Kelas Teknopreneur


Binatang apa tuh Teknopreneur ? Binatang berkaki empat atau binatang melata ?
Ternyata… ternyata…
…Berkaki…berkaki… DUA… saudara-saudara.
Rupanya dia manusia biasa juga kaya kita-kita.
Malah sekarang di DTM (Departemen Teknik Mesin) dijadiin Mata Kuliah. Luarbiasa,.. kenapa luarbiasa ? Karena di dunia ini jarang ada departemen atau jurusan (yang merupakan bidang ilmu) yang berani menetapkan sebuah mata kuliah sejenis ini. Kebanyakan jurusan-ju rusan yang ada di Indonesia ini cuma nyontek2 aja dengan apa yg ada di negara2 maju lain karena tentu saja karena kurang PD alias kurang Percaya Diri. Dengan kata lain tak ada keberanian dan tak ada kemampuan. Yang utama berani dulu aja deh, karena soal mampu atau nggak itu kita bisa cari upaya sana sini.
Bahkan sebagian orang menganggap itu nyleneh dan salah… mengapa ? coba liat deh universitas2 terkenal, mana ada dia m.k. itu. Ya tentu saja dia akan menentukan kurikulum itu sesuai keperluan dia, kita musti bikin kuri sesuai keperluan kita dong..
Udah deh kita cukupkan debat kita sampai disini aja soal perlu tidaknya Teknopreneur. Kita mulai ngobrol dengan apa yang terjadi. So after 2 years kuliah ini berjalan di DTM, baru semester ini saya di-instruksikan utk mengajar mk ini. Ada dua kelas, kelas saya ini 25 an orang sedang kelas lain dengan dosen pak Imansyah jumlahnya 70 orang. Pak Iman sudah mengajar yg ke 2 kali. Tentu silabusnya juga belum terdefinisi dengan jelas, tapi itukan biasa utk sebuah mk yang bukan kuliah nyontek dari luar. Di Indo ini brgkali cuman Univ Ciputra aja yg menyelenggarakan kuliah dengan nama ini… itu juga barangkali.Yang jelas kalau Entrepreneurship itu sudah lumayan banyaknya.

Normalnya orang mulai dengan definisi, so apa dong definisinya. Kalau you search by internet tentu keluar puluhanlah. But I will introduce you my own definition. Pertama anda tahu kan entrepneur… Nah teknopreneur ini adalah entrepreneur berbasis teknologi. That’s it !
Simpel kan ? Let’s make everything more simple.

Utamanya dikelas ini saya menanamkan MOTIVASI… jadi boleh dibilang intinya itu motivasi dulu. Supaya terbangun dalam diri anak muda ini semangat yang menggebu dan menggebu-gebu. Kenapa begitu ?
Karena tantangannya sungguh banyak dan berat. Jadi kalo tujuan hanya utk sekedar ngisi mata kuliah ngafalin teks ini itu yg gak ada gunanya lalu quis ditanya ini itu dan dijawab berdasarkan kerajinan ngafal tadi… Maka saya yakin cara itu adalah cara yang bodoh buang2 waktu dan tenaga saja… Dan pasti tidak akan jadi apa2. Mohon maaf ini kesenangannya melayu2 gebleg nih, bikin kerjaan se-akan2 hebat tapi gak ada gunanya. Udah gitu ntar crita ini itu seakan punya ilmu tinggi tapi ngomong doang alias NATO No Action Talk Only dan kemudian karena di Universitas musti keliatan hebat jadi ditambahin planning yg gak pernah dikerjain alias NAPO alias No Action Plan Only.

Mungkin juga kami semua ini akan gagal. Tapi gak apa2 disekolah ini diijinkan gagal koq. Malah pelajaran yang paling berarti itu adalah KEGAGALAN. Jadi jangan takut gagal. Malah saya sering bilang kita ini akan mulai dengan kegagalan2. Tapi yang penting kita harus punya prinsip tidak akan pernah putus asa. Jadi kita harus BANGUN LAGI KALO GAGAL. Nah itu pelajaran yg utama.

Dikelas ini juga sy tanamkan utk bikin produk. One man one product. Yang penting dicoba, gagal atau jadi  itu soal nanti. Terus pakai modal sendiri. Kan hrs ditanamkan juga bahwa segala sesuatu itu ada resiko jadi belajar nanggung resiko. Kemudian ilmu Teknik Mesinnya dipakai buat bikin produk. So hrs ada simpel disain and drawing. Terus dijadiin barang beneran, sebagai prototipe pertama. Mungkin aja nanti bisa diikut sertakan pada lomba ini itu. Pelengkapnya nanti ditambah dengan rancangan bisnis sederhana, harapannya nanti bisa dilanjutkan beneran baik secara group maupun individu.

Jadi itulah kira2 apa yg sedang berjalan disalah satu bagian diantara sekian banyak kegiatan belajar mengajar ini.

Nah ini saya kasi liat calon2 teknopreneur.-

https://www.youtube.com/watch?v=8PYEpQZ0NUI

2 responses

    • wah menarik pak. kalau mahasiswa dari departemen lain boleh nebeng gak yah? macam sit-in gitu pak. saya pengen neh buat pabrik setelah sarjana. (amin). cuman karena masi bego jadi gak tau mulai darimana

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s