Teknopreneur 2011 di UI


Pertemuan terakhir kelas Teknopreneur (or Technopreneur) di Dep Teknik Mesin FTU Univ Indonesia, dibawah bimbingan Raldi Artono Koestoer. Kelas ini tidak ada UAS Ujian Akhir Semester semua diganti tugas. Beberapa jenis produk telah dihasilkan dalam bentuk prototipe diantaranya Alpamet (pengaman hemet), Jas hujan trendy, Minum Matik, Motor handlock, Coolingpad.
Sebagai perpisahan dibuatlah acara fotow-memotow. Lihat video foto berikut.

 

————————–

Nama Produk: SPIon LED

Deskripsi: Produk kami berupa sepasang kaca spion model full cover edge (seperti dipakai megelli 250R) dengan lampu LED dan lampu sein untuk sepeda motor. Spion yang kami rancang tidak hanya sekedar stylish namun juga fungsional karena beberapa keunggulan yang dimilikinya, diantaranya pengaplikasian teknologi lampu LED 12 volt. Lampu LED yang kami gunakan merupakan lampu LED bermerk Type R buatan produsen China dengan warna putih mutiara. Kami mengaplikasikan lampu LED dengan tujuan untuk mendukung aturan pemerintah daerah DKI Jakarta yang mewajibkan para pengendara sepeda motor untuk menyalakan lampu utama pada siang hari. Sistem kerja yang kami terapkan pada lampu LED ini cukup mudah, hanya dengan memutar kunci kontak keposisi acc maka lampu LED akan langsung otomatis menyala.
Beberapa produsen sepeda motor saat ini masih belum membekali kendaraan mereka dengan fitur auto-headlamp on sehingga beberapa pengedara mengeluhkan aki mereka yang cepat melemah akibat dari terpakainya arus aki yang terus-menerus untuk menyalakan headlamp yang memiliki daya cukup tinggi. Lampu LED kami pilih sebagai alternatif karena selain lebih hemat energi lampu LED juga lebih terang. Selain itu, lampu LED juga memiliki lifetime yang lebih lama jika dibandingkan dengan lampu bohlam konvensional. Dengan adanya fitur ini pada produk kami, para pengendara tidak perlu khawatir lagi tentang aturan auto-headlamp on.
Tidak hanya lampu LED, produk kami pun dilengkapi dengan lampu sein tambahan sehingga komunikasi antar pengendara jadi semakin efektif. Lampu sein yang kami gunakan merupakan lampu sein bening buatan produsen taiwan yang beroperasi pada tegangan 12 volt. Untuk sistem kerja dari lampu sein ini kami hanya menghubungkannya ke soket saklar lampu sein yang sudah ada pada masing-masing sepeda motor. Jadi, lampu sein spion akan menyala seirama dengan lampu sein asli sepeda motor.

Gambar produk:
Tampak depan

Tampak belakang

Keterangan : Warna putih = LED
Warna orange = Lampu Sein

Sorry ternyata gambarnya belum bisa di copy.

DATA ANGGOTA KELOMPOK

Nama : M. Dz. Habibullah
NPM : 0906631244
E-mail : tanjungputra6@gmail.com

Nama : Irnanda Riski Mulia
NPM : 0906631225 (ini dia yg passionnya motor…bagus, maju terus…)
E-mail : nanda_autosport@hotmail.com

Nama : Kemal Rahardian
NPM : 0906631231
E-mail : kemal.rahadian@yahoo.com

Nama : Ma’ruf Fauzi Rahman
NPM : 0906631250
E-mail : maruf_fr@yahoo.com

Iklan

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s