Minjem Gampang Mbalikin Susah

Sabtu sore biasanya kami gunakan untuk jalan-jalan dengan sambil makan diluar. Karena sang anak bbrp hr y.l. ulang tahun, ibunya berinisiatif membelikan kado walau sudah agak telat karena senin s/d jumat sore, anak tinggal di asrama. Sambil nunggu mereka saya buka HP BB, tahu-tahu saya baca “Pak Raldi…Mantabs…” Tertulis dari Hamdi (M99) yang tergabung di milis alumni mesin. Saya ingat ini orang yang kayanya arab keriting, logatnya jawa, dan memang benar ternyata dia lampirkan foto Koran Jawapos yang awal terbitnya dan tentu juga terkenal di Surabaya atau daerah Jawa-Timur.

Reportase Hilmi Setiawan Jawapos

Reportase Hilmi Setiawan Jawapos

Seperti yang saya beritakan juga di blog saya, bahwa kami di kantor dikunjungi jurnalis Jawapos, yang mau meng-cover berita tentang kegiatan kami seputar Peminjaman Gratis Inkubator Bayi untuk bayi premature di rumah. Nah sekarang baru keluar rupanya reportase Hilmi Jawapos tgl 08 Feb 2014. Esok harinya istri saya bilang “ Udah ada tuh di Koran Padang Ekspress…” Wah rupanya Jawapos ini group Koran daerah sekarang jadi bisa diposting di Koran daerah lain. Melalui Facebook juga banyak yang kasi selamat dan kasi semangat, untuk kami melanjutkan serta mengembangkan upaya menolong bayi premature di rumah ini.

Calon Agen Malang

Berbarengan dengan itu di hari sabtu, bapak Totok Wahyudi. Calon Agen Peminjaman incubator yang berdomisili di Malang datang ke rumah. Diskusilah kami panjang lebar tentang pengalaman selama dua tahun ini dari Januari 2012 s/d Januari 2014. Ternyata beliau bukan saja bersedia membantu kegiatan volunteer ini tapi beliau bersama teman-temannya sudah mengumpulkan uang untuk minta dibikinkan incubator. Seperti pernah saya launch sebelumnya bahwa satu incubator perlu biaya bikin 2,5 juta. Mereka sudah mengumpulkan s/d 5 juta, jadi bisa untuk 2 inkubator. Ditambah dengan satu hibah dari saya, maka bulan Maret nanti pak Totok akan datang ke Jakarta dengan kendaraan yang cukup besar akan mengangkut 3 unit incubator untuk daerah Malang dan sekitarnya. Diharapkan bulan Maret nanti hujan sudah mereda jadi jalan darat Jakarta ke Malang bisa lebih aman dari hujan dan banjir.

Agen Kalimantan

Calon Agen dari Kalbar datang Senin Seperti sudah direncanakan dan sudah konfirmasi, rekan alumni muda sdr Emilius Sudirjo dating dari Kalimantan Barat, kota Ngabang kabupaten Landak… Mohon maaf Emil, saya belum pernah dengar nama daerah itu, untung juga kamu cerita jauhnya 100 km dari Pontianak. Jadi untuk agen Kalbar ini satu paket yang kami hibahkan untuk menyelamatkan bayi premature adalah:

1 unit incubator Grashof, 1 unit Fototerapi double lamp, 1 unit timbangan bayi digital, dan 1 unit Termometer digital.

Terimakasih pada sdr Emilius Sudirjo

Terimakasih pada sdr Emilius Sudirjo

Emil datang dengan satu orang teman (orang Jakarta). Tentu mereka rada kebingungan bagaimana caranya dengan Lion-air Emil akan bawa paket incubator dan fototerapi. Untuk bagian akrilik atas bisa dilepas sehingga bagian fragile ini bisa ditenteng tangan. Nanti kalau dia ditahan dan di-tanya2 sama pramugari bilang aja ini alat penting untuk puskesmas dan RS di Kalbar. Jadi dengan demikian markas kami sekarang kosong, coz semua armada lagi bertugas baik di Jabodetabek maupun di luarkota.

Inkubator dan fototerapi satu paket

Inkubator dan fototerapi satu paket

Nah inilah problemnya, gimana nanti kalau ada bayi di Jkt yang perlu incubator ? SMS Permintaan peminjaman Sby Dari minggu pagi sudah beberapa kali HP saya berbunyi. Dan seperti biasa tidak saya ladeni…kenapa ? Coz banyak sales ini itu yang nawarin ini itu juga, jadi aja skrg saya gak pernah nyautin telp. Kalau ada nomor yang tidak saya kenal selalu saya sms balik “Kirim sms aja…” begitu call-back saya.

Muncul 2 permintaan di minggu pagi…Selamat Pagi Pak, saya Ixx +62812316269xx dari Surabaya … Hari ini saya baca Jawa Pos tentang incubator gratis untuk warga miskin yg Prof ciptakan dan kebetulan pula teman kami kemaren masuk RS karena p’darahan hebat lagi padahal usia kandungan baru 7 bln kurang 17 hari dan oleh dokter diminta untuk di lahirkan paksa karena keadaan yg memaksa, teman kami kesulitan untuk biaya, apk kami bisa ajukan ke Pak untuk meminjam inkubator tersebut untuk teman kami ?? Atas perhatian dan feedback dari Prof kami ucapkan banyak Terima Kasih / Ixx Surabaya. Dan menyusul minggu malam dari kota Bogor…Assalamualaikum.. Saya sanxx dr bogor +62896382352xx, sudah 2 hari ini melahirkan bayi prematur , diusia 8 bln dgn berat 1600 gr , saya bc di internet bpk menyewakan inkubator gratis utk warga miskin , apa msh ada? Terima kasih, mohon balas secepatnya, karna selamat di rumahsakit sudah menelan biaya yg besar, saya mohon bantuannya terima kasih.

Tarik nafas dalam-dalam, saya rada keder pastilah… Namun ini sudah ke sekian kalinya saya menghadapi persoalan seperti ini jadi…Stay calm, tenang, tenang pasti ada solusinya. Mengapa keder ? Yah tentulah karena markas kami kosong semua armada tempur tank amfibi kami sedang berjuang menyelamatkan bayi sehingga tidak ada yang ready di markas besar. Beberapa peminjam yg sdh lama, 3 mg sampai satu bulan lebih, saya kirimi sms nagih incubator bila bayinya sudah sehat diatas 2,3 kg. Hanya dua (dari tiga) yg menjawab positif bayinya sudah normal dan sehat, tapi masih belum bisa mengembalikan. Inilah sifat manusia gampang meminjam susah mengembalikan. Dalam hati, apakah saya harus nyewa sejenis debt-collector buat nagih. Tapi mana ada yg volunteer, pastilah minta bayaran yg tinggi krn harus juga nyewa preman bertatoo…Duh segitunya buat nagih incubator… Pastilah ada jalan yang lebih halus, kan Allah juga yg akan menggerakkan hati mereka. Allahlah yg sanggup membolak-balikkan hati manusia. Apa akal…? Nah muncullah dibenak saya, mengapa tidak saya forward saja sms ibu yg panic mau minjam incubator pada mereka pemakai yg sudah lama…? Bukankah mereka juga mengalami hal yang sama bulan yang lalu ?

Ini dia fwd-nya: Mari kita saling membantu sesama >> >> Assalamualaikum.. Saya sanxx dr bogor +62896382352xx, sudah 2 hari ini melahirkan bayi prematur , diusia 8 bln dgn berat 1600 gr , …dst sama dg diatas…

Benar ternyata mereka menjawab, krn mungkin teringat pengalamannya sendiri waktu panik bulan2  lalu saat bayi prematurnya baru lahir. Berikut jawaban mereka: Dari pak Yax: ya prof.mhn maaf ini sy sdg tugas luar kota blm sempat utk kembalikan inkubator.hr kamis ini br kembali ke bdg.klo tdk terlalu mlm sampai rmh,sy akan langsung ke depok.mhn maaf sblmnya prof.

Dari pak Andxx: Insya Allah besok segera pak….hari ini saya masih nyari kendaraan utk besok tetapi masih digunakan….mudah2an bsk pagi ada kbr baik utk kesana….kalo tidak saya akan cari yg lain segera…Alhamdulillah hari ini bayinya sudah tidak mau di inkubator lagi….Segera besok mohon doanya untuk dimudahkan Terimakasih.

Demikianlah cuplikan cerita – one day in the life – , semoga bermanfaat bagi kita semua.

Menulis sambil mendengarkan – Ana Vidovic plays Sonatina -

Tim UI Juara Asia Supermileage Vehicle

Piala Pertama dari Tim Mahasiswa FTUI pada HUT FTUI ke-50

From ario@eng.ui.ac.id

07:12 Assalamu’alaikum wrwb.

Kepada Bapak dan Ibu Dosen FTUI yth, Alhamdulillah, dengan izin Allah SWT, Tim UI Supermileage Vehicle (UI-SMV) Universitas Indonesia Sadewa Otto berhasil membawa tropi juara I di kelas Urban Gasoline dengan perolehan 301.68 km/l pada ajang kompetisi mobil hemat energi Shell Eco Marathon (SEM-ASIA) 2014 di Manila, Filipina. Dengan demikian tim UI berhasil memecahkan rekor Asia yg telah ditorehkan oleh ITS pada tahun 2010 dengan pencapaian 275 km/l. Sedangkan tim Nakoela di kelas Prototipe Gasoline berhasil menempati ranking 4 dari 45 tim yang bertanding di kelas ini dengan perolehan 342.48 km/l. Atas nama seluruh tim UI-SMV yang terdiri dari 23 mahasiswa, 3 alumni dan 4 dosen yaitu: Ario SB, Prof. Bambang Sugiarto, Prof. Danardono dan Prof. Heri Hermansyah, menyampaikan banyak terima kasih atas dukungan semua pihak baik moril maupun materiil sehingga Tim mahasiswa UI-SMV dapat memberikan piala pertama dari Tim Mahasiswa bagi HUT FTUI tercinta yang ke-50. Terima kasih kami sampaikan kepada Rektor UI, Dekan FTUI, Kadep T. Mesin, ILUNI FT, ILUNI UI, para dosen dan alumni FTUI, pihak sponsor, donatur dan seluruh pihak yang telah mendukung Tim UI-SMV yang kami tidak dapat sebut satu persatu. Semoga tim UI-SMV dapat kembali menorehkan prestasi terbaiknya di ajang nasional Indonesia Energy Marathon Challenge (IEMC) 2014 dan SEM-Asia di tahun 2015. Demikian terima kasih atas perhatiannya. Wassalam,

…menangnya jauh euy…

1897699_10203094738558246 supermileage

Jawapos Datang

Kegiatan Socio-Technopreneurship (demikian kami sebut supaya kelihatan keren) Peminjaman Gratis Inkubator bayi untuk menolong bayi prematur di rumah, rupanya menarik perhatian salah satu media cetak. Datanglah di hari kamis tgl 06 Februari 2014 jurnalis dari koran Jawapos, berbadan besar agak gendut sdr Hilmi Paxxxx (dikasi xx spy kelihatan misterius). Janji jam 10 an tapi baru dtg jam 11.30 dikarenakan motornya kempes dan bocor melulu coz tak sanggup menahan bodi yg terlalu berat majikannya.

