Berbagi dg Dep Arsitektur


Memenuhi undangan dari Ketua Dep Arsitektur FTUI Bpk Kemas Ridwan Kurniawan ST MSc PhD, pagi tanggal 13 Agustus 2010, datanglah saya ke gedung sebelah yang interiornya berbeda dengan gedung departemen lain.
Rupanya undangan ini juga merupakan opening TIW (Teaching Improvement Workshop) yang diselenggarakan oleh dan untuk dosen-dosen di Dep Arsitektur FTUI.
Berbagi dan berdiskusi dengan sesama dosen tentu menyenangkan, dan apa yang ingin saya sampaikan sebisa mungkin berdampak positif bagi kolega dosen di Dep Ars ini.

Klik video..

http://www.dailymotion.com/video/xeftej_pict0095-ars-5

Beberapa poin utamanya menyangkut,
– Perlunya Riset yang memiliki visi. Sudah banyak riset dan jadi makalah, namun itu hanya utk memenuhi kredit institusi
maupun angka kredit bagi dosen belaka. Dengan sendirinya sudah berapa banyak uang terbuang tanpa menghasilkan apa2. Research for the sake of  science kurang tepat untuk Indonesia apalagi bidang engineering.
Bukannya makalah ilmiah tak perlu, tapi dampaknya utk masyarakat banyak tidak ada. Rakyat kan akan bertanya
“Gunanya makalah ilmiah untuk kami apa ?”. Emang Universitas ini untuk siapa ? Untuk si AUN ? Untuk si BAN atau untuk si peneliti saja ?
– Usahakan untuk memancing kreatifitas mhs, krn mereka pada dasarnya sudah memiliki intelegensia
yang bagus namun perlu banyak dimotivasi oleh dosen. Istilah saya disini ‘meracuni’ mhs agar nanti bisa menjadikan karya yang bermakna.
– Dosen sendiri perlu berkreasi. Dosen kan harus nulis dong… Masa’ cuma nyuruh2 mhs nya aja.  Dosen sendiri gak pernah bikin apa2 ? Terutama untuk para senior, kan perlu punya karya yang bisa dibanggakan, oleh diri sendiri aja dulu deh. Kemudian nanti baru oleh orang lain. Kalau tak pernah usaha mana mungkin tercapai. Gelar boleh sepanjang jalan kereta tapi untuk apa semua itu bila tak ada karya yang bisa dibanggakan. Apakah diluar sana kita bisa membanggakan bahwa kita sudah menulis ratusan makalah ilmiah ? Malah mereka akan tanya: “Binatang apa tuh makalah ilmiah ?”.
– Focus on one topic or product or… whatever u define. Karena menjadikan yang satu itu bermanfaat perlu jalan panjang dan tidak mudah. Siapa yg mau mengerjakannya kalau bukan anda sendiri.
– Ada juga tentang manfaat otak kanan dan multiple intelligence.

Be sensitive to  change, be ready to transform.
Whatever  your business, it is  a service business.
Manusia  yg  paling mulia adalah manusia  yang berguna bagi sesamanya.-

One response

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s