Mechanical Fair 2011


Mechanical Fair 2011 merupakan suatu rangkaian kegiatan yang bertemakan “Menuju Indonesia Mandiri” yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Mesin (IMM), Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

Diselenggarakan di PUSAT STUDI JEPANG

3-4  Maret  2011

Saat ini ketergantungan terhadap energi fosil harus dikurangi dan dialihkan terhadap sumber-sumber energi terbarukan. Sudah diketahui bahwa Indonesia adalah negeri yang kaya akan sumber daya alam. Melimpahnya air, angin, panas bumi, ataupun biomassa dapat dimanfaatkan untuk dijadikan sumber energi alternatif pengganti BBM. Dengan eksploitasi dan pemberdayaan terhadap sumber energi alternatif ini akan membuat Indonesia lepas dari ketergantungan terhadap BBM yang akan secara tidak langsung juga akan mengurangi ketergantungan Indonesia dari negara lain.

Hal yang juga penting dalam membangun sebuah negara yang mandiri adalah mandiri dalam hal ekonomi. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah terus mengembangkan industri-industri strategis dalam negeri. Saat ini dibutuhkan perhatian yang ekstra dari pemerintah untuk terus mengembangkan industri-industri dalam negeri. Dengan mengembangkan industri-industri ini akan membuat kebutuhan dalam negeri terpenuhi bahkan industri-industri tersebut dapat bersaing di perdagangan internasional. Dampaknya adalah Indonesia akan menjadi negara yang mandiri dalam ekonomi.

Perubahan, satu kata yang tak asing dilontarkan oleh masyarakat di Indonesia. Pria-wanita, tua-muda, kaya-miskin, semua menuntut perubahan terhadap negeri tercinta kita, Indonesia. Namun, satu hal yang perlu diketahui, perubahan tidak akan terjadi tanpa tindakan.

Saatnya Indonesia bangkit dengan penuh percaya diri. Melaksanakan pemberdayaan sumber daya manusia (SDM) dan sumber daya alam (SDA) yang telah tersedia dengan tepat sasaran. Sebagai anak bangsa sudah sepatutnya kita berkontribusi untuk membangun bangsa Indonesia menuju Indonesia Mandiri. Kontribusi tentunya tidak semata-mata dilihat dari seberapa banyak kontribusi kita tapi seberapa niat kita memberikan suatu kontribusi. Yakinilah bahwa Indonesia mampu bangkit dari segala keterpurukan, membawa rakyat dan bangsanya kepada kemakmuran dan kesejahteraan.

Mari menuju Indonesia mandiri!


-0-

Tadi waktu saya datang ada talkshow yang dipandu oleh Prof Yulianto. Pembicaranya adalah Ir H Ibnu Susilo dari PT Fin Komodo Teknologi dan Triono Priohutomo Deputy Direktur R&D PT PINDAD (Persero).

-0-

KEGIATANNYA ANTARA LAIN.

Pre-Event

  1. Uji emisi gratis yang akan diadakan di lingkungan Universitas Indonesia dan disertai dengan pembagian flyer-flyer acara mechanical fair.
  2. Mechanical Goes To HI yaitu kegiatan bersepeda pada waktu car free day dan bertujuan untuk mempublikasikan lebih luas acara Mechanical Fair 2011
  3. Donor darah yang akan diadakan pada tanggal 2 Maret 2011, di engineering center FT UI depok. Kegiatan ini bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) depok

Lomba Fotografi

Lomba ini bertemakan “Human and Technology” (keterkaitan antara manusia dengan teknologi yang ada di sekitarnya) yang ditujukan kepada siswa/i SMA se-Jabodetabek, mahasiswa di tingkat Nasional, dan masyarakat umum . Kategori kamera yang digunakan adalah digital/DSLR dan lomo. Lomba akan diadakan pada masa pre-event, sedangkan pengumuman pemenang dan pemajangan hasil foto akan dilaksanakan pada masa event.

Lomba Karya Tulis Mahasiswa

Lomba Karya Tulis Mahasiswa (LKTM) Mechanical Fair 2011 merupakan wadah nyata bagi rekan-rekan mahasiswa-mahasiswi universitas se-Indonesia untuk menyalurkan gagasan-gagasan kreatif guna mengatasi permasalahan transportasi kota-kota besar di Indonesia. Gagasan-gagasan yang bisa menjadi opsi solusi strategis transportasi darat, sebagai upaya mengakomodasi kepadatan penduduk Indonesia. Lomba ini bertemakan “Solusi Strategis Permasalahan Transportasi Darat, Sebagai Upaya Mengakomodasi Kepadatan Penduduk Kota Besar di Indonesia.” Lomba ini dilaksanakan pada masa pre-event dan pemenang akan diumumkan pada masa event.

Lomba Creative Design

Lomba ini mengambil tema “Design Your Own Machine” yang ditujukan kepada mahasiswa di tingkat Nasional. Desain alat mekanik yang inovatif dan berhubungan dengan teknik mekanikal. Lomba akan diadakan pada masa pre-event, sedangkan pengumuman pemenang dan pemajangan hasil design akan dilaksanakan pada masa event.

Seminar

  1. Seminar dengan tema : ” Peran Industri Strategis Dalam Negeri untuk Kemandirian Indonesia”
  2. Seminar Perkapalan dengan tema: “Mau Dibawa Kemana Industri Perkapalan Indonesia ?”
  3. Seminar dengan tema : ”Potensi Sumber Daya Lokal Untuk Kemandirian Energi Di Daerah”
  4. Seminar dengan tema : “Kemajuan Teknologi Eco Vehicle Indonesia”

Bazaar dan Expo

Bazaar merupakan area khusus yang digunakan oleh beberapa pihak untuk menjual produk-produk seperti makanan dan minuman. Expo merupakan ajang bagi beberapa perusahaan untuk melakukan display produk dan mendirikan stand yang bertujuan untuk mengenalkan produk dan melakukan promosi kepada para pengunjung. Expo juga digunakan untuk menunjukkan hasil karya peserta lomba Fotografi dan Creative Design, dan pameran karya-karya Departemen Teknik Mesin FTUI.


One response

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s