Begitu datang langsung beliau motret sana sini dgn kamera sakunya. Tentu saja kami agak heran krn biasanya jurnalis kalo dtg bawa peralatan foto video yg beratnya s/d  10 ton, tapi yg ini rupanya lain, badan boleh besar tapi tustel tetap kecil. Selesai motret, mulailah wawancara, tp sebelum itu saya nanya dulu: ” Apakah anda sudah membaca dari bbrp artikel yg saya kirim melalui email ?…. Wah belum sempat pak…”  Tentu saja kita tidak perlu heran karena memang kerja wartawan adalah untuk mengejar berita, bukan baca artikel.

Mulailah saya ditanya-tanya ini itu, dan tentu saja, seperti juga kepada wartawan yang lain, saya sampaikanlah kebohongan-kebohongan saya mulai dari kanan kiri atas bawah depan belakang dimensi satu sampai empat, dari  A sampai Z. Lalu beliaupun  pura-pura serius mencatat bualan saya tentang inkubator. Setelah selesai kami berdua tertawa puas terbahak-bahak. Saya tertawa senang karena merasa sudah berhasil menipu wartawan, sedang wartawan merasa senang karena telah menipu narasumber dengan pura-pura2 mencatat. Toh saya katakan padanya, anda lihatlah semua artikel yang saya kirim, semua kegiatan kami ada koq disitu. Di cuplik sana sini aja, semua itu sudah lebih dari cukup.

Selesai jurnal kita pagi sampai siang ini, sambil beliau pulang saya bilang ” Jangan lupa fotonya dikirim email ya…”

Dan malam ini saya sudah terima kiriman fotonya yg saya posting bersama tulisan ini.

Tim Inkubator UI, Syarif, Rehan, Raldi.

Tim Inkubator UI, Syarif, Rehan, Raldi.

Raldi dan Hilmi dari Jawapos dengan Inkubator Grashof

Raldi dan Hilmi dari Jawapos dengan Inkubator Grashof

http://www.youtube.com/watch?v=fAdHhSIB9LQ

Testimoni pemakai inkubator

Sudah berselang dua tahun lebih, kami meminjamkan secara gratis inkubator bayi untuk bayi prematur di rumah. Paling concern tentu para ibu yang punya bayi atau masih akan punya bayi lagi. Demikianlah, dan salah satu ibu punya blog dan cerita di blog tentang aktivitas SOSIO_TEKNOPRENEURSHIP di Dep Teknik Mesin FTUI. Secara diam-diam tanpa memberitahukan pada beliau saya reposting saja… Seakan-akan membuktikan dampak positif dari kegiatan pengabdian masyarakat kami di UI.

http://bundawannabe.wordpress.com/2013/04/22/sewa-inkubator-gratis/

Peminjaman inkubator GRATIS untuk di rumah.

Kontak SMS +62816-1992186, Email koestoer@eng.ui.ac.id

Tolong Bayi Prematur

Seperti diketahui Tim Inkubator UI bekerjasama dengan Yabapi (yayasan Bayi Prematur Indonesia) telah menjalankan program spesial, sejak Januari 2012 (berarti sudah dua tahun lebih), yaitu:

PEMINJAMAN GRATIS INKUBATOR UNTUK MENOLONG BAYI PREMATUR

Sudah lebih dari seratusan bayi tertolong oleh kegiatan pengabdian masyarakat di Dep Teknik Mesin FTUI ini. Lihat di beberapa tulisan kami di blog ini juga, misalnya:

http://koestoer.wordpress.com/2013/03/11/bayi-kembar-sudah-sehat/

http://koestoer.wordpress.com/bayi-prematur/inkubator-bayi-gratis/

Sampai dengan Januari 2014 ini  kami memiliki 14 inkubator yang terdiri dari 3 inkubator besar (versi lama) dan 11 inkubator kecil (versi baru untuk rumahan yang kami sebut Inkubator Grashof). Dua unit kami hibahkan ke Pemalang, satu unit ke Semarang dan satu unit ke Magelang. Sehingga di Pusat Jabodetabek ini ada 10 unit yang di akhir Januari habis dipinjam semua. Dengan demikian pastilah kami harus memperbanyak lagi jumlah armada inkubator kami. Baik di pusat maupun di agen yang kami sebutkan diatas tersedia juga unit fototerapi untuk menolong bayi kuning. Alat ini juga dipinjamkan dengan gratis demi menolong bayi kuning di rumah.

Namun ternyata permintaan bantuan peminjaman inkubator  masih tetap banyak dari masyarakat. Persoalan utamanya adalah masyarakat gol menengah bawah tidak mampu membayar biaya Rumah Sakit karena perharinya harus bayar Rp 500 rb s/d 5 juta rupiah. Banyak pula yg kesulitan karena utk masuk RS mereka hrs bayar DP dulu sekian juta. Mereka ini perlu kita tolong dengan meminjamkan inkubator utk menghangatkan bayi yg kedinginan krn lahir sebelum waktunya. Bayi prematur ini mengalami hipotermia (kedinginan). Bayi prematur menggigil kedinginan terutama dimusim penghujan seperti ini Des-Maret. Bayi BBLR (Berat Bayi Lahir Rendah).

Karena itu kami membuka kesempatan kegiatan ini menjadi LADANG AMAL bagi bapak dan ibu atau siapa saja, yang mau membantu untuk:

berinfak  inkubator

Sedekah  inkubator

Wakaf      inkubator

Donasi    inkubator

Menyumbang untuk inkubator

Disain inkubator kami spesial untuk ditempatkan di rumah dan berdaya listrik sangat hemat antara 20 Watt s/d 50 Watt saja. Jadi bisa jalan di rumah kecil yg daya listriknya hanya 450 W tanpa masalah. Untuk diketahui inkubator di Rumah Sakit daya listriknya besar antara 300-500 Watt. Portable lihat ukurannya di http://koestoer.wordpress.com/2014/01/30/armada-inkubator-300114/

Biaya pembuatan satu inkubator adalah Rp 2,5 juta (dua juta limaratus ribu rupiah)

Kami menerima sumbangan berapa saja serelanya, boleh seperempat inkubator, boleh setengah inkubator, boleh SATU, boleh DUA atau berapa saja seikhlasnya.

Silakan kirim melalui :

Rekening tab bank  CIMB-NIAGA a.n. Raldi Artono Koestoer

Nomor  9600 1000 90126

Kontak dan info : HP 0816-1992186  ; Email : koestoer@eng.ui.ac.id

Mengingat banyaknya permintaan dari luar kota, kami berencana untuk membuka kegiatan yang sama di beberapa kota lain (sudah di 3 kota diatas) bahkan untuk 34 provinsi seluruh Indonesia, targetnya tahun ini mungkin satu di Jabar,  satu di Jatim dan satu di Kalimantan Barat. Per Januari 2014 ini kami sudah berhasil membuka AGEN PEMINJAMAN DI PEMALANG, SEMARANG dan MAGELANG.

Mohon doa dari bapak dan ibu, agar kegiatan pengabdian masyarakat ini bisa berkembang dan utamanya utk mengurangi  angka kematian bayi di negara kita dengan menolong dan menyelamatkan bayi prematur. Menyelamatkan satu nyawa berarti menyelamatkan semuanya.

- SAVE OUR BABIES -

Armada Inkubator 300114

Berawal dari program IMHERE di DTM-FTUI, berlanjut dengan aktivitas Pengabdian Masyarakat di FTUI, Peminjaman gratis Inkubator bayi utk di rumah guna menolong bayi prematur.. Berikut ini adalah daftar armada inkubator yg kami miliki berikut dengan spesifikasi ukuran dimensi dan beratnya.

ARMADA INKUBATOR PORTABLE TIPE A, P, B, DAN C

No

Tipe

Inkubator

Material

Atas – Bawah

Dimensi

(P x L x T)

[cm]

Berat

Total

[kg]

Kisaran

Harga Total

[Rp]

Keterangan

Foto

1

A-01

Atas

Acrylic

Atas

68x51x35

~

Bawah

Kayu

Bawah

72x59x92

Total

72x59x127

2

A-02

Atas

Acrylic

Atas

68x51x35

~

Bawah

Kayu

Bawah

72x59x92

Total

72x59x127

3

A-03

(Kembar)

Atas

Acrylic

Atas

80x50x45

~

Bawah

Kayu

Bawah

83x63x94

Total

83 63×139

4

P-01

Keseluruhan

Kayu

18.6

Media Pemantau

Kaca

Total

67x63x66

5

P-02

Atas

Acrylic

Atas

62x43x32

13.6

Telah Dihibahkan Ke Magelang

Bawah

Kayu

Bawah

63x44x17

Total

63x44x49

6

P-02 R

Atas

Acrylic

Atas

62x43x32

15.2

Bawah

Kayu

Bawah

63×4 x17

Total

63x44x49

7

B-02

Atas

Acrylic

Atas

63x42x31

11.5

Telah Dihibahkan Ke Pemalang

Bawah

Kayu

Bawah

66x45x12

Total

66x45x43

8

C-01

Atas

Acrylic

Atas

63x42x30

12.3

Bawah

Pelat

Bawah

64x43x13

Total

64x43x43

9

C-02

Atas

Acrylic

Atas

63x42x30

12.5

Bawah

Pelat

Bawah

64x43x31

Total

64x43x43

10

D-01

Atas

Acrylic

Atas

62x43x31

+/- 13

Bawah

Kayu

Bawah

65x45x13

Total

65x45x42

11

D-02

Atas

Acrylic

Atas

62x42x31

+/- 13

Telah Dihibahkan Ke Semarang

Bawah

Kayu

Bawah

65x45x13

Total

65x45x42

12

13

 

Pada umumnya berat bagian atas (acrylic) adalah sekitar 3.4 – 3.8 [kg].

Nagih inkubator dg sopan

(Tim Inkubator UI) : Bapak ibu Fxxxx, gimana kabar bayinya ? Sdh berapa beratnya sekarang ? Kami doakan agar cepat sehat dan normal semua. Salam.

(Ibu Fxxxx) : Alhamdulillah kbr bayi sy sehat. Skrg beratnya 2,5. Aamiin, terima kasih pak doanya.

(Tim UI) : Kami turut gembira bayi bapak ibu sdh sehat dan normal kembali. Kami doakan agar bayi sehat seterusnya, dan gunakan selalu asupan ASI. Namun masih banyak bayi prematur lain yg memerlukan pertolongan, bila tidak keberatan kami mohon inkubator dikembalikan. Terimakasih telah bekerjasama dgn baik.

