Ilmu Teknik Termal


Sebuah istilah yang saya terjemahkan dari Thermal Engineering Science, mungkin adajuga padanannya Ilmu Rekayasa Kalor, terserahlah mau pakai yang mana. Entah bagaimana asal muasalnya, saya sendiri juga lupa, pkoknya ujug-ujug saya ngasi kuliah informal bagi mahasiswa S2 dan S3 di Engineering Center. Sarangnya sempalan Dep Teknik Mesin FTUI, khususnya untuk bidang termal, dikepalai oleh… Siapa lagi biangnya kalau bukan… Boss mafia yang sudah terkenal didunia karena scientific papernya paling banyak citation-nya… Prof Nandy Putra.

Tanggal 26 Januari mulainya, dan sampai dengan tadi pagi sudah berlangsung 5x. Studi kasus yang awalnya adalah masalah termal secara umum berkembang menjadi kasus spesial di pendinginan reaktor nuklir, atau wabil khusus – Aliran termofluida dua fase di celah sempit. Sebenarnya ini adalah penelitian sdr Mulya Juarsa, namun sekaligus konsultasinya saya jadikan kuliah informal bersama dengan students yang lain, utamanya peserta S2 dan S3 untuk bidang termal. Oleh karena didalamnya banyak menyangkut masalah yang berkaitan dengan penelitian termofluida secara umum.

Kuliah pertamanya kebetulan di take video, sekalian saja saya minta copy-nya lalu saya upload di youtube kali-kali ada gunanya untuk student yang lain. Episode pertamanya,agak lucu judulnya saya kasi IBNU SINA… Yah tentunya karena didalamnya ada cerita tentang tokoh science abad 10 ini.

Mari kita lihat potongan pertama dari kulliah informal yang pertama ini:

http://www.youtube.com/watch?v=hOoNwA0E49M&feature=relmfu

Cerita tentang Newton dan Einstein

http://www.youtube.com/watch?v=F5wKD5jWqwU&feature=relmfu

Atau boleh juga diklik yang kedua ini:

Ada juga mengenai

Kerapatan volumetrik, energi matahari, sampah plastik, biobriket.

Juga ada cerita politik, korupsi dan gerakan mahasiswa dari dulu samapi sekarang. Nah saksikan saja, semoga kuliah informal yang lain bisa juga kami upload terutama untuk kasus

Termo-hidrolika, aliran dua fase pada celah sempit.-

Silakan tunggu uploading berikutnya.-

2 responses

  1. wah,saya harus ikut episode berikutnya nih
    -0-
    Nantikan episode berikutnya hari rabu tgl 20 Juni 2012, mulai jam 10.30. Diakhiri dengan makan siang. Kontribusi per peserta Rp 10 rb (buat ongkos makan siang, kumpulin ke Mulya). Topik: Pre-Experiment.-

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s