Tamu dari Calgary


Pernah dengar Calgary ? Nun jauh disana… di Amerika Utara. Pastinya dingin dong ya…

Tamu kami kali ini datang dari Canada, named… ? Who ? Bukan orang bule koq… nih  namanya:

Prof Dr Abdulmajeed Mohamad… (dari University of Calgary).-

Tuh…jelaskan beliau orang apa… iyalah pasti. Orang Arab… tepatnya dari Iraq. Dan sudah warganegara Canada sejak beliau berkelana tahun 1978 di Amerika. Phd dari Purdue University 1988.

Kedatangannya adalah dalam rangka menguji calon doktor Harun Alrosyid yang ujian pra-promosi tgl 23 Juni 2010, sebagai penguji eksternal. Saya sendiri agak sibuk sana-sini jadi sejak datang hari minggu sampai 2 hari kemudian, saya tak punya banyak waktu meladeninya. Kolega muda yg saya harapkan bisa banyak menemani Prof ini ternyata malah lebih sibuk dari saya. Akibatnya beliau rada luntang lantung karena kandidat p Harun dalam posisinya agak kurang bisa mengatur dan menetapkan acara untuk Prof AM ini.  Sebenarnya saya sangat menyesal dengan keadaan ini. Sungguh seharusnya kita harus mengusahakan sebaik mungkin usaha guna memberikan the best services kepada tamu akademis ini.

Jadi senin pagi selesai sy diskusi dg Harun, saat beliau datang saya minta kepadanya utk memeriksa slide presentasi Harun. Lalu saya tinggal sampai makan siang. Acara siang saya minta Dr Nasruddin untuk kasi tunjuk laboratorium kita dimana banyak riset pendingin di lantai 3.  Dua hari pertama itu Prof AM datang dengan busana resmi pakai dasi dan jas, formil banget. Sedangkan kami semua justru berpakaian kerja sehari-hari biasa saja, banyak juga yg hem tangan pendek saja. Sehingga tidak terlalu memperlakukannya sebagai tamu istimewa, malah lebih banyak mengajak prof AM utk … seakan kerja laboratorium bareng. Tentu beliau agak kepanasan, apalagi biasa di negara dingin macam Cananda.

Salah kostum

Nah karena sudah dua hari kegerahan… tibalah hari ketiga saat ujian pra-promosi doktor sdr Harun. Seperti biasa kami para promotor dan penguji lain berpakaian resmi pakai jas dan dasi. Karena inilah saat ujian doktor yang sebenarnya dimana akan terjadi presentasi tanya jawab akademis yang bukan basa basi.

Pagi2 waktu saya menyambut kedatangannya… kami berdua terkejut. Saya kaget melihat Prof AM menggunakan hem tangan pendek, baju santai pantalon warna terang. Prof AM lebih terkejut lagi melihat saya berdasi resmi dan pakai jas full formal. Kami berdua tertawa dan tentu Prof AM jadi agak malu dan minta maaf sambil berkata:” Sudah 2 hari saya kepanasan di Jkt, saya kira hari ini anda2 akan bekerja seperti kemarin saja dengan kemeja kerja biasa… ternyata anda berpakaian formil, mohon maaf..”

… ni orang salah kostum rupanya… Bagus do’i gak pake celana pendek kaya orang mo piknik… gumam saya. Coba bayangin kalau itu terjadi, kewibawaan sekolah ini mo dibawa kemana ? Ada penguji pake celana pendek….

Walau demikian hal ini tak menjadi soal, ujian berlangsung seperti biasa.

Terbersit dibenak saya. Mungkin lain kali kami harus terlebih dahulu memberitahukan prosedur dan tatacara ujian prapromosi. Di undangan memang tidak dicantumkan, jadi tak ada larangan pakai baju biasa. Kalau ujian promosi yang seremonial memang di und nya ada disebut harus pakaian lengkap.

Pakaian santainya bisa dilihat di video.

http://www.dailymotion.com/video/xdsw2j_s3-prapromosi-harun_fun

http://www.dailymotion.com/video/xdsw3m_s3-harun_lifestyle

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s