Rektor UI terancam digulingkan


Rektor UI Terancam Digulingkan

JUM’AT, 26 AGUSTUS 2011 | 16:50 WIB

Gedung Rektorat Universitas Indonesia. TEMPO/Gunawan Wicaksono

 

TEMPO InteraktifJakarta – Guru Besar Sosiologi UI Thamrin Amal Tamagola mengatakan telah menggalang sejumlah dukungan untuk menggulingkan Gumilar dari kursi Rektor. Langkah itu menurut Thamrin dilakukan menyusul kekecewaan Civitas Akademika Universitas Indonesia terhadap kebijakan Gumilar Rosliwa Somantri, termasuk kebijakan pemberian gelar Doctor Honoraris Causa kepada Raja Arab Saudi yang dinilai tak lagi bisa ditoleransi. “Kalau kita lihat dari kebijakannya selama dua tahun belakangan ini, he must go out,” ujarnya ketika ditemui di Gedung DPR, Jumat 26 Agustus 2011.

Ia mengatakan kebijakan pemberian gelar Honoris Causa kepada Raja Abdullah dari Arab Saudi hanyalah puncak dari kebijakan Gumilar yang dianggap tak sesuai dengan tradisi UI. Kebijakan ini, lanjutnya, membuat banyak dosen dan guru besar UI berang. “Prof. Emil Salim saja sampai marah besar begitu tahu ini,” ujarnya.

Ia menceritakan, Gumilar beberapa pekan lalu bahkan sempat memerintahkan pengamanan UI untuk membubarkan aksi damai mahasiswa dengan cara kekerasan. “Jadi ada 20-an mahasiswa yang terluka dan masuk rumah sakit karena digebuki sekitar 200-an satpam UI sekitar 10 hari lalu,” ujarnya.

Padahal, ia melanjutkan, para mahasiswa itu hanya menggelar aksi damai terkait ongkos kuliah yang semakin mahal. “Mereka hanya berorasi soal UI yang semakin elitis karena biaya kuliah semakin mahal,” ujarnya.

Thamrin menambahkan, Gumilar sebenarnya merupakan orang yang cerdas dan pekerja keras. “Namun kalau sudah ada maunya, dia akan melakukan segala cara agar terwujud.” katanya. Thamrin mengaku turut bertanggung jawab atas tindakan Gumilar karena menurutnya Rektor UI tersebut masih terhitung muridnya. “Sewaktu saya pulang ngambil Phd dulu, dia ini baru lulus sarjana,” ujarnya.

Karena itu, Thamrin mengatakan secara internal ia dan beberapa orang dosen lainnya akan menggalang dukungan untuk meminta Majelis Wali Amanat UI mencopot Gumilar dari jabatannya. “Kami akan minta pertanggungjawabannya dan supaya dia dicopot,” ujarnya.

FEBRIYAN

2 responses

  1. Koq sepertinya pak Rektor tidak punya nurani kemanusiaan thdp bangsa sendiri? Padahal gelar Doctor HC yang diberikan kpd raja arab tsb katanya gelar karena memiliki “kemanusiaan”. Jadi, dimana ‘letak kemanusiaannya’ klo sampe memancung Ruyati itu??

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s