(Ibu Fxxxx) : Iyaa pak…memang rencananya kami akan mengembalikan inkubator. Krna bayi kami pun sdh tdk betah bobo di inkubator. Dlm bbrp hari ini kami akan mengembalikannya.

Orang Miskin Dilarang…

Dua minggu yang lalu saya baca subjudul di majalah Tempo, tulisannya begini

ORANG MISKIN DILARANG SAKIT

Artikel pendek itu menunjukkan betapa beratnya bagi orang kurang beruntung atau golongan menengah kebawah bila mereka sakit dan dirawat di Rumah Sakit. Biayanya yang besar tidak mungkin tertanggungkan oleh mereka. Bukan gol bawah saja tapi gol menengah juga terancam jatuh miskin bila ada familinya yang masuk RS, karena mahalnya biaya operasi maupun perawatan.

Namun bukan itu saja yang menjadi keluhan bagi gol menengah kebawah bila gaya subjudul Tempo dipakai maka pernyataannya menjadi

ORANG MISKIN DILARANG MELAHIRKAN

Mengapa demikian ? Simak saja SMS yang saya terima kemarin:

Selamat Sore Pak.Raldi, istri saya baru pasca melahirkan dengan usia kehamilan 7 bulan & mendapatkan bayi prematur, sedangkan saya tidak mampu untuk perawatan bayi saya di Rumah Sakit dengan biaya Rp.4.juta/hari. Tolong bantuannya Pak bagaimana caranya saya bisa pinjam alat inkubator untuk bayi prematur saya untuk saya rawat sendiri dirumah. Terima Kasih, Hormat saya FAXXXX. (20Jan14).

Jadi bila melahirkan bayi premature sedangkan anda tidak punya uang sekian juta, jangan harap bisa merawat bayi di RS, lha wong ongkosnya sehari 4 juta rupiah sedangkan perawatan bayi premature biasanya lebih dari sebulan. Katakanlah 30 hari, jadi total 30×4 = 120 juta keluar ongkos. Gol menengah setelah jual motorpun masih belum bisa menebus biaya perawatan bayi prematur. Walhasil setelah jual motor, bapak bayi kudu cari pinjaman ke sanak saudara agar bayinya bisa keluar dari RS.

Jadi bagaimana solusinya ?

Tenang…tenang…saudara-saudara. Jangan panik… Tidak ada penyakit yang tidak ada obatnya, semua penyakit ada obatnya dari Allah. Demikian juga tidak ada persoalan yang tidak ada solusinya…Semua masalah pasti ada jalan keluarnya.

Karena itulah kami berinisiatif untuk meminjamkan inkubator bayi dengan gratis atau tanpa bayar kepada keluarga bayi prematur untuk merawat bayinya di rumah, sekali lagi di rumah bukan di Rumah Sakit. Aktivitas sosial Pengabdian Masyarakat yang berawal dari kegiatan di Dep Teknik Mesin FTUI dengan subproyek ATI (Advanced Technology Implementation) berlanjut menjadi kegiatan yang kami sebut:  Socio-Technopreneurship.

Berawal dari 2 unit incubator besar, yang kami pinjamkan pada keluarga bayi premature di rumah di awal Januari 2012. Sekarang sudah berkembang, armada incubator berbagai tipe kami miliki sebagai hasil pengembangan teknologi di FTUI dalam dalam produk Alat Kesehatan berbasis teknologi termal, disain manufaktur dan sedikit elektronik. Akhir Januari 2014 ini kami memiliki total 14 unit berbagai ukuran. Empat unit diantaranya disumbangkan pada agen peminjaman di Jawa-Tengah yaitu di Pemalang 2 unit, Semarang 1 dan Magelang 1 unit. Cita-cita besar kami ingin mengembangkan aktivitas Socio-Technopreneurship ini ke 34 provinsi di Indonesia.

Tiga Agen Peminjaman di Jawa-Tengah

Bapak Suwarso agen di Pemalang desa Kendalsari sebenarnya sudah dari tahun lalu menjadi mitra kami. Beliau adalah teman sekelurahan dari pak Jos Istiyanto dosen di DTM-FTUI. Pak Jos pernah cerita kalau di desanya ada orang yang juga meminjamkan incubator ala kadarnya kepada tetangga karena dulu bayinya premature dan beliau kemudian bikin dari kayu dengan pemanas botol-botol berisi air panas. Inkubator yang kami hibahkan ternyata bermanfaat untuk menolong bayi disana bahkan ada yg datang mengambil dari Semarang.

Tgl 16 Januari 2014 kami berangkat ke Jawa-Tengah dengan membawa 3 paket incubator untuk dihibahkan ke Pemalang, Semarang dan Magelang.

-0-

Peminjaman Gratis Inkubator Bayi

Telah diserah-terimakan satu paket inkubator yang terdiri dari:
1 unit inkubator Grashof
1 unit timbangan bayi 5 kg
1 unit termometer digital
1 unit fototerapi untuk bayi kuning
Kepada Agen Relawan Peminjaman Inkubator di
Pemalang (Bapak Suwarso)
Semarang (Ibu Anggorowati)
Magelang (Ibu Heni Setyowati)
Semoga bermanfaat untuk menolong bayi prematur di Jawa-Tengah.
Paket Inkubator ini dipinjamkan secara gratis untuk di rumah bukan untuk di Rumah
Sakit.
Mereka yang memerlukannya silakan kotak Call Center SMS

+628161992186

Kami akan berusaha sebaik mungkin melayani anda tanpa biaya.

-0-

NATO NAPO dan NARO

Banyak orang berilmu di Negara kita ini. Namun ilmu tinggallah ilmu bila tidak diaplikasikan maka dia akan tetap jadi ilmu saja tidak jadi apa-apa. Dia baru berguna manakala dia daplikasikan sehingga bernanfaat untuk manusia lainnya. Pandai dan pintar tinggal sekedar pandai saja, hanya berguna untuk cari makan diri sendiri saja, lalu apa gunanya jadi orang yang se’akan2’ pandai tapi tak manfaat. Tidak perlu pandai dan pintar asal mau berpikir sedikit saja sudah cukup, lalu harus… sekali lagi harus…BERTINDAK. Barulah dunia dan alam sekitar ini bergerak, mereka bereaksi terhadap tindakan kita. Tindakan positif menghasilkan reaksi dunia seisinya positif juga.

NATO No Action Talk Only kita sudah kenal semua, Bahasa gaulnya ‘ngomong doang’, semua baru jadi kenyataan bila ada tindakan, problema sebenarnya baru akan muncul bila dikerjakan sesuatu. Antara Teori dengan praktek jauh bedanya seperti jarak Antara hulu dengan hilir sungai.

NAPO No Action Plan Only, nah ini khas mereka yang berada di kampus dan Lembaga Litbang. Bikin rencana aja, bikin rancangan aja tidak ada yang selesai menjadi sesuatu yang berguna, hanya tinggal dikertas dan power-point saja. Lalu ada lagi dan sangat membosankan terus menerus dilakukan, tanpa memandang siapa sih sebenarnya yang membutuhkan uluran tangan anda orang2 ‘the so called’ berilmu…Ya rakyat itulah. Bikin dong sesuatu untuk mereka, paksain, pikirin. Resources income-nya darimana ? Mulailah dengan uang sendiri dulu… Duit sisa proyek (sisa proyek penelitian kan banyak). Nah karena uang sendiri kita jadi irit, mikir jadi fokus, dengan sendirinya nilai tambah jadi meningkat. Uang sedikit hasil jadi banyak bahkan berkualitas, dampak positif langsung muncul. Tentu saja semua itu karena Allah yang bukakan jalan. Memangnya ide brilyan itu datang darimana ? Dari Allah pastinya, manusia apalah bisanya… Kalau hanya untuk menghabiskan uang negara aja sih gampang (yang notabene uang rakyat)… Yang susah kan nyarinya. Jadi pejabat yang cuma duduk manis aja sih very easy, istri senang, anak2 semua sekolah bagus dan berhasil, fasilitas ini itu dapat tanpa usaha. Kursi empuk, semua rekening ditanggung negara. Anda berada di comfort-zone, tidak mau berubah, berusaha mempertahankan kursi empuk dan fasilitas negara… Untuk apa sekolah ? Untuk apa jadi sarjana dari Univ terkenal ? Untuk apa gelar yang tinggi dan banyak ? Untuk apa jadi guru besar ?… Ngomong doang.

NARO No Action Research Only, hasilnya Cuma bertumpuk kertas saja, terus2an…Salah dong, karena research itu cukup sekali dua kali aja lalu aplikasikan terutama mereka yang berada dibidang teknik. Pikirkan gimana caranya… dan focus, jangan uang dijadikan tujuan. Takkan ada hasilnya, bahkan award ini itu, sertifikat ini itu, lupakan saja. Cukup sekali dua saja, selembar ijazah, selembar sertifikat, award sekian juta jangan dijadikan tujuan. Tapi bila ada orang lain yang bisa tertolong, terbantu, alam yang terpelihara, energy yang jadi hemat. Kaum marginal yang terangkat, itulah yang diperlukan Negara ini.

Mulailah dengan berdoa, karena hanya atas ijin dan ridho Allah-lah segala sesuatu bisa berubah. Demikian juga kita, mohon doa pada Allah agar apa yang inginkan bisa terjadi. Allah pasti akan memberi petunjuk bila tujuan kita itu baik, Beliau pasti akan membuka pintunya bila anda mulai BERTINDAK saat ini.

Raldi Artono Koestoer – 21 Jan 2014.-

Wawancara Tabloid NOVA

Tabloid Nova datang ke ‘kandang’ kami di kampus UI Depok. Diskusi dan tanya jawab tentang :

PEMINJAMAN GRATIS INKUBATOR BAYI

berlangsung selama dua jam.

Video diambil ditengah wawancara. Jadi tokohnya ada empat yaitu:
1. Raldi (saya sendiri)
2. Ibnu Roihan (Rehan) – asisten
3. Ade Riyani HMK – jurnalis Tabloid NOVA
4. Adrianus Adrianto – Photo Journalist NOVA

Semua hepi foto2an…

Guru Besar Prof Alhamid

Pengukuhan Guru Besar FTUI

Telah dikukuhkan sebagai Guru Besar Fak Teknik UI oleh Pejabat Rektor UI Prof M. Anis pada hari Rabu 15 Jan 2014

Prof Dr Ir Muhammad Idrus Alhamid

dengan pidatonya yang berjudul

Solar thermal cooling system, upaya pengurangan polusi udara dan penghematan energi.

