Seminggu di Kaimana


Berangkat jam 01.30 dinihari ahad tgl 07 Mei, sebenarnya rada repot juga ya… Tapi begitulah rupanya bila kita ingin ke Papua Barat. Dipimpin oleh dosen UI yang sudah senior yaitu Muhammad Idrus Alhamid dengan tiga orang anggota yaitu Raldi A. Koestoer, Douglas Prabawono, Ahmad Rizali, tim berangkat untuk mengenal lebih dekat tentang pendidikan di Kaimana.
Kunjungan dari tgl 7 s/d 11 Mei ini adalah inisiatif dari kordinator tim sebagai hasil kunjungannya dulu tahun 2009 untuk kerjasama UI dengan daerah (KISDI). Hanya sedikit (sekali) dari peserta test waktu itu yang akhirnya bisa diterima masuk UI. Wajar saja, karena mereka yang dari daerah lain apalagi kota besar pastilah sudah banyak latihan untuk testing UI, sedangkan di Kaimana mereka samasekali tidak pernah ikut bimbel atau latihan apapun untuk bisa mengerjakan soal test masuk UI. Kan lebih baik peserta itu di bimbel dulu paling tidak sebulan, mungkin perlu lebih karena level disana pastilah banyak kurang disbanding dg mrk yg di Jawa.


Beberapa pihak dan tokoh yang jadi narasumber kami diantaranya, Wakadin Pendidikan pak Wahab Pical, Dinas pemberdayaan masyarakat pak Bahar, Bupati pak Mathias, BP Statistik pak Sismanto. Pada saat yang sama di Kaimana juga datang tim dari Ditjen PAUD. Adapun sekolah yg didatangi SMK Kelautan, SMK Effata, SMAN 1 Kaimana, Sekolah satu Atap di kecamatan Sisir yg kosong walau telah bbrp tahun dibangun, juga sekolah SD disitu. Sempat juga kami naik speedboat ke Triton yang indah. Dimana banyak pulau-pulau kecil sedang lautnya sangat bening. Pada kedalaman 17 m saja dasar laut bisa dilihat dengan mata telanjang.
Yang paling terkenal di Kaimana ini adalah… apanya kira-kira ?


SENJA YANG INDAH DI PANTAI KAIMANA… karena itu maka ada lagunya yang berjudul ‘Senja di Kaimana’ dahulu dinyanyikan oleh Alfian, tophitnya tahun 60 an.
Diskusi yang panjang dengan tokoh disana terutama dengan bupati akan dilanjutkan dengan beberapa action awal, utamanya adalah pendampingan utk melaksanakan rencana dalam bidang pendidikan.

Sebelum pergi di FB saya tulis

…kesanalah ku kan pergi…ke haribaan batas samudra…yang kala senjanya menyemburat terang…lalu perlahan merunduk…sembunyi dibalik cakrawala…sembari menghimbau putri malam…tuk datang memeluk bumi.-

Walau banyak yang kasi komen, tapi nyatanya tak ada bisa menerka kemana saya pergi. Artikel ini menjawab sekelumit puisi itu.-

2 responses

  1. Maaf Pak mau nanya, hasil test masuk UI tahun 2009 siswa SMA Negeri 1 Kaimana yang merupakan kerja sama antara Pemda Kaimana dan UI itu hasil sebenarnya yang berhasil lulus test berapa orang ya pak? Kalo boleh tau atas nama siapa? Saya salah satu siswa yang waktu itu ikut test juga…. Saya hanya ingin tau hasil test waktu itu seperti apa, karena kami peserta test waktu itu tidak pernah menerima informasi apapun terkait hasil test, sedikit penasaran sih…,🙂
    Oia, waktu test kan ada 2 bapak pengawas dari UI, bapak yang mana ya? Salam kenal ya pak….
    Makasih sebelumnya pak…..

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s