Monorail Indonesia Kusnan


Siang tadi kami di Depok kedatangan biangnya monorail Indonesia, beliaulah orang Indonesia yang bisa bikin monorail dengan komponen disain dan manufaktur total 100% Dalam Negeri, dengan company nya yang bernama MBW (PT Melu Bangun Wiweka).

Tiga orang insinyur mesin sejati ini telah datang memperkenalkan proyek monorail mereka yang akan dibangun untuk kota Makasar (lho… koq bukan DKI Jakarta ?) dan berikutnya akan menyusul di Surabaya. Siapa saja mereka itu, mari saya perkenalkan:

1. Ir Kusnan Nuryadi IPU ACPE

2. Ir Arie Anggodo Kakiailatu

3. Ir Teguh Nugraha Kusnan MSc

Jadi ternyata di workshopnya  mereka sudah bikin prototipe baik struktur bawah maupun gerbong dan bogie-nya monorail ini dengan rancangan sendiri dan fabrikasi sendiri. Berbagai jenis monorail didunia telah didatangi dan dipelajari, sampai dengan Asia, Eropa Amerika Latin. Semua tak luput dari perhatian mereka dalam memperkuat disain dan fabrikasi monorail ini. Di Jakarta kerugian akibat macetnya lalulintas menurut studi SITRAMP th 2005 adalah 12,8 trilyun per tahun (apalagi sekarang pasti sudah 2x lipatnya daripada itu). Jadi teoritis karena membangun monorail ini biayanya hanya 5 trilyun maka dalam satu tahun saja sebenarnya sudah bisa balik modal. Namun demikian gubernur bang Foke, berdasarkan berita koran beberapa hari yang lalu, kelihatannya berbeda pendapat. Sehingga monorail di Jakarta ini yang sudah diawali tracknya di beberapa tempat malah akan dihentikan.

Monorail ini adalah sistem transportasi yang berbasis rel tunggal yang juga digunakan sebagai pendukung (support)dan jalur pengarah (guideway). Relnya berupa batang beton (beam) ataupun rel besi, sedangkan kendaraannya ada yang mencengkeram atau straddle dan ada yang menggantung atau suspended. Monorail cocok untuk transportasi di kota-kota di Indonesia karena tidak erlu pembebasan lahan. Coz dia dibangun diatas jalan publik jadi tak perlu lagi pembebasan lahan. Kemudian diatas tanah bandingkan biayanya kalau harus bikin terowongan bawah tanah.

Rancangan yang dikerjakan meliputi Bogie, gerbong, Track beam, Track switch, Typical situation, signaling, power supply dan Depo. Pengujian dan evaluasinya mencakup pembuatan lintasan 48 m di workshop, lintasan test sepanjang 1400 m juga studi tentang spesifikasi standar dan sertifikasi.

Bila ada yang berminat untuk mendapatkan materi presetasinya dlm pdf, silakan download di alamat:

http://www.4shared.com/document/tF2TFtWR/Presentation_monorel_UMUM-KN_d.html?

Bila ada kesulitan dalam downloading, harap lapor via email. Salam.-

One response

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s