Bertempat di Balai Sidang Universitas Indonesia

Bumi diguncang, sangkakala ditiup…awas bentar lagi…

 

HVACR Int Workshop

HVACR Int Workshop

International Workshop on HVAC&R

 

Jan. 9-10, 2014, University of Indonesia, Depok Campus

This workshop is prepared to strengthen research collaborations and student exchanges between two universities, by exchanging information onresearch activities and educational programs on the HVAC&R field.

January 10 (Friday)

09:00 – 09.15 Opening

09:00 – 09.30 Introduction of Educational Programs and Kookmin University (Prof. Han)

Introduction of University of Indonesia (Prof. Alhamid)

09:30 – 11:30 Opening Introduction of Research Topics

Presentation on Current Research Topics (10 min each) from :

Kookmin University, Universitas Indonesia, Universiti Teknologi Malaysia,

University Technology Hussein Ons Malaysia, University of the Philippines.

11:30 – 12:30 Friday Prayer

12:30 – 13:00 Lunch

13:00 – 14:00 Presentation on Current Research Topics from student (10 min each)

14:00 – 16:00 Lab. Visit

16:00 – 17:00 General Meeting for MOU between UI and KU

Progres Inkubator Bayi 2014

Program Peminjaman Gratis Inkubator Bayi
Progres awal 2014

Dengan akan dibukanya Agen Peminjaman Gratis di beberapa kota
di pulau Jawa, pada bulan januari 2014 akan
DIHIBAHKAN beberapa inkubator bayi untuk agen baru.

Alat yg dihibahkan adalah:

1 unit inkubator bayi tipe Grashof seri D-01 s/d D-04 (Disain Produk FTUI)
1 unit Timbangan bayi
1 unit Termometer digital utk kabin bayi
1 unit Fototerapi single tipe FTA 01 s/d 03 (Disain Produk FTUI)

Beberapa agen yang akan dibuka

1. Agen SEMARANG kordinator relawan ibu Anggorowati <aangham@gmail.com>
2. Agen MAGELANG kordinator relawan ibu Heni Setyowati <henisetyowatiakper@gmail.com>
3. Agen MALANG kordinator relawan Bpk Totok Wahyudi <a3_wahyudi@yahoo.co.id>

Nomor HP menyusul.

Agen lama (th lalu)

4. Agen Pemalang kordinator relawan Bpk Suwarso ( no Hp +6285747394768).

Tgl 12 Jan pak Totok (dari Malang) akan ke Jakarta sekaligus akan kami serahkan paket tsb diatas.
Tgl 16-17 Januari kami akan ke 3 kota Jateng untuk mengantar 3 paket unit hibah.

Mohon bantuan doa dari bapak ibu sekalian agar kegiatan sosial kesehatan
yang kami sebut Socio-Technopreneurship ini bisa berjalan dengan lancar, sesuai
dengan target kami untuk membuka agen di 34 provinsi seluruh Indonesia.

Terimakasih pada beberapa alumni dan dosen serta ortu bayi,  yang telah memberikan donasinya,semoga Allah memberi balasan yang terbaik dan  berkah. Lihat di http://koestoer.wordpress.com/pengabdian-masyarakat/donasi-wakaf-inkubator/

Salam.

======================
Raldi Artono Koestoer
…Menyelamatkan satu nyawa berarti menyelamatkan semuanya…

http://koestoer.wordpress.com/bayi-prematur/inkubator-bayi-gratis/

======================

Mevlana Exchange Program of Turkey

To Whom It May Concern;

This letter is related to the Mevlana Exchange Program which is supported by Turkish Government on behalf of Sirnak University, Turkey.

Mevlana Exchange Programme is a programme which aims the exchange of students and academic staff between the Turkish higher education institutions and higher education institutions of other countries. With the regulation published in August 23, 2011, students and academic staff exchange between Turkish higher education institutions and higher education institutions of other countries has been possible.

Students may study abroad for one (minimum) or two (maximum) terms and academic staff may lecture abroad from one week (minimum) to three months (maximum). Accordingly, students and academic staff from any country may benefit from this programme being hosted by Turkish higher education institutions in order to study or lecture.

The original name of Mevlana, from whom the name of the programme is inspired, is Muhammed Celaleddin. Mevlana was born in 1207 in Belh of Horasan district that is now in the border of Afghanistan. The name “Mevlana” was used by Sultan Veled, Şems-i Tebrizi and his lovers, and virtually is a universal symbol which identifies with him. Also, he is known as Rumi by the western people. Mevlana lived in the 13th century, but as a sufi who got beyond the ages with his works, did not make any discrimination between people as indicated in his verse “Come, come whoever you are”. As well as his mercy, voluntary and unlimited humanity, he had endless tolerance and he impressed not only the world of Islam but also the whole humanity. He is accepted worldwide as an intellectual with his point of view to the people and life. UNESCO, due to the 800th anniversary of Mevlana’s birth, declared the year 2007 as Mevlana and Tolerance year.

Let us introduce you our university, Sirnak University. Sirnak University is founded by Turkish Government in 2008 in the city of Sirnak as a state university which is located on a historical province where Turkey and Mesopotamia has combined. It is new, dynamic and promising university with 2,547 students and 250 administrative and academic staff. Theology Faculty, Engineering Faculty, and Faculty of Economics and Administrative Sciences are three faculty of undergraduate education of Sirnak University. Moreover, Theology Faculty has its own master program.

We would like to exchange our students to improve cultural diversification between two countries, to advance academic improvement of our students, and to allow them utilize living in different a country.

We believe that in this global world, our students may take advantage of academic excellence, research and social opportunities of your university, and improve their academic level and social progress.

Due to the level of English Language proficiency of Sirnak University students is high enough to allow them to study and research in a foreign country, we thereby certain that you will be satisfied with/by their academic excellence.

If you have any further questions feel free to contact me at

Şırnak University

Şırnak 73000

Turkey

Yours faithfully,

Research Assistant Fatma Aydın
mevlana@sirnak.edu.tr
The Coordinator of Mevlana Exchange Program in Faculty of Theology

-0-

Tersedia pamfletnya 22 hal pdf, mereka yang minat silakan klik

http://Rapidshare.com

Sign in username Raldi, password Raldi, silakan mendownlad mevlana pamphlet.pdf

Matanya Mendelik…

On 30-12-2013 08:59, Irfan djunaedi djunet wrote:

Aslmkm pak raldi… Selamat pagi…

Mungkin ketika bapak baca email ini saat pagi ato siang atopun sore, tapi saya paling suka dengan pagi karena di pagi hari lahh segala sesak semalam bisa hilang..di pagi hari lahh segala harapan dapat dimulai bersamaan dengan jatuhnya embun… Semoga keberkahan bisa meliputi kita semua…

Saya mohon maaf belum bisa merealisasikan silaturahmi ke tempat bapak…insya allah setelah tanggal 5 jan 2014 saya mohon kesediaan bapak untuk meluangkan waktu, karena saya tahu pak prof kan banyak yang nyari secara pernah muncul di tipi sebagai artis dadakan _(just kidding pak prof)…_

Progress untuk saat ini sudah dapet 4 orang yang mau bergabung untuk infant incubator. Dan satu pertanyaan dari mereka “rencana mau kayak gimana junet?” Saya bingung mau jawabnya…sementara saya jawab “kita akan mengumpulkan dana sebesar 3 juta rupiah untuk membuat 1 unit infant incubator”. Dengan jawaban seperti ini mereka malah mengerutkan dahinya dan matanya mendelik keatas kayak org bingung,,,heheheh

Bisa bapak ngash advice??ato haruskah saya membuat proposal untuk diajukan ke bapak selaku yang punya program?? Klo emang harus buat proposal, bisakah saya dikirmkan satu sample proposal yg pernah masuk ke pak prof?? Mohon pencerahanya pak prof…

JAWABAN.-

Gw ketawa cekikikan baca surat lo...

Untung msh pagi dan sbg pengangguran sy ada waktu buat mbales.

1. ada orang itu yg utama...

2. ada tempat gak buat narok 1 atau 2 inkubator

3. Kalo ada disana t4 nya, nah saya kasi satu inkubator (se akan2 buat modal kerja)

4. Nah...udah ada kan...terserah deh mau diapain...dibongkar juga boleh...

5. Kalo inkubator itu nganggur kan gak enak...jadi cari deh pasien...alias bayi2 yg nangis kedinginan.

6. Rasain dulu deh...bgmn nylametin bayi prematur BBLR dll...ntar baru mikir mau gmn ngembanginnya.

Smtr itu dulu ya..

Makasih...

Penyembuhan Flu

Sesungguhnya bila anda terkena flu, maka yang sedang terjadi adalah proses penyembuhan itu sendiri. Tubuh sedang melawan sampah metabolisme dari makanan yang tak berguna dan yang berkelebihan di tubuh anda. Jadi justru jangan minum obat karena efeknya hanya sementara malah menghambat proses alamai penyembuhan dari tubuh anda sendiri.

So…Kalau begitu apa yang harus kita lakukan bila terkena flu. Nah…ini kiatnya untuk kita jalankan agar proses penyembuhan itu terbantu.

a. jangan makan Bila kita menderita flu, selera makan kita berkurang bukan? Sesungguhnya tubuh sudah memberitahu kita bahwa “jangan makan”. Proses pencernaan makanan akan menghabiskan banyak konsentrasi dan energi sehingga tubuh tak punya kesempatan untuk menyelesaikan tugasnya mengeliminasi racun.

b. hanya minum air Bukan jus buah, apalagi kopi atau teh. Jika kita haus, minumlah secukupnya saja. Jangan memaksakan diri minum terlalu banyak karena hal ini juga akan membuat tubuh kecapaian.

c. tidur Matikan semua televisi, musik, lampu, telepon dst, dan tidurlah dengan nyenyak. Tidur dengan nyenyak selama sekurangnya 6 jam akan membuat tubuh memiliki kesempatan mengeliminasi segalanya dengan baik. Jika bisa 12 jam tentu akan lebih baik. Bagaimana kalau meditasi? Tentu akan lebih baik lagi karena keadaan meditatif membuat tubuh memiliki kesempatan melakukan pemulihan diri lebih cepat.

d. Sederhanakan semuanya Sekalipun banyak persoalan atau masalah yang harus kita pikirkan dan kita atasi, prioritaskan kesehatan Anda. Setelah sembuh, kita akan dapat mengerjakannya dengan lebih baik dan lebih efektif.

Teks lengkapnya saya ambil dari milis FC (Food Combining). Dan tahukah anda bahwa saya sudah mempraktekkannya sejak lama. Bahkan sudah… 13 tahun. Lama juga ya ? Tahu apa akibatnya ?

