Profesional, Siapkah untuk mundur ?


-Jika tidak siap mengundurkan diri ataupun dipecat demi sesuatu yang anda yakini, anda bukanlah seorang profesional, anda hanya seorang budak belian (bb)-. Demikian disampaikan Gardner (2006).

Sedari awal para pekerja profesional (orang yang bekerja di perusahaan atau institusi) hanya terdidik untuk menciptakan keuntungan sebanyak-banyaknya bagi pemegang saham. Standar etis begitu mudah dicampakkan dalam dunia bisnis, karena banyak hukum didalamnya hanya bersifat sunnah. Akan direstui apabila itu diikuti, namun tak akan diberi sanksi apabila tidak dijalani.

Keberhasilan dalam membangun standar etis dalam berbisnis dan berkarya terutama ada didalam kesadaran diri sendiri. Kita harus memutuskan di sisi mana kita akan berdiri. Tidak dapat dipungkiri semakin banyak tantangan etis yang harus dihadapi para profesional ataupun organisasi dalam kehidupan sehari-hari, dari perkara kecil seperti penipuanhingga urusan besar seperti KORUPSI. Lihat kasus sekarang ini, satu atau dua menteri yang kebingungan berdiri dimana, ikut  terseret arus politik kekuasaan atau tetap profesional…

Mau pilih mana tetap pemain pro atau bb ?

(Dimodif dari trilogi E. Goestiandi).-

Iklan

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s