PLN Beli Gas yang Telah Diekspor ke Singapura


PLN Beli Gas yang Telah Diekspor ke Singapura
Bisnis Hari Ini / Ekonomi – / Jumat, 15 Juli 2011 15:28 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: PT Pembangkit Listrik Negara (PLN) akan membeli kembali gas produksi dalam negeri yang telah dijual ke Singapura. Keputusan itu guna mengatasi kekurangan pasokan gas pembangkit tenaga listrik.

Direktur PLN Dahlan Iskan menyampaikan keputusan itu dalam rapat panitia kerja energi Komisi VII dengan direktur PT Pertamina, BP Migas, Perusahaan Gas Negara, dan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral.

Sebelumnya, pemerintah telah menjual hasil produksi gas dalam negeri sebanyak 100 billion british thermal unit per day (BBTUD) kepada Singapura seharga 12 Dolar Amerika Serikat per BBTUD.

Pemerintah harusnya menjual gas itu ke PLN untuk memenuhi pasokan energi dalam negeri. Akhirnya, PLN terpaksa melobi pemerintah Singapura untuk menjual kembali dengan harga 17 Dolar AS per BBTUD. Keputusan itu tentunya sangat menguntungkan Singapura.(RRN)
————————–
Re: miris….. PLN beli gas dari Singapura yang dibeli dari Indonesi
Posted by: “Ryad Chairil” resourceslaw@yahoo.com
Sat Jul 16, 2011 3:38 pm (PDT)

Ini persoalan lama Tom…salah kebijakan (baca: kebijakan yg di selewengkan oleh para hantu dan begundal) sejak awal tahun 80an dulu.

Persoalan ini menjadi serius ketika semua instrumen Pemerintah “terkunci” dan mengikuti keinginan para hantu dan begundal2 itu…at the cost of the Indonesian people.

Mengharapkan PLN untuk mencari solusi masalah ini sama seperti punguk merindukan bulan. Walaupun sudah ada SPA antara PLN dan PGN, namun meminta PGN utk suplai gas nya utk kebutuhan PLN juga tidak mudah. Karena transaksi derivatifnya sering di intersep oleh hantu dan begundal2 itu ..atas nama macem2 al: kebutuhan politik lah, biaya operasional ini lah itu lah dll.

Jangan pula pernah berharap dengan BPH maupun BPMIGAS, karena percayalah kedua Badan itu ujung2nya adalah lembaga politik, bukan instrumen profesional. Sering terlihat mereka justru mengakomodasi kepentingan hantu dan begundal daripada kewajiban mereka berdasarkan hukum. Padahal sistem hukum Migas meminta mereka untuk berpihak pada kesejahteraan rakyat termasuk membela kepentingan BUMN.

Kita perlu sebuah kendaraan di luar yang punya daya dorong dan daya juang tinggi untuk membatasi ruang gerak para hantu dan begundal ini. Yang siap menjadi mitra strategis dg konstruksi positif, membela jika Pemerintah benar, bertempur jika Pemerintah ngawur.

Sayangnya ILUNI UI selama ini terlihat bergandeng tangan dengan kepentingan kekuasaan. Karenanya kedepan kita perlu ILUNI UI yang kritis dan punya daya juang tinggi serta tegas berpihak pada kepentingan rakyat. ILUNI UI yg siap berjuang melawan para hantu2 dan begundal2 yang merusak tujuan dan tatanan kesejahteraan rakyat. Walaupun kita paham sebagian dari hantu2 dan begundal2 itu juga ILUNI UI.

Namun ini harus dilakukan, jika tidak kita akan menjadi bagian dan sebab gagalnya negara ini.

Salam Teknik

Isi pesan ini adalah murni pendapat pribadi pemilik email dan dilarang untuk di rujuk untuk kepentingan apapun sebelum mendapat persetujuan pemilik email terlebih dahulu.

Iklan

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s