Biopori sampah dapur


April 11, 2010 — Buatlah lubang biopori di rumah anda. Kemudian sampah dapur, bekas makanan, kulit buah, semua buang di lubang itu. Maka anda akan dapatkan bahwa 90 % dari sampah anda (ini kalau diukur dari segi beratnya saja) akan menghilang. Kemudian sampah itu akan berubah jadi pupuk organik dlm waktu beberapa bulan. Jadi hitung saja berapa kebutuhan lubangnya. Ayo kerjakan jangan cuman dibaca dan dilihat saja. Bertindaklah !!!

Tahu gak bedanya sampah rumah dan sampah kanor…?

Kalau di rumah kebanyakan sampahnya ya sampah dapur, bekas makan, sisa2 makan siang dan makan malam, kulit buah. Sedangkan di kantor kebanyakan sampah kertas. barang2 cetakan, buku2, jadi sampah non-organik. Susah terurai secara biologis.

Jadi baikan bikin lubang bioporinya di rumah saja. Atau kalau ada restoran atau rumah makan… nah itu pasti banyak sampah organikmnya. Pantasnya di dekat situ dibuat lubang biopori.

Gimana bikin lubangnya ? Pakai alat utk ngebor s/d 1 meter. Paling gampang minta aja sama Johny Wahyuadi Direktur Politeknik Negeri Jakarta, karena waktu saya mampir kesana ternyata disitu ada alat pembuat lubang biopori sejumlah 1000 unit.  Nah jadi sa beli murah kayanya… Salam Hijau…

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s