SEPEDA LIPAT (SeliqUI)


SEPEDA LIPAT (SeliqUI)

PT. SEKAWAN UTAMA INTERNASIONAL

Pemanasan global saat ini menjadi suatu ancaman serius masyarakat dunia karena diyakini dapat mengganggu pembangunan ekonomi, masyarakat dan ekosistem secara luas. Salah satu bentuk komitmen pemerintah RI adalah dengan Stop Global Warming dengan terus berupaya  membangun model transportasi massal yang diharapkan dapat menghubungkan seluruh wilayah, sehingga diharapkan dapat mendorong para pengguna mobil pribadi untuk beralih menggunakan model transportasi massal untuk mengurangi gas buang kendaraan bermotor yang semakin meningkat serta mengkampanyekan penggunaan alat transportasi tanpa polusi seperti sepeda untuk bepergian dan bekerja.  Alasan tersebut tentunya merupakan peluang dan tantangan untuk tumbuhnya kembali industri sepeda umumnya dan sepeda lipat khususnya di Indonesia.

PT. Sekawan Utama International (SUI), merupakan perusahaan swasta nasional yang bergerak dalam bidang yang berbasiskan riset dan pengembangan teknologi. SUI  juga memiliki visi untuk membangun produk-produk yang berbasis pada kemampuan bangsa sendiri, dimulai dari perancangan produk hingga pengembangan merek. Dalam sejarahnya, SUI telah berhasil membawa produk hasil penelitian perguruan tinggi ke pasar, yaitu produk Inkubator Bayi (Infant Incubator). Selanjutnya SUI berkeyakinan juga bahwa riset sepeda lipat yang dikembangkan di FTUI juga bisa dikomersialisasikan. Oleh sebab itu, kerjasama dengan pihak inventor telah dilakukan.

Produk Sepeda Lipat (SeliqUI) ini merupakan produk riset perguruan tinggi yang dikembangkan sejak pertengahan tahun 2006 di Departemen Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Indonesia hingga akhirnya saat ini siap diproduksi masal. Keunggulan dari produk ini ada pada model lipatan yang sepenuhnya dirancang dan dibuat ditanah air. Dengan menggunakan metoda Analytic Hierarchy Process (AHP), 3 model rancangan lipatan dikembangkan, diteliti dan dianalisa hingga terpilih lipatan akhir dengan dimensi 310 x 740 x 800  mm dan berat 15,6 kg diharapkan efektif dan sesuai dengan keinginan pengguna (customer) Indonesia.

Analisa dinamis kekuatan rangka sepeda diuji dengan memasang 14 sensor strain gage pada 14 titik kiritis yang ditentukan setlah dilakukan pemodelan menggunakan Autodesk Inventor 2008 yang mempunyai kemampuan analisa Finite Element Method. Pengujian dilakukan dengan mengendarai sepeda pada kecepatan 20 km/jam dengan kondisi dibebani pengendara dengan berat 70 kg dan adanya gangguan tanggul (polisi tidur) pada jalan aspal. Hasil pengujian untuk spesifikasi material rangka, Steel ST 37 dengan Modulus Elastisitas sebesar 2,10 E+5 didapatkan besarnya tegangan tarik yang terjadi (stress) pada rangka berkisar antara -4,83 Mpa dan 275,1 Mpa dan besar faktor keamanan minimum untuk masing-masing rangka batang berkisar antara 0,2866 hingga 15,0. Kenyamanan pengendara ditunjukkan dengan nilai Performance Evaluasi Index (PEI) yang cukup kecil, yaitu sebesar 1,32 yang dilakukan pengujian di Laboratorium Ergonomi Departemen Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Indonesia

Bekerjasama dengan PT Sekawan Utama Internasional (SUI), 20 produk SeliqUI ini sudah dinikmati oleh penggemar sepeda lipat dan diharapkan mampu diproduksi dan terjual hingga total 100 unit hingga desember 2009 dalam bentuk production trial dan trial market. Dalam lingkup pasar dalam negeri, maka produk yang bisa dianggap sebagai pesaing terdekat adalah merek Polygon. Karena merek tersebut merupakan market leader produsen sepeda, maka kebijakan SUI adalah menjadi follower untuk harga. Harga Seliqui Rp. 2,5 juta per buah, sedangkan harga sepeda lipat Polygon termurah Rp. 2,7 juta.

Untuk target kedepan, SUI akan mengembangkan setidaknya 3 (tiga) model baru serta mengembangkan jalur distribusi sehingga SELIQUI dapat dinikmati oleh semua masyarakat Indonesia.

Inventor :

Hendri D.S. Budiono, Aidil Zamri, Yusri, Rivanol, Iskandar Muda, Dedy Rachmat

Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Indonesia

Kampus Baru UI Depok

e-mail : hendri@eng.ui.ac.id

 

Perusahaan Mitra Kerjasama:

PT. Sekawan Utama International

Direktur Utama: Ramadita Budhi Wardana

e-mail : ramaditabudhi@yahoo.com

Leave a Reply (boleh kasi komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s