SAYA JADI TIDAK PERNAH TERKENA FLU…

Mungkin terlalu sombong untuk berkata seperti itu, jadi saya ralat agar lebih moderat ‘ Saya jarang kena flu…’

Setuju kan ? Setahun paling sekali… Tuh…hebat kan ? Saya syukuri hal ini sebagai karunia Allah SWT. Nikmat sehat hanya bisa dirasakan oleh orang sakit. Utamanya adalah mohon dulu pada Allah…Lalu beliau akan membuka pintu hati, akibatnya terbukalah pintu pikiran dan logika kita, Baru TINDAKAN dimulai…Yakini dan KERJAKAN. Niscaya tubuh anda akan jadi sehat. Dengan demikian maka sesungguhnyalah Kesehatan kita datang dari Allah.

Mungkin ada manfaatnya juga bila anda mengetahui paradigma kesehatan saya. Bisa dilihat di artikel berikut:

http://koestoer.wordpress.com/2008/01/02/sudah-7-tahun-tak-pernah-minum-obat-benarkah/

(Raldi 241213)

Sembuh dari Saraf kejepit L4 L5

Info ini saya ambil dari kata pengantar bukunya LKH judulnya Bala Sanggrama. Lebih tepatnya saya salinkan dari paragraph yang berhubungan dengan penyakit saraf kejepit itu.
“Saya berangkat berobat menemui Dokter Michael Triangto di RUmah SAkit Mitra Kemayoran, Jakarta Pusat. Dokter yang amat ramah ini menyimak dengan penuh perhatian ketika saya mengutarakan keluhan saya. Sebelumnya say a membayangkan untuk sembuh harus dilakukan tindakan operasi yang bila gagal akan menjadikan saya paraplegia, selanjutnya saya harus menikah lagi dengan kursi roda, bukan main,
Ternyata obatnya saya disuruh telentang di lantai, kaki digerakkan kearah sana kearah sini …, sembuh dalam 2 minggu, sembuh total dalam sebulan. Orang-orang dengan kasus mirip, saya ajari gerakan senamnya, ternyata salah.”
Kata dokternya setiap kasus beda penanganannya.
Nah buruan deh ada ahlinya tuh di RS Mitra Kemayoran. Daripada jalan tertatih-tatih dan kesakitan lebih baik segera konsultasi ke dokter tersebut diatas.
Untuk anda yang menderita saraf kejepit saya doakan anda segera sembuh dengan membaca tulisan ini. BTW saya orang yang kurang setuju dengan tindakan operasi, karena akibatnya sering jadi lebih parah.

Produk DN vs LN

Terjadi persaingan dan pertempuran antara produk nasional dengan produk luarnegeri. Petarung dari produk DN diwakili oleh produk tradisonal BATIK. Sedangkan produk LN diwakili oleh jas dilengkapi dengan dasi. Walaupun petarungnya orang melayu juga tapi produknya dari LN.
Tentu saja pertarungan dan persaingna ini dimenangkan oleh produk dalam negeri…Anda tahu mengapa ?
Karena produk Dalam Negeri diwakili oleh

BATIK MILITER

Ha…ha…ha… Lihatlah dalam video 2 menit ini kelihatan Batik Militer memang sangat PD sekali dalam berrtarung, sampai tangan petarungnya menari-nari kesana kemari tanda optimis dan yakin akan produk dalam negeri yang akan berkiprah di negeri sendiri.

http://youtu.be/XfeqPZ8VagA

Bayi Prematur Mandi

Bayi prematur bernama Karima Azmya lahir tgl 21 November 2013 dengan berat hanya 1600 gram (BBLR Berat Bayi Lahir rendah). Atas bantuan program Pengabdian Masyarakat DTM-FTUI  orang tua bayi mendapat pinjaman gratis inkubator bayi untuk di rumah. Dengan demikian bayi mendapat perawatan intensif dari ibunya dan juga mendapat asupan ASI langsung, terlihat bahwa bayi menunjukkan tanda sehat dari gerak-geriknya. Tinggal lagi perlu dinaikkan berat badannya. Bantuan inkubator sangat bermanfaat karena dengan begitu bayi bisa tidur nyenyak tidak kedinginan dimalam musim penghujan yang kadang untuk bayi prematur masih terlalu dingin.

Bayi anda perlu bantuan inkubator ?

Kontak saja dengan SMS :

Tim Inkubator UI   + 62 857 958 760 13

Atau email saya : koestoer@eng.ui.ac.id

Inkubator Grashof buatan FTUI yang khusus untuk digunakan di rumah. Hemat Energi hanya 40 Watt, enteng portable hanya 13 kg. Bayi prematur sangat nyaman didalam inkubator dirumah dalam pengawasan ibunya.

Lihat bayi prematur didalam inkubator Grashof.

Unpatented Grashof-Incubator

The most simple to manufacture, the easiest transportable, the most suitable for Indonesian baby and tropical weather,

…ever…

Grashof Incubator definition and specifications

This simple incubator is addressed to help a marginal people who has limited acces to the hospital due to their incapability to pay hospital admission fee and others. So it should be suitable for home incubator without any air-conditioning system.

Grashof-incubator from University of Indonesia, unpatented-incubator

Using the principle of radiation, natural convection and natural circulation, the heat transfer, from the bulb lamp of 40-60 Watts,  can circulate naturally the airflow from the bottom fresh-air through the holes traversing the heating chamber upward to the baby’s cabin. After containing the cabin with the warm air, the air continue flowing to the outlet in the upper-side of cabin. With constant circulation of air, the temperature remain slightly inferior of  the human body temperature. Uniform laminair flow occurs due to the plate with many hole allowing hot air circulate naturally.

Upper part of the incubator made by acrylic with the thickness of 5 mm. Accesed to the cabin to place the baby, is located  in the opposite part of heating circulation. Bottom part of the incubator made of wood as a preference material. But other with lower thermal conductivity could also be used. Namely the most silent because there is no fan used in the system as a consequence there will be no device produce noise. Such a condition make the baby sleep tranquility.

The lightweight of the incubator around 15 kg in total become the most easiest portable and transportable equipment (the latest 12.5 kg only). The energy supplied has already been tested for Indonesian tropical weather. In certain  location in the mountain region, it shoud be better with 60 Watt bulb heater, that could be found anywhere in the elecrical shop and it is very cheap one.

Volumetric overall dimension should not exceed 50x50x60 cm3. A device of cut-off thermostat installed to keep the incubator in safety condition anytime anyplace.

Unpatented Grashof-incubator allow other Indonesian people can make it for an objective to assist marginal or poor community especially in the region far from the big cities or remote island. Utilisation outside Indonesia can be afforded only after discussion and consultation with the thermal group of University of Indonesia.

The newest design, the most natural, the most silent, the most cheapest, the most portable, the most saving-energy, of an infant-incubator for pre-emmies baby born, have already been, so far,  used since january 2012. And saving more than 60 babies around Jabodetabek to Bandung, with 100% succes without any problem under the university program of community services.

Any Indonesian can make it, can manufacture,  can even produce massively WITHOUT ANY PERMISSION. Everybody is free to get get benefit and get profit from Grashof-Incubator. The most important thing is… this equipment can save the Indonesian baby, warm them, give them alive. Make them healthy, make mother feel secure and save with no stress. With such a manner the  baby can recover the normal condition and stay healthy under the mother-supervision at home with love and care.

(Raldi, 11 December 2013)

-0-

Free home-incubator  services for Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi

http://koestoer.wordpress.com/2013/11/02/untuk-34-propinsi-peminjaman-gratis-inkubator-bayi/

Award untuk Wirausaha Muda

Program Shell Live-WIRE  ini memiliki semangat untuk menumbuhkan jiwa wirausaha di kalangan anak muda Indonesia, membantu mengembangkan usaha yang telah mereka mulai dan sekaligus memberikan penghargaan atas usaha yang telah dikembangkannya. Sejak tahun 2003 hingga 2012, sudah lebih dari 5.000 anak muda yang mengikuti pelatihan Shell LiveWIRE.

Sementara itu, 3.043 wirausaha muda di Jawa dan Bali tercatat telah mendaftar pada ajang kompetisi wirausaha muda pemula Shell LiveWIRE Business Start-Up Awards sejak kompetisi tahunan ini dilakukan pada 2006.

Parade foto

http://youtu.be/t-JLC9eUUUo

Para kandidat after dinner

Tari Saman

Para pemenang

Lihat juga COACHING nya di:

http://koestoer.wordpress.com/2013/12/04/shell-livewire-business-start-up/

Social Invesment Manager PT Shell Indonesia Anita Setyorini, dalam penjelasannya kepada wartawan di Jakarta, Kamis (5/12), mengatakan, untuk pertama kalinya, pada BSA 2013 ini, Shell Indonesia memilih pemenang untuk kategori ecopreneur dan sociopreneur.

Para pemenang adalah Ari Yudianta (Glugu Wood Art), Fajar Ciptandi (Dwaya Manikam), Ibnu Hari Wibowo (Pizza MiniQu), Mega Siswindarto (Frozzie), Maulana Nuril Huda (Pupuk Bio Agens), Massinangling Gumelar (Mie Padang), Ronaldiaz Hartantyo (GrowBox), Rian M Noor Suwari (Sundanesia Bajogoer & Bandrek Ice Cream, Surya Darmadi (Bamba Media), Yanuar Pratama Firdaus (Spice & Spaces). Sementara dua orang wirausaha muda lainnya yaitu Puriyani Hasanah (Popons Nursery) dan Fajar Ciptandi (Dwaya Manikam) berhasil meraih penghargaan khusus yaitu ecopreneur award dan sociopreneur award.

Kesepuluh pemenang Shell LiveWIRE BSA 2013 mendapatkan hadiah dana masing-masing sebesar Rp. 25 juta per bisnis untuk pengembangan usahanya. Sementara dua pemenang untuk kategori khusus Ecopreneur dan Sociopreneur Award mendapatkan hadiah masing-masing Rp10 juta per orang. Para pemenang nantinya juga akan mendapatkan pelatihan dan bimbingan bisnis serta publikasi media.

“Mereka berhasil dijaring dari lebih 350 orang pemuda usia 18-32 tahun pemilik usaha yang telah berhasil menjalan usahanya antara 3-24 bulan. Tahun ini, jumlah peserta terbanyak datang dari wilayah Jabodetabek yaitu sebanyak 86 peserta, disusul Bandung (52), Surabaya (45), Sleman (24), Yogya (18), Malang (16) dan sisanya berasal dari daerah lain di Pulau Jawa,” katanya. (Singgih BS)

Artikel disalin dari Suara Karya 08 Des 2013.-

Profil finalis, ada di

https://docs.google.com/file/d/0B1iWD6BwNcgRcEt6Y3NCb0Z1M1k/edit

Guru Besar FTUI Sigit dan Herman

Pengukuhan Guru Besar FTUI tanggal 04 Desember 2013

Pertama:

Prof Dr Ir Sigit Pranowo Hadiwardoyo DEA

Dengan judul pidato: Pemberdayaan Audit Kelayakan Jalan untuk Mengoptimasi Peran dan Fungsi Jalan dalam Meningkatkan Perekonomian Nasional.

