Madina Al Munawaroh


Nama kotanya begitu indah… Dan biasanya saya disini juga senang, karena masjid Nabi masjid Nabawi sangat megah besar dan indah. Demikianlah memang keadaannya demikian indah juga diwaktu malam.

Tapi kalau siaaaannng….

Jangan ditanya… puaaanaasnya ? ammmffyuun deh fanasnya luarbiasa…

Gak kebayang jaman dulu gimana ya waktu belum ada AC (pendingin udara) bagaimana orang bisa hidup dengan temp ambient yang mencapai 50 dgC itu ? Huh tau deh gak usah dipikirin. Pikirin aja yg sekarang, itu juga uda susah, angin panas dan debu. Membuat tenggorokan kering semakin kerontang di bulan puasa ini. Pernah suatu hari dari 4 mlm 5 hr di Madina ini (tgl 25 Ag s/d 31 Ag 2010), sy pulang ke hotel waktu ba’da sholat jumat jam 1-2 siang. Udara panas banget anginnya juga panas. Dengan berat saya jalan kaki ke hotel yg biasanya makan waktu 15 menitan. Jarak dekat itu jadi terasa sangat jauh karena siang panas dan haus puasa lalu jalan perlahan tanpa ada tempat teduhan. Biasanya emperan toko sehingga tak terkena panas langsung matahari. Tapi kali ini nimpa kepala semua tuh panas mentari. Puyeng deh kliyeng2. Sampe hotel langsung masuk kamar mandi mau muntah 2x… tapi gak jadi muntah. 15 menitan di kamar mandi baru kembali tenaga. Sepanjang siang itu ya tidur aja deh recover tenaga yang hilang karena kepanasan… My body is not delicious (Gak enak badan). Istirahat dikamar simpen tenaga apalagi umrohnya belum mulai.

Madina to Mekah

Perjalanan Madina ke Mekah, ditempuh dengan bus, siang2 selama 5 jam. Tapi kan kami pakai bu AC jadi gak kepanasan dong didalam bus. Bahkan kebanyakan pax pada tiduran aja, walau tenggorokan rada2 kering. Satu jam sampai di masjid Bir-Ali tempat Miqot. Sudah banyak orang juga disitu yang mau umroh, jadi musti gentian pakai kamar mandi walaupun banyak. Miqot itu t4 mulainya niat ikhrom, paiak ikhrom mulai dari situ dan solat sunat ikhrom 2 rakaat dan sejak saat itu tak boleh pakai wangi2an dan mbunuh binatang kecil tak boleh nyabut tanaman.

Masuk Mekah sudah menjelang sore, banyak jalan ditutup, jadi putar2 kesana kemari rada kacau. Toh tak bisa juga masuk hotel.

Terpaksa brenti pinggir jalan. Jalan2 banyak ditutup oleh Askar.

Lihat nanti sambungannya langsung umroh.-

Iklan

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s