Jakabaring di Waktu Malam


Sudah sejak beberapa bulan ini Jakabaring amat sering disebut-sebut dalam berita TV… Mengapa toh ?

Everybody knows tempat ini adalah adalah daerah di sekitar Palembang yang akan menjadi Venue SEA Games ke 26 yang akan dimulai pertengahan November tahun ini (2011). Masuk berita TV karena ada kasus korupsi yang menyangkut pejabat di Kementrian Pemuda dan Olahraga dimana pembangunan kompleks untuk pesta olahraga Asia Tenggara ini sarat dengan pembagian uang komisi untuk oknum pejabat tertentu. Dengan demikian kesan awal saya adalah sebuah pembangunan sarana olahraga seperti gelora senayan yang carut marut dan tidak selesai.

Namun apa yang saya saksikan justru bertolak belakang dengan yang saya perkirakan sebelumnya… Lho kenapa ?

Karena tadinya saya pikir karena uangnya dikorupsi maka bangunannya jadi tidak selesai dan jelek tak karuan. Diluar dugaan saya ternyata yang ada malah sebaliknya. Dikala malam saat saya berkunjung kesana, walaupun tidak semua lampu nyala, masih sangat tebatas, juga tak semua kompleks bisa kita lewati namun kesan indah dan megah muncul. Bahkan bila semua lampu dan titik pencahayaan itu sudah jalan, maka inilah kompleks olahragayang buat saya menakjubkan. Tentu bisa menjadi kebanggaan Palembang nantinya bila terus dipelihara dengan baik.

Stadion dengan luas lahan sekitar 40 hektar ini dapat memuat hingga 36.000 – 40.000 orang dengan 4 tribun (A, B, C dan D) bertingkat mengelilingi lapangan. Tribun utama di sisi barat dan timur (A dan B) dilindungi atap yang ditopang 2 pelengkung (arch) baja berukuran raksasa. Bentuk atap stadion merupakan simbol kejayaan kemaharajaan Sriwijaya di bidang maritim yang dilambangkan oleh bentuk perahu dengan layar terkembang. Stadion ini beralamat di Jalan Gubernur H. A. Bastari, Jakabaring, Palembang.

Dengan diantar oleh Amrifan (Dr Ir Amrifan Dipl Ing, d/h pernah ketemu di Darmstadt waktu beliau masih sekolah. Saat itu bersama dengan pak Ferry (Alm) dan pak Henky, tahun 1996. Sekarang Wadek II FT UNSRI), kami mengitari kompleks tersebut. Belum semua bisa dilalui, masih banyak jalan yang ditutup. Tapi charisma bangunan baru untuk olahraga itu sudah muncul walau kelihatannya belum full. Waktu masukkompleks ini ada digitall wall yang bertuliskan angka 16. Artinya SEA Games masih 16 hari lagi (count down) malam itu tgl 26 Okt 2011. Jadi pesta olahraga itu akan mulai sesudah tgl 10 an November. Enam orang seisi mobil diantaranya ibu-ibu Diah, Erna dan Catur (bapaknya satu dibelakang pak Erwin, maaf pak hampir kelupaan saya sebut…). Mereka menceritakan bila korupsi di Kemenpora itu tidak ketahuan, malah kompleks ini bisa selesai tepat waktu. Karena pastinya mereka sudah atur rapih segala sesuatunya. Tapi karena ketahuan oleh KPK, rencana mereka jadi berantakan. Akibatnya banyak penyelesaian bangunan yang tertunda. Pikir saya dalam hati… Waduh kalo gitu bila korupsinya sedikit-sedikit saja sih biarin sajalah, kan penyelesaian tepat waktu jadi penting agar SEA Games ini jadi sukses… Begitukah ? Lebih baik janganlah, kan korupsi mulai dari sedikit lama-lama jadi bukit. Atau timing penangkapannya diatur ? Sesudah SEA Games saja baruKPK bertindak. Yang penting sukses dulu pesta olahraganya. Entahlah serba salah ini bangsa.

Kembali ke Jakabaring, lihat di galeri utama Gelora Sriwijaya (mungkin ini stadion utamanya ya), cahaya lampu yang menyinari atapnya bisa berubah-ubah warnanya. Kadang hijau kadang biru atau kuning…


So… Jadi kesan saya berubah. Tadinya mendengar nama Jakabaring itu seperti ‘agak benci’. Namun sekarang dengan senang hati saya akan mengatakan ‘Jaka Baring itu indah’.

Suatu saat nanti bila pemeliharaannya baik, mungkin tempat ini akan jadi kebanggaan Wong Kito Galo.-


One response

  1. Memang masalah korupsi yang luar biasa ini membuat bangsa kita jadi serba salah. Tapi saya setuju untuk saat ini yang penting kita sukseskan dulu acara SEA Games ke 26 ini.

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s