Dari Dep Teknik Sipil.

Kedua:

Prof Dr Ir Akhmad Herman Yuwono M Phil Eng

Dengan judul pidato:  Peranan Riset Nanomatarial semikonduktor oksida di bidang Energi dan Lingkungan untuk Mendukung Ketahanan Bangsa Indonesia.

Dari Dep Teknik Metalurgi dan Material.

Mereka adalah Guru Besar yang ke 48 dan 49 di FTUI. Sebenarnya sih 50 dan 51 tapi kata Prof nandy ada yang baru pensiun, jadi berkurang deh jumlahnya.

Lihat foto dan video pengukuhan yang diambil oleh seorang jurnalis independen (non-partai).

Shell LiveWIRE Business Start-Up

Penganugerahan bagi wirausaha muda Indonesia yang mengikuti program Shell LiveWIRE, PT Shell Indonesia bersama ini mengundang Bapak untuk hadir pada acara “Shell LiveWIRE Business Start-Up Awards 2013”  diselenggarakan pada:  Rabu, 4 Desember 2013 Hotel Mandarin Oriental – Ruang Diponegoro, Jl. M.H. Thamrin.

Dalam acara ini, PT Shell Indonesia  memberikan penghargaan kepada 10 orang wirausaha muda pemula yang kreatif memanfaatkan peluang dan piawai manfaatkan kemajuan teknologi informasi. Program Shell LiveWIRE telah dijalankan di lebih dari 25 negara dan telah membantu mengembangkan lebih dari 2.800 bisnis baru serta menciptakan lapangan kerja bagi 8,900 tenaga kerja.Di Indonesia, Shell LiveWIRE merupakan bagian dari program investasi sosial Shell Indonesia yang telah berlangsung sejak tahun 2003.

Coaching   –   Socio-Technopreneurship

Program ini memiliki semangat untuk menumbuhkan jiwa wirausaha di kalangan anak muda Indonesia, membantu mengembangkan usaha yang telah mereka mulai dan sekaligus memberikan penghargaan atas usaha yang telah dikembangkannya. Sejak tahun 2003 hingga 2012, sudah lebih dari 5.000 anak muda yang mengikuti pelatihan Shell LiveWIRE.

Coaching – Belowcepekdotcom

Sementara itu, 3.043 wirausaha muda di Jawa dan Bali tercatat telah mendaftar pada ajang kompetisi wirausaha muda pemula Shell LiveWIRE Business Start-Up Awards sejak kompetisi tahunan ini dilakukan pada 2006.

DAFTAR PESERTA TAHAP FINAL
SHELL LIVEWIRE BUSINESS STARTUP AWARDS 2013
No Nama Usaha Bidang Usaha Regional
1 Puriyani Hasanah Popon’s Nursery Pertanian Jabodetabek
2 Ibnu Hari Wibowo Pizza Mini Qu Makanan Jabodetabek
3 Richard Indonesia Mural-art Mural sebagai desain interior dan campaign; serta produk-produk seni Jabodetabek
4 Surya Darmadi Bamba Media Pengembang Software Edukasi Anak-anak Jabodetabek
5 Ronaldiaz Hartantyo Growbox Creative Agriculture Jabar
6 Yanuar Pratama Firdaus Spice & Spaces Makanan dan Produk masak Jabar
7 Fajar Ciptandi Dwaya Manikam Kerajinan Tekstil dan Fashion Jabar
8 Rian M Noor Suwari Sundanesia “Bajigoer & Bandrek” Ice Cream Makanan Jabar
9 Meinar Dyan Muslimah CIRCA Kerajinan dan makanan Jabar
10 Ari Yudianta Glugu Wood Art Kerajinan dan mebel Jateng
11 Massinagling Gumelar Mie Padang Makanan Jateng
12 Arief Rahadian Sugiharto CV. Prima Rosandries (asap cair dari tempurung kelapa) Barang aromatik/penyegar (minyak atsiri), Barang farmasi bukan apotek, obat-obatan pertanian Jatim
13 Maulana Nuril Huda Bio Agens Pertanian Jatim
14 Mega Siswindiarto Frozzie Kuliner Brownies beku Jatim
15 Mohammad Azizi Bandeng MENTARI Makanan ( frozen fish ) Jatim

Etika Medik Dokter Masa Kini

Oleh : Dr Hendrawan Nadesul

-0-

Dari  Ali Riza Hassan Facebook ………..Tulisan Dr.HANDRAWAN NADESUL…

-0-

Di negara2 lain ada Aturan BATAS JUMLAH PASIEN PER HARI.
Di negara kita, TIDAK ada aturan ttg BATAS itu.
Muncul kasus malapraktik, disebabkan pasien bertemu dokter
yg TIDAK RAMAH (misconduct).
Ketika rakyat perlu, INDUSTRI MEDIK malah TERUS MENEKAN.

Sbg dokter, tak patut bila karena potret buruk, cermin dibelah.

Karena profesi dokter masih dipagari oleh etika profesi, maka
posisi saya (sbg seorang dokter) menjadi SERBA-SALAH.

Jadi:
1).PERLU diadakan “PRAKTIK-BERSAMA” (bukan karena uang)
….agar berlangsung proses tilik-sejawat (peer review)
….sehingga kekuasaan dokter menjadi ADA BATAS-nya..

2).Sistim kesehatan NEGARA sudah saatnya meng-GRATIS-kan
….setiap warga negara.

3).Pendidikan ETIKA MEDIK harus menjadi MODUL TERSENDIRI
….bagi SETIAP CALON DOKTER.

4).Rakyat juga harus makin pintar sehat, makin kritis & skeptik,
….agar berkuranglah kekuasaan dokter.
….Artinya, dokter TIDAK berani berpraktik seenaknya lagi.
….Kekuasaan dokter perlu dibagi untuk hak pasien.
….Hukum kedokteran sudah saatnya ditegakkan.

Meski tidak setiap kasus yg merugikan pasien adalah KESALAHAN
PIHAK MEDIK, dan walau masih banyak dokter yg baik…..
tetapi jika perubahan di atas tak terjadi, malu aku jadi dokter Indonesia.

http://cetak.kompas.com/…/malu.aku.jadi.dokter.indonesia

cetak.kompas.com

Korban dr Ayu ternyata Perawat

Amank U R.-

To : perawat ∂άή Bidan seindonesia Temen2, tersadarkan tidak? Kalo qta terlalu ikut2an berpartisipasi n mendukung dokter? Trmasuk saya. Stlah saya ketahui di TV one tadi pagi, trnyata korban pasien partus sesar yg meninggal di manado itu adlh seorang “perawat” . Hoalaahh,, seorang perawat meninggal gara2 nego keuangan yg tdk mencukupi, jd tindkn oprasi di tunda2.Mereka yg demo itu dokter2, ( IDI ) memperjuangkan tidak ♏ɑ̤̈Ʊ ã∂a̲̅ Йчɑ̈ HUKUM klo ã∂a̲̅ tindakan malPraktek,atau hal2 buruk Yªήğ sgt mgkin terjadi pasca operasi/perawatan.ko minta bebas hukum didukung? mereka kompak, knpa qt hrs dukung dokter, kalo qta demo para perawat/bidan ,bidan ptt minta haknya , dokter2 dukung qt Ώĝªªќ>:/ kan? Kyanya slama ini profesi qta sbg perawat sllu tertindas dan dibawahi dokter,sll mnjadi kacung,bukan patner bhkan undang2 pun tdk urung muncul!Waduuhh kaynya qta smw banyak terkecoh nih ,, ayo qt smw ssma prawat/bidan yg hrs kompak! Lnjutkan βяoαϑcαsT klo peduli

  • Herman D:  Saat perawat terkena sanksi para dokter diam ja,. Saat perawat mengajukan RUU keperawatan, petinggi dr dokter jg g da tanggapan sama sekali, malah mengajukan penolakan jika RUU disahkan,. Knp saat ini saat dokter mengalami sanksi baru mengajak kita perawat n bidan??? Dimana kesombonganmu yg dlu??? Saat ada slh satu dr kami perawat n bidan mendirikan tempat praktek kalian bilang ilegal lah, bukan saran dokter lah,.Emg saat ini kemenkes rata2x dokter yg menguasai, tp sudah bijak kah yg anda lakukan?? Secara 24 jam siapa yg menangani pasien di rumah sakit??? Kami tdk buta dan kami tdk bodoh,.Saat dr kami para bidan trsangkut kasus aborsi anda hanya bsa bilang, bidan praktek drmah hanya bisa aborsi untuk sampingan na,.Jika saat ni apa yg anda rasakan, kami juga rasakan tp jika memang anda seorang dokter tlg hargai juga pekerjaan kami sebagai seorang perawat dan juga bidan, jangan anggap anda punya uang lalu berkuasa,. O tdk,. Bayangkan aja jika d rmah sakit tnp ada perawat dan jg bidan??Terimakasih dan tlg dicermati serta emansipasi,. Saat kita berdemo menuntut keadilan, adakah dokter yg ikut berdemo utk keadilan perawat dan bidan, bahkan pemegang manejement rumah sakit yg rata2x adalah dokter sdh sesuai kah dengan gaji kita sebagai seorag perawat dan bidan??? Mereka dtg lihat pasien plg,. Dgn gaji yg lumayan, sedangkan kita 24 jam dgn bayaran lebih kecil drpda buruh,. dan ketika bidan hanya membuat sebuah kesalahan kecil dg lupa belum mengambil tampon setelah persalinan n kemudian periksa ke dr spog n dia menyatakan infeksi lalu menyuruh pasien tersebut menuntut bidan itu ke rana hukum hingga membuat trauma yg mendalam buat bidan tersebut lalu bidanpun mengasingkan diri dg pindah kota n melepas profesi serta meninggalkan tempat prakteknya .. Mana solidaritas dr spesialis tersebut ???
  • An Kiss:  Bagaimanapun kita lebih mulia dan lebih pinter dr dokter2 BEGO yg ikutan demo itu. Gag ada sejarahx perawat mogok krja hny krn sstu hal. Krn kita sbg nakes bener2 memegang sumpah bahwa kesehatan pasien adl yg utama. Aplg selama ini yg paling dekat n paling tau kondisi pasien adl kita, PERAWAT. Setuju
    -0-
    UNTUK PERAWAT :
    Peminjaman inkubator bayi gratis utk di rumah, klik saja
    -0-

    Meski Belum Spesialis, dr Ayu Kompeten Lakukan Operasi

    Penulis : Rosmha Widiyani | Sabtu, 30 November 2013 | 08:44 WIB
    Dibaca: 23459
    Komentar: 115
    |
    Share:

    wikimediacommons

    Ilustrasi dokter

    KOMPAS.com — Isu yang berkembang dari kasus dr Ayu juga menyoal kompetensi dokter spesialis kandungan bernama lengkap Dewa Ayu Sasiary Prawani (38) ini saat melakukan tindakan bedah caesar. Meski belum menjadi dokter spesialis kandungan saat melakukan operasi bedah caesar pada 2010, dr Ayu sudah berkompeten melakukan tindakan tersebut. Saat tindak operasi berlangsung pada April 2010, dr Ayu menempati posisi chief resident.

