Komen EDOM


Komentar EDOM kelas Etika

EDOM adalah singkatan dari Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa. Artinya semua Dosen dinilai berdasarkan beberapa criteria evaluasi. Diantaranya tentang materi pembelajaran, Proses Pembelajaran, pengelolaan kelas dan evaluasi. Semua ini dalam system SIAK di Univ Indonesia (Sistem Informasi Administrasi dan Keuangan UI, yang ada di jaringan computer UI).

Dosen diberi rating dari 1 s/d 6. Nilai 1 berarti jelek dan nilai 6 sangat baik. Nilai saya untuk rating ini 4,9/6. Sedangkan proses pembelajarannya berlangsung pada semester ganjil 2010-2011, atau September s/d Desember 2010.

Bagus atau jelek gak begitu saya perhatikan. Toh dosen lain juga akan dapat segitu (mungkin muridnya takut takut). Tapi yang seru dibagian akhir ada komentar mhs (anonym, jadi namanya tdk kelihatan, jadi mhs berani komen yang negative sekalipun) terhadap proses pembelajaran yang berlangsung. Lihat saran dan komen dibawah ini. Sedikit tambahan dari saya: Keluarkanlah dan pertahankanlah GAYA ANDA.-

***

Saran, kritik, ide, dan komentar untuk kelas kuliah: Etika Enjiniring (Etika Enjiniring)

seru

-0-

semangat pak dengan segala misinya,,🙂

-0-

pak raldi mantap! Saran: Saya masih terngiang kata2 pak prof bahwa orang2 seperti kita (mahasiswa dan dosen) yang bisa melobby dan mengajukan proposal pro-rakyat ke pihak birokrat (pemerintah). Tapi dari 12 kelompok di kelas ini, hanya sedikit yang menggunakan haknya ini dalam merencakan proyek etika terpujinya. Bahkan kelompok saya urung membuat acara di dalam teknik UI karena tidak mau ribet berurusan dengan pihak birokrat (dekanat). Saya harapkan, di kelas etijing selanjutnya, pak Prof bisa membangkitkan kepercayadiri  para mahasiswa agar tidak takut dan ragu untuk berurusan dengan pihak birokrat.

-0-

terima kasih pak raldi, terima kasih banyak pak. secara umum, saya sangat senang mengikuti perkuliahan bapak.. ada 1 hal yang mungkin bisa jadi masukan: penguatan aspek teori tentang etika enjiniring. selama ini, yang saya lihat bapak hanya menitik beratkan kuliah pada praktik, group projek, dan sebagainya. namun teori tentang etika enjiniring itu sendiri kurang mendapat perhatian. itu saja dari saya pak, terima kasih banyak. wassalam wr wb.

-0-

terima kasih banyak pak sudah oke deh prof.raldi mengajarnya. Mata kuliah yang sangat berbeda metode belajarnya,tetapi asik,inspiratif dan banyak membuka wawasan yang tidak pernah terpikirkan sebelumny sistematika pembelajaran baik Menurut saya, metode pembelajaran yang diterapkan sudah sangat baik. Saran saya, akan lebih baik lagi jika dalam pembelajaran Etika Engineering, dosen memberikan materi-materi yang mempersiapkan mahasiswa sebelum terjun langsung ke lapangan.

-0-

Terima kasih. kelas yang mengasyikan pak raldi hebat, suasana kelas jadi gak motonon. kelas jadinya asik terima kasih atas ilmunya pak…^^v Materi yang kami dapat hampir 100% praktek lapangan, akan terasa cukup kontras jika dibanding dengan kelas sebelah. akan lebih baik jika disisipi dengan materi teori yang mendukung penerapan praktek. terima kasih kuliahnya asik bgt pak, suasananya fun bgt🙂 oiya, yg lebih penting adalah dari perkuliahan ini banyak sekali memberikan manfaat pada mahasiswa, lebih lagi bagi para masyarakat marginal. excelent. .. . . . dosen seperti ini yang semestinya dipertahanin sama ui….

-0-

senang pernah merasakan belajar dengan dosen seperti Pak Raldi

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s