Pro Kontra Buka Bersama


Pada Bulan Ramadhan sekarang ini kita sering sekali menerima undangan Berbuka bersama. Baik itu undangan dari kantor dan dari banyak bagian atau unit. Ada juga dari kawan-kawan satu kumpulan atau satu hobi. Karena banyaknya undangan itu kita jadi sering tak berada di rumah karena untuk bolak-balik kantor rumah amat tidak praktis. Kalau keseringan buka puasa diluar maka dengan sendirinya orang rumah protes. Kan buka bersama keluarga merupakan precious momen yang penting jadi memang tak bisa diabaikan begitu saja.

Nah inilah yang perlu kita kaji, bukankah bulan puasa ini merupakan momen untuk mempererat tali hubungan keluarga juga. Berbuka dengan istri suami dan anak2 merupakan sebuah kebahagiaan keluarga yang amat berharga.

Kondisi kota Jakarta ini juga merupakan kendala tersendiri. Kalau sore hujan, maka macet pun tak terhindarkan sehingga pulang kerumah kondisi sudah lelah karena menghadapi macet yang panjang. Kadang tak hujanpun macet juga. Sehingga momen tarawih di masjid jadi terlewat kalau buka puasa di luar rumah. Memang bisa juga tarawih di rumah, tapi orang rumah jadi kesal karena menunggu lama. Sering juga tak ada buka bersama aja sampai rumah sudah jauh LEWAT MAGRIB KARENA MACETNYA JALAN. Wah repot sekali kata orang ‘Sapa suru tinggal Jakarta’. Sering2 kita harus sedia minuman sehingga bisa batalin puasa di Jalan dulu.

Jadi nampaknya untuk itu, perlu kita pikirkan untuk mengurangi berbuka diluar. Jangan sampai kita kehilangan momen penting berbuka bersama keluarga di rumah. Sekali-sekali mungkin tak mengapa, namun kalau terlalu sering dampak terhadap kehidupan keluarga jadi terganggu.So jadi orang kantoran jangan terlalu ngoto bikin buka bersama. Gak dosa koq kalo gak bikin buka bersama. Orang Indonesia sering berlebihan dalam banyak hal Padahal dulu2 tak dikenal istilah buka bersama, sekarang malah jadi pengeluaran ekstra buat buka bareng.

Berikut ilustrasi buka bersama Departemen Teknik Mesin FTUI di Simpang Raya Margonda, RUmah Makan Padang. Ayam panggang, Ayam pop, dendeng balado, paru, Daging, rendang, telor, pucuk ubi, gulai pala ikan, gulai otak, wah seru banget bukanya orang yang kelaparan…

http://www.youtube.com/koestoerytube#p/a/u/0/n021Oi0BFK4

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s