    Chief resident dalam dunia pendidikan kedokteran berarti yang bersangkutan mampu melakukan tindak operasi secara mandiri bergantung pada spesialisasi yang diambil.

    “Dalam posisi tersebut, dr Ayu sudah memiliki surat izin praktik (SIP) namun masih untuk tingkat fakultas dan universitas. Seorang dokter tak mungkin melakukan operasi bila tidak memiliki SIP,” kata Sekertaris Jenderal Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng Muhammad Faqih saat dihubungi Kompas Health, Jumat (29/11/2013).

    Posisi chief resident, jelas Daeng, hanya bisa diperoleh bila seorang calon dokter mampu melalui tiga tahap sebelumnya dalam pendidikan kedokteran. Posisi ini sekaligus mengindikasikan calon dokter tersebut akan lulus dalam waktu dekat dan berhak menyandang status sebagai spesialis.

Celotehan Mhs Kimia

Artikel ini merupakan salinan dari sebuah blog mahasiswa Teknik Kimia. Nanti dibawah anda bisa lihat addressnya.

-0-

Celotehan Prof. Raldi – Kapsel 5 September 2013. Kamis, 5 September 2013 di gedung K301 diadakan kuliah Kapita Selekta yang diadakan oleh Teknik Mesin Universitas Indonesia, dengan tujuan memahami permasalahan industry dan permasalahan yang dihadapi secara umum; mata kuliah ini tidak memiliki mata kuliah prasyarat pengambilannya, sehingga bisa diikuti oleh mahasiswa Teknik Mesin, Teknik Perkapalan, Teknik Kimia UI, yang sudah menginjak semester 2 keatas. Kamis ini pembicaranya adalah Prof. Dr. Ir. Raldi Artono Koestoer, DEA; ia adalah Guru Besar di Departemen Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Indonesia yang berkeahlian di bidang Konversi Energi. Seperti kebanyakan dosen Teknik Mesin, ia juga dosen yang suka humor dan berprestasi, dan sudah banyak bisnis teknologinya (teknopreneurship).

Tema yang dibahas kali ini cukup banyak, karena ini seperti celotehan dari Prof Raldi untuk penerus bangsa Indonesia ini. Tema pertama adalah tentang seni musik dalam kegiatan akademik. Sebagai orang yang suka musik Beliau menunjukan kepada kita para mahasiswa bagaimana peraturan main di penampilan musik klasik, kami para penonton harus datang memakai jas (berpakaian rapi) dan datang tidak boleh terlambat, karena pintu masuk ruang acara akan ditutup sampai penampilan berakhir, dan disaat permainan berlangsung para penonton harus diam untuk mendengarkan musik klasik yang dimainkan tanpa bantuan mic ataupun alat elektronik lainnya, suara musik ini sudah cukup diperbesar dengan bantuan perlengkapan di belakang pemain gitar klasik tersebut. Beliau bercita-cita dari saat remaja sebagai pemain band tetapi cita-cita beliau tidak sama dengan kehendak orang tuanya yang ingin beliau menjadi seorang engineer, walaupun begitu ia tetap bisa melakukan keduanya, walau diwaktu yang berbeda. Inti yang dimaksudkan oleh Prof. Raldi adalah jadilah apa yang menyenangkan diri Anda (bisa saja berkembang di akademik dan bisa juga di luar akademik); dan bercita-citalah sebesar-besarnya karena dengan disertai doa dan usaha, cita-cita kita akan terkabul disuatu saat nanti karena hanya Tuhan lah yang tahu waktunya. Komentar pribadi, saya setuju dengan apa yang dikatakan oleh Prof. Raldi dan ingin menambahkan tentang Tuhan akan memberi pada waktu yang tepat.

Tema kedua adalah tentang pesan kapita selekta ini adalah writing with blogging. Karena jaman sekarang ini teknologi sudah maju, maka nilai edukasi / akademis itu bernilai jika tertulis dalam suatu yang bisa dibaca oleh umum (baik buku, blog, koran). Beliau juga seorang blogger yang cukup aktif. Inti yang diberikan : tulislah apa yang bisa kita sharingkan kepada orang lain sehingga orang lain juga mengetahui kesalahan-kesalahan maupun keberhasilan-keberhasilan yang kita buat dan sudut pandang lain atau baru tentang suatu permasalahan. Komentar pribadi, saya juga dulu sering blogging, tetapi lama kelamaan hal itu berkurang dan sekarang dimulai dengan hal ini saya akan mulai post hasil kapita selekta setiap minggunya.

Tema ketiga adalah dunia bisnis dan profesi untuk Indonesia masa depan dan energy Indonesia tahun 2030. Beliau mengungkapkan kesalahan Indonesia dalam masalah pemerataan penduduk dilihat dari jumlah energy listrik yang didistribusi 80% adalah untuk Jawa, Madura, Bali dan sisanya baru ke lainnya. Diharapkan pemerataan ini dimulai dengan pemaanfaatan energy geothermal yang belum dimaanfatkan oleh Indonesia, yang sebagaimana kita ketahui Indonesia adalah termasuk Negara yang dilewati oleh ring of fire. Beliau juga mengungkapkan tentang dana APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) untuk EBT (Energy Baru dan Terbarukan) tahun 2006 hanya 3% dan sampai tahun inipun masih bernilai yang sama. Diharapkan oleh beliau Indonesia dimasa yang akan datang bisa menyamakan nilai dana EBT sama dengan kebutuhan untuk minyak, batubara dan gas; agar Indonesia bisa bertahan bahkan maju karena negara kita ini kaya akan sumberdaya alamnya. Untuk memajukan Indonesia, Indonesia membutuhkan pemimpin yang jujur (tidak korupsi) maka bawahannya juga bisa dibenarkan secara hukum, seperti Jokowi-Ahok yang sudah mempraktekannya; dan juga Indonesia memang masih dikekang oleh Negara-negara asing, hal ini dibuat agar Indonesia tidak maju, untuk mengatasi ini Pemerintah harus mengembangkan usaha-usaha dalam negeri dengan bantuan dana, maupun membeli barang produk sendiri apalagi untuk teknopreneurship itu susah sekali untuk tetap bertahan apalagi jika tidak ada yang menyediakan dana. Komentar pribadi, untuk pemerataan hal ini bisa dibuat jika Indonesia dibuat Negara bagian(maksud saya masing-masing daerah harus mampu menghasilkan dana sendiri untuk daerahnya, maka mereka akan berusaha membuat lapangan kerja dan industry sendiri agar tidak memakan dana yang besar); untuk EBT saya setuju karena dengan riset-riset memajukan EBT tersebut Indonesia bisa menjadi Negara maju; untuk pemimpin yang jujur, saya setuju juga tetapi memang lebih baik lagi jika semua orang(atasan maupun bawahan) memiliki hati yang suci dan benar; untuk memajukan wirausahawan itu sangat benar, di Indonesia menurut saya masih sangat kurang pengusaha-pengusaha yang awalnya didanai oleh pemerintah.

Pesan tambahan dari Prof. Raldi adalah masalah tepat waktu, hal ini bisa dilihat dari Negara-negara yang maju seperti Jepang, Singapur,dll. Mereka tidak pernah main-main dengan waktu, telat sedikit saja Anda bisa kehilangan kesempatan bisnis Anda. Pesan lainnya yaitu, orang kaya pasti sombong, tetapi orang kaya sekali malah rendah hati, maka dari itu kita harus rendah hati dahulu biar nanti kaya raya :)

Kritik untuk Prof. Raldi: Terimakasih sudah membuka sudut pandang baru tentang apa yang terjadi di Indonesia, tetapi jangan cepat menyerahkan masalah itu kepada kita saja, Bapak juga masih bisa membenarkan Indonesia selama Bapak masih berkontribusi di Negara ini :P

Saran untuk semua yang ikut kapsel maupun yang membaca post ini, lakukan semua yang diberitahukan Prof. Raldi, karena tujuannya baik dan bermanfaat bagi kita maupun sekitar (Negara).

 -0-
Berikut ini addressnya.
Sorry ternyata ybs mhs Mesin bukan Teknik Kimia…

Metode Kangguru untuk bayi baru lahir

Bayi baru lahir seringkali merasa kedinginan di udara terbuka karena belum cukup energinya untuk melawan perubahan suhu lingkungan yang tadinya 37 dgC didalam kandungan ibu menjadi 29-30 dgC di ruangan biasa (apalagi di ruang perinatologi 25-26 dgC atau ruang NICU 22-24 dgC). Sehingga bayi perlu dibantu dengan cara menghangatkan mereka, dan cara yang paling ampuh adalah dengan digendong didada ibunya. Bayi dengan demikian mendapatkan transfer kalor dari tubuh ibunya dan kemudian bayi merasa nyaman karena bisa mendengar dan merasakan detak jantung ibu, inilah yg disebut Metode Kangguru. Bayi yang berada di RS seringkali terpisah dari ibunya dengan demikian bayi sulit mendapatkan ASI yang secara natural merupakan asupan yang terbaik untuk bayi. Sedangkan bayi yang berada dekat atau apalagi selalu dipeluk oleh ibu, akan merasa nyaman, hangat, terlindungi dan tidak stress. Kondisi yg demikian itu amat diperlukan oleh bayi kurang bulan atau bayi prematur. Ruang NICU di Rumah Sakit seringkali mengabaikan hal ini, sehingga orang tua harus mendiskusikan sebaik-baiknya dengan petugas kesehatan yang menangani bayi.

Bayi prematur, bahkan yang sangat mungil sekalipun sebenarnya lebih membutuhkan kontak kulit dengan ibu (atau ayahnya) daripada dimasukkan ke dalam inkubator. Bukti-bukti menunjukkan bahwa metabolisme  bayi prematur (atau bayi berkebutuhan khusus) jauh lebih stabil ketika menempel/kontak kulit dengan ibu. Napas bayi lebih stabil, lebih rileks dan tenang, tekanan darahnya lebih normal, kadar gula darah serta suhu kulit mereka pun lebih baik. Semua ini terjadi jika mereka dirawat dengan metode Kangguru (Kangaroo Mother Care) yaitu melakukan kontak kulit antara ibu dan bayi hampir sepanjang hari. Bahkan ibu yang melakukan metode Kangguru ini dapat memproduksi ASI lebih banyak, ia dapat menyusui bayinya lebih segera dan bayi akan menyusu lebih baik. Sebuah dokumen dari WHO mendiskusikan hal ini panjang lebar dengan berbagai referensi. Anda dapat mengunduhnya secara gratis di   – http://www.who.int/reproductive-health/publications/kmc/text.pdf.

