Modern Digital Library – UI


MODERN DIGITAL  LIBRARY – UI

Bahwa  Univ  Indonesia  akan  mempunyai  perpustakaan yang terbesar dan termodern di Asia Tenggara, barangkali anda sudah pernah mendengar, baik melalui pemberitaan dari mulut ke mulut maupun dari media massa cetak beberapa waktu yang lalu.

Namun seperti apakah wujudnya library itu ?

Mungkin jarang atau belum ada diantara kita  yang sudah pernah melihat wujudnya…

Tak dinyana tak diduga… tahu-tahu pagi tadi saya mendapat kesempatan yang langka untuk melihatnya dengan mata kepala sendiri jeroan perpustakaan itu seperti apa. Bahkan diantar dan di guide sendiri oleh ‘seseorang’ yg istimewa, nanti saya ceritakan siapa dia.

Datang terlambat di gedung DRPM, janji jam 10 dengan pak Ibus Dir Makara Mas dan Prof Ricky Wee (dari  Imitsu, inventor Self Generated Power Supply*- ada sedikit info dibawah) bersama rombongannya. Yah karena terlambat tahu-tahu semua sudah visit ruang seminar, banyak yg sudah hadir a.l. Jonna, Anang, Budi, p Salahuddin. Jadi rencananya di ruangan yang baru itulah bulan Juni nanti kami akan mengadakan seminar dengan mengundang berbagai pihak untuk menunjukkan bahwa Indonesia bisa lebih unggul dari negara2 lain dengan penemuan energy Listrik dengan sumber power supply yang bersih tanpa energy fosil, green, silent… dst (cerita ini nanti dilanjutkan krn kita focus ke library dulu).-

Pak Ibus pulang lebih duu karena mau ngajar, menjelang jam 11.30 kami semua keluar mau pulang masing-masing membawa payung karena hujan diluar. Waktu kami mau saling berpisah… tahu-tahu… datang seseorang bertopi jaket hitam mendekat…

Wah rasa-rasa kenal nih… pernah koq saya melihat wajahnya… Setelah dekat malah saya yang ditegur,

“Pak Ral’… lho… baru saya tersadar ternyata orang ini…

Rektor UI – Prof Gumilar, yang datang sendiri berjalan kaki di tengah hujan. Setelah salaman beliau saya perkenalkan dengan Prof Ricky Wee. Omong punya omong pak Rektor menawarkan kami untuk sight-seeing gedung perpustakaan yang baru. Sekalian beliau ngecek persiapan untuk soft-launching gedung baru 8 tingkat ini yang rencananya akhir bulan Mei.

Jadilah kemudian kami mengunjungi ruangan demi ruangan sambil diguide dan dijelaskan segala sesuatunya oleh bapak Rektor sendiri. Kelihatannya beliau sangat antusias sekali, karena

–          Modern digital and multimedia library –

Ini akan menjadi ikon kebanggaan Universitas Indonesia di masa depan.

Mari kita lihat sedikit foto-fotnya dan di akhir nanti ada video sight seeing kami bersama bapak Rektor UI dan Prof Ricky Wee.

Ruang Seminar modern dengan multimedia, bisa memuat 200 orang.

Tersedia juga ruang diskusi kelas yang bisa memuat 50 orang dengan pemandangan kearah danau yang indah. Tentu ada juga ruangan seperti perpustakaan tradisional yang berisi buku-buku. Tempat untuk group discussion, ruang belajar dan riset, ada ruang yoga, dance hall, banyak lagi yang saya tidak ingat.

Pak Rektor sedang menjelaskan apa-apa saja fasilitas modern yang ada di gedung ini. Studio musik juga tersedia dimana bisa membuat recording, bahkan ada ruang teater full akustik.

Mari kita lihat juga beberapa videonya.-

Di video nanti anda akan lihat juga sebuah hall besar berisi 1000 komputer station Apple setara ipad II (kalo ini saya sendiri yg ngomong, tapi jumlah 1000 nya beneran). Disitu anda bisa cari ebook apa aja yang eksis di dunia baik maya maupun nyata. Internet katanya kecepatan tinggi… gak tahu berapa ? kali 200 km/jam… Kan katanya kecepatan tinggi… sama dong sama Ferrari.

Iklan

3 responses

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s