan sahur. Diluar juga banyak penjual makanan yang sdh disediakan tempatnya berikut dengan kursi2nya. Diluar banyak sekali orang muda naik motor sambil bawa bendera – sahur on the road – Tak ada satupun diantara mereka yang niat masuk masjid utk itikaf, malah kelihatannya banyak yang berpasangan dan pacar2an. Apa emang udah begitu modelnya sekarang, sahur on the road cuma jadi kamuflasenya aja ? Persis seperti inipun saya temukan juga di masjid Attin minggu lalu. Begitu banyak kelompok orang muda dengan motornya pria wanita, tak satupun yg masuk ke masjid utk solat malam.

Solat subuh jamaah dilanjut dengan ceramah ba’da subuh mengakhiri itikaf saya, semoga keberkahan selalu dilimpahkan pada kita diakhir bulan Ramadhan ini. Salam.-

UfMHuabchzI

One response

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s