Beasiswa S3 Double Degree Ind-Prancis


Buku Pedoman dan Formulir Beasiswa DDIP

(DDIP – Double Degree Indonesia Prancis)

Hubungan Indonesia-Perancis telah dikukuhkan dalam bentuk perjanjian kerja sama Kebudayaan dan Teknik sejak tahun 1969. Sejak saat itu pemerintah Indonesia-Perancis selalu ingin meningkatkan hubungan bilateral ini. Salah satu bidang kerjasama yang layak untuk ditingkatkan adalah kerjasama dalam bidang pendidikan. Dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa Indonesia di segala bidang, khususnya mutu pendidikan, tidak cukup hanya menempuh studi S1 di Indonesia, namun diperlukan studi lanjutan diantaranya menempuh studi S2 dan S3 di negara maju, seperti Perancis dengan sistem dan mutu pendidikan berkualitas tinggi.

Banyak dosen di berbagai perguruan tinggi Indonesia yang merupakan lulusan S2 dan S3 kampus terkemuka di Perancis baik dengan beasiswa pemerintah Perancis maupun beasiswa pemerintah Indonesia. Beberapa dosen alumni Perancis ini masih terus menjalin dan mengembangkan kerjasama pendidikan khususnya program Double Degree Master (S2) dan Doktor (S3). Melihat potensi ini, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi dan Kedutaan Perancis berinisiatif untuk mengembangkannya menjadi suatu program nasional berbentuk kemitraan dan dengan melibatkan banyak perguruan tinggi terkemuka di Indonesia dan maupun Perancis.

Kerjasama dilakukan meliputi bidang engineering, water management, agriculture, information & communication technologies, natural sciences, biotechnology, environment, risk & disaster management, energy, nano technology, genome, transportation; urban planning and public infrastructure, public administration and law, economics, business, human and social sciences, art-culture & tourism, fashion & design. Adapun untuk Program Double Degree yang diselenggarakan di UI adalah sebagai berikut:

  • 1. Program Beasiswa Double Degree Indonesia dan Perancis Teknik Sipil
  • 2. Program Beasiswa Double Degree Indonesia dan Perancis Teknik Mesin
  • 3. Program Beasiswa Double Degree Indonesia dan Perancis Teknik Elektro
  • 4. Program Beasiswa Double Degree Indonesia dan Perancis Ilmu Pertanian
  • 5. Program Beasiswa Double Degree Indonesia dan Perancis Manajemen dan Kajian Pariwisata

Kedua negara akan melakukan promosi dan sosialisasi program kerjasama di masing-masing negara. Bagi dosen Indonesia pemerintah Perancis akan menanggung tuition fee, health insurance, visa, pendidikan bahasa Perancis sampai mencapai level 4 atau B2, mendatangkan professor dari Perancis untuk melakukan proses seleksi dan memberikan bantuan informasi yang mencakup sistem pendidikan dan berbagai informasi terkait dengan kehidupan di Perancis. Sedangkan bagi dosen Indonesia yang melanjutkan pendidikan tahun kedua di Perancis, pemerintah Indonesia hanya menyediakan biaya hidup dan tiket pesawat.

Untuk menghasilkan tenaga akademik dengan kualifikasi sesuai undang-undang, maka Direktorat Ketenagaan di Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi secara lebih konkrit memanfaatkan perjanjian yang telah disepakati tersebut dengan membuat program pendidikan Magister dan Doktor dengan skema program Double Degree dan mendorong perguruan tinggi di Indonesia untuk menggalang kerjasama dengan mitra perguruan tinggi di Perancis.

Berikut ini adalah tautan materi keterangan Pogram Kerjasama dan Beasiswa Double Degree Indonesia dan Perancis tersebut:

Person yang paling kompeten untuk menjawab semua pertanyaan berkaitan dengan program ini adalah:

Prof Dr Ir Irwan Katili (irwan.katili@eng.ui.ac.id).-

Teks asli dari artikel ini ada di alamat:

http://www.ui.ac.id/id/notice/archive/4274

Silakan di klik saja.-

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s