External Examiner di Khartoum


External Examiner di Khartoum
Univ of Medical Science and Technology Khartoum Sudan, mengundang saya untuk menjadi external examiner untuk ujian Bachelor of Eng. Sebenarnya saya nggantiin prof Tresna yang tahun lalu sudah kesana. Beberapa topiknya telah saya singgung pada artikel y.l. dan bisa dilihat di

https://koestoer.wordpress.com/2011/07/25/umst-khartoum-soudan-biomed-engineering/

Tentu sangat menarik karena semua menyangkut Biomedical Eng sehingga kemanfaatannya sangat jelas. Tak perlulah diceritakan kembali tentang ujian karena sudah ada di artikel tsb diatas.

Yang menarik juga adalah apa yg terjadi sesudahnya. Setelah ujian selesai tgl 26 Juli, kegiatan dilanjutkan dengan eksibisi proyek-proyek yg dikerjakanoleh mereka. Maka pada tanggal 27 pameran proyek mereka itu diselenggarakan dengan disaksikan oleh Rektornya Prof Mamoun Homeida (istilah mereka President of the University). Mereka juga mengundang pers, bahkan sayapun di wawancara oleh jurnalis dan difoto pula. Konon akan terbit hari senin tgl 31 Juli, di AKBAR newspaper dalam bahasa arab.

Tgl 28 Juli diselenggarakan Senat meeting of UMST. Jadi semua para pejabat yg terkait dengan kelulusan dari beberapa Fakultas dan departemen diantaranya, Busines dan Management, Kedokteran, Biomed Eng, dll semua diundang berikut dengan para external Examinar (Extex). Para Extex ini datang dari beberapa Negara untuk berbagai bidang. Yang saya ketahui adalah Afrika Selatan, UK, Saudi Arabia, Indonesia, Malaysia dan Jordania. Waktu naik bis dari hotel, kira-kira jumlahnya 20 an sih ada.

Dipimpin oleh Mamoun Homeida, para Ketua Dep memberikan laporan tentang hasil ujian para mahasiswa, sedangkan Extex diminta untuk memberi komen lisan. Sebelumnya Extex diminta membuat laporan tertulis tentang hasil ujian dan komentar serta usulan. Lumayan juga kerjaannya setiap hari jadi banyak. Sampai 3 hari pertama tak pernah istirahat jadinya.

http://www.youtube.com/watch?v=YqULb079FH0

Kali ini ada yang seru dari Senate meeting ini, Ceritanya begini, dari awal saya melihat bahwa proyek2 student ini bagus dan banyak diantaranya yang bisa dilanjutkan ke produk industrial untuk kemudian dipasarkan. Karena saya sudah memiliki pengalaman memproduksi dan menjual alat kesehatan, maka saya berpikir mengapa hasil mereka ini tidak dilanjutkan saja. Karena itu ide saya itu kemudian dibikin power pointnya oleh Sandi (mitra saya sebagai Extex).

Jadilah saya kemudian presentasi 20 menit utk 9 slides didepan semua peserta dengan power point berdiri didepan sambil ngomong sana sini. Walau bah Inggris belepotan (kalo dibanding dg orang Sudan yg berbhs Ingris British). Applaus dari para hadirin mengiringi berakhrnya presentasi saya yang memang menjadi istimewa karena tidak satupun diantara para Extex yang punya saran dan suggestion seperti kami. Yang lain semua bicara tentang kurikulum dan silabus atau dunia akademik. Dan mereka hanya bicara sambil duduk dikursinya saja, waktunya juga paling 5 menit ngomong. Cuma saya sendiri yang bicara tentang Academic cooperation to Industrial cooperation. Ide ini langsung disambut oleh Mamoun dengan menyampaikan bahwa mereka bersedia utk membiayai 2 proyeknya segera agar bisa masuk pasar. Saya sampaikan bahwa pasar di Ind besar ada ribuan RS besar dan kecil. Tentu mereka bengong karena Sudan penduduknya total 14 juta dan jumlah RS nya total paling tak lebih dari 50 an (mereka baru saja terbagi menjadi dua negara). Kontingen dari Indonesia, kali ini menjadi tophit dan super star dari meeting tersebut.

Pulang dari meeting sudah ½ 3 saya tidur dug-sreg kayanya saya nih kecapean juga, jadi bangun hanya utk solat dan tidur lagi. Padahal malamnya ada acara garden party dengan semua keluarga wisudawan. Untungnya supir L300 dari Universitas baik banget jadi yang lain sdh diantar ke Uni , dia balik lagi nungguin saya yang baru bangun jam ½ 9. Walau telat pestanya masih ramai, ada joget2 dan teriak2 ala sudan. Mungkin suasana bisa dilihat di video dan foto yang saya coba ambil dengan berbagai cara.

Waktu malam Extex pulang bersama di bis, ada madam dari South Africa (ini orang tulangnya gede banget 3x tulang lingkar tangan saya, tinggi lagi, ahli digital imaging, tapi suaranya halus dg aksen british). Dia bilang begini : « Hi, You impressed everybody, this morning… » Saya sambil belaga bodo bilang begini « Ouw really ? I don’t believe it.”

Please enjoy beberapa video…

http://www.youtube.com/watch?v=puZIwg5ZwRs&feature=related

Studentnya ada yang cantik dan ganteng juga… lihat deh…

http://www.youtube.com/watch?v=knPo-E4Dyj8&feature=related

Walau cuma punya sedikit waktu tapi sempat juga jalan2 3 jam di Khartoum, ini videonya.

http://www.youtube.com/watch?v=BuzwD3G-Huk&feature=related

(Ral – Doha – 03.43 – 30 Juli 2011).-

One response

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