Anda dapat pula menunjukkan dokumen ini kepada dokter anak dan petugas kesehatan sebagai bahan diskusi.

Jadi penggunaan inkubator bayi sebenarnya merupakan alternatif disaat ibu perlu beristirahat atau mungkin perlu beberapa waktu melepas bayinya.

Bayi-bayi prematur dapat meraih payudara ibu bahkan bayi yang lahir pada usia kandungan 28 minggu sekalipun. Pada bayi prematur yang lahir di minggu ke 30 pun mereka dapat melekat dan menyusu langsung dari payudara.  Beberapa bayi (baru) yang lahir di minggu 32 bahkan dapat menyusu penuh. Menyusu penuh artinya menyusu langsung pada payudara saja, tanpa bantuan pemberian ASI melalui botol atau selang. Penggunaan Metode Kangguru, dan mengenalkan payudara ibu sesegera mungkin setelah bayi lahir meningkatkan kemungkinan bayi mendapat ASI penuh. Metode ini dapat dilakukan di mana pun.

-0-

Lihat juga artikel lain tentang bayi prematur dan inkubator bayi:

http://koestoer.wordpress.com/pengabdian-masyarakat/grashof-incubator/

http://koestoer.wordpress.com/2013/09/02/inkubator-fototerapi/

http://koestoer.wordpress.com/2013/11/02/untuk-34-propinsi-peminjaman-gratis-inkubator-bayi/

Marathon Challenge UI Juara

Asww. Bapak dan Ibu yth,

Alhamdulillah utk hasil akhir race Indonesia Energy Marathon Challenge (IEMC) 2013, tim UI mendapatkan juara I di kelas Prototipe Gasoline dan Prototipe Listrik. Berikut juara I dan II.

Prototipe Gasoline

1. UI – 1027,47 km/l

2. ITS – 677. km/l

Prototipe Listrik

1. UI – 252,43 km/kW

2. UPI Bandung – 236,98 km/kWh

Adapun salah satu tautan utk berita event ini dpt dilihat pd http://m.republika.co.id/berita/nasional/jawa-timur/13/11/17/mwex64

Semoga prestasi ini dpt dilanjutkan sampai ke kompetisi SEM Asia di Filipina yg akan dilaksanakan pada bulan Februari 2014. Kami berterima kasih atas segala dukungan dan doa dr seluruh sivitas akademika UI.

-0-

From: ario@eng.ui.ac.id
Date:
To: dosen@group.eng.ui.ac.id,Milist DTM UI <mesin_ui@yahoogroups.com>
Subject: Re: [Dosen FTUI] UPDATE-Kompetisi Mahasiswa Indonesia Energy Marathon Challenge (IEMC) 2013

Asww.

Terima kasih atas dukungannya. Terutama pak Hendri, pak Gunawan, pak
Hudaya dan pak Setiadi.

Alhamdulillah, utk pencapaian race hari I, tim UI meraih di no 1 utk
semua tipe. Berikut adalah urutan 3 besarnya.

Prototipe Gasoline
1. UI – 1027,47 km/l
2. ITS – 569,27 km/l
3. UGM – 273,98 km/l

Prototipe Listrik
1. UI – 252,43 km/kW
2. Univ Neg Surabaya – 216,28
3. PENS Surabaya – 158 km/kWh

Demikian liputan hr pertama. Semoga untuk percobaan berikutnya dpt
lebih baik lg.
Mohon doanya smg sukses. Terima kasih atas perhatiannya.

Wass,

Ario SB

POSTINGAN FACEBOOK:

 

Raldi Talkshow Net.TV

Talkshow di Net.TV tgl 12 Nov 2013 tentang peminjaman gratis inkubator bayi untuk di rumah.

Karena talkshow video, lebih baik kita dengarkan dan lihat saja.

Mohon do’anya semoga bisa dikembangkan di 34 provinsi seluruh Indonesia.

-0-

Komen seorang kolega muda:

“profesor Teknik Mesin Universitas Indonesia ini tidak mempermasalahkan jika inkubator miliknya ditiru orang lain” ucap prolog acara..

“gak pentinglah itu buat saya. yang penting adalah,, emmm kita sudah menolong masyarakat yang membutuhkan…”, tambah lagi beliau…

aih aih.. subhanallah sekali… takjub saya… udah gratis, anti paten pula…
ayo ayo, bantu sebar info peminjaman gratis ini. demi mengangkat nama almamater, sekaligus kalimat ke-tiga tridharma PT.
cukup twit video / blog beliau di twitter. atau bisa juga facebook, atau lewat millist.. yang punya blog, mungkin bisa me-reblog posting di laman blog beliau…

 azimil.
Salah satu komen dari FB:
Imam Muhyidin Allah hu Akbar… sukses Prof.. kami sekeluarga turut mendoakan kesuksesan Prof dan Team DTM UI… sekalian sharing anak kami yang telah dipinjamkan incubator dari saat ini BB telah 3,2 kg dari awal 1,5 kg… Alhamdulillah sungguh mulia…

Ruang NICU dan peralatannya

Ruang NICU

Banyak rumah-sakit yang mengklaim telah memiliki NICU, namun sesungguhnya belum memenuhi standar. Angka kematian dan kejadian neonatal di negara-negara berkembang hingga saat ini masih tinggi. Meski demikian, unit-unit dan layanan kesehatan, belum bisa berbuat banyak yang disebabkan upaya yang dilakukan selalu terganjal banyak kendala. Antara lain belum tersedianya infrastruktur dan peralatan yang memadai serta minimnya tenaga medis dengan latar belakang pendidikan khusus Neonatal Intensive Care Unit (NICU).  

Penanganan pasien neonatal pada dasarnya tidak bisa disamakan atau disatukan dengan pasien dengan keluhan dan penyakit lain. Untuk neonatal, pasien harus mendapatkan penanganan dan perlakuan ekstra khusus. Sebab risiko kematiannya sangat tinggi. Meski demikian, beberapa rumah-sakit tetap melakukan perawatan terhadap pasien neo natal, dengan berbagai kekurangan dan keterbatasan. Akibatnya, penanganan yang dilakukan tidak maksimal. Inilah yang menyebabkan angka kematian pasien neonatus tetap tinggi.

Idealnya, penanganan kasus neonatal harus dilakukan dalam ruang perawatan khusus yang terdiri dari tiga level, berdasarkan derajat kesakitan, risiko masalah dan kebutuhan pengawasannya.

Level pertama
adalah untuk bayi risiko rendah, dengan kata lain bayi normal yang sering digunakan istilah rawat gabung ( perawatan bersama ibu) atau

Level
II untuk bayi risiko
tinggi tetapi pengawasan belum perlu intensif.  Pada level ini bayi diawasi oleh perawat 24 jam,  akan tetapi perbandingan perawat dan bayi tidak perlu 1-1. Sedangkan pada level  III, pengawasan yang dilakukan benar-benar ekstra ketat. Satu orang perawat yang bertugas hanya boleh menangani satu pasien selama 24 jam penuh. Pada ketiga level peran dokter boleh dibagi, artinya 1 orang dokter pada ketiga level, akan tetapi dengan ketrampilan dan pengetahuan khusus mengenai masalah gawat darurat pada neonatus.


Sesuai dengan namanya, perawatan intensif harus dilakukan secara khusus oleh seorang perawat terus menerus selama 24 jam. Tapi kalau perawatan dilakukan terhadap beberapa pasien, itu namanya bukan intensif. Tujuannya, agar kita bisa merawat bayi-bayi risiko tinggi secara baik dan benar. Sehingga bayi yang sakit itu jangan sampai meninggal. Setelah dirawat, dia harus sembuh. Dan sembuhnya itu juga bukan sekedar sembuh, tapi kalau bisa sembuh tanpa cacat,” tegas Kepala Unit Neonatal sebuah Rumah Sakit, Dr. Eric Gultom Sp.A.

Selain pengawasan oleh dokter dan perawat secara intensif, dukungan peralatan juga sangat membantu kesembuhan pasien. Sebab perubahan klinis pasien neonatal sangat cepat, sehingga membutuhkan peralatan bantuan monitor, mesin  dan peralatan penunjang lain  yang cukup mahal.

Meski penting untuk dapat mewujudkan Unit NICU sesuai standar, tapi ada hal lain yang menurut ahlinya dokter anak dapat dengan mudah dilakukan. Hal itu adalah memberikan informasi dan pengetahuan pada calon ibu atau ibu muda untuk menjaga dan merawat kehamilannya dengan benar. “Apa pun namanya, mencegah tetap lebih baik daripada mengobati,” tambahnya.

Metrotvnews.com: Meninggalnya bayi Dera Nur Anggraeni yang baru berusia 7 hari menjadi pemberitaan utama di beberapa media akhir-akhir ini. Publik pun menyoroti dugaan penolakan sejumlah rumah sakit ibu kota untuk menerima bayi itu. Alasan pihak rumah sakit adalah kurangnya fasilitas NICU (Neonatal Intensive Care Unit).

Diketahui, rumah sakit di DKI Jakarta hanya memiliki 143 unit NICU. Hal ini yang memicu bayi bernama Dera Nur Anggraeni ditolak sejumlah rumah sakit sehingga terlambat mendapatkan perawatan intensif dan kemudian meninggal. Apa sebenarnya NICU dan mengapa keberadaannya terbilang kurang di rumah sakit Jakarta?

NICU adalah ruangan khusus di rumah sakit untuk merawat bayi baru lahir sampai usia 30 hari apabila dia memerlukan pengobatan dan perawatan khusus di bawah pemantauan tim dokter. NICU sering diibaratkan ruang ICU khusus bayi.

Dengan sarana dan prasarana medis yang lengkap dan canggih, NICU diharapkan mampu mencegah dan mengobati terjadinya kegagalan organ-organ vital yang dialami oleh bayi-bayi baru lahir, yang disebabkan kelahiran prematur kurang dari 37 minggu atau pun lahir dengan penyakit bawaan.

Sementara itu, jenis perawatan di NICU pun disesuaikan dengan kebutuhan bayi. Mulai dari bayi sakit ringan dan tidak perlu infus, bayi sakit sedang dan perlu inkubator, infus, oksigen, dan monitor jantung dan paru, untuk bayi sakit berat yang perlu penanganan dan pemantauan ketat, hingga perawatan bayi prematur dengan usia kehamilan kurang dari 34 minggu atau berat badan kurang dari 510 gram.

Berbagai alat canggih pun tersedia di dalam NICU. Seperti di Brawijaya Women & Children Hospital (BWCH), fasilitas alat canggih di dalam NICU termasuk:

1. Inkubator, untuk mempertahankan kondisi lingkungan yang sesuai untuk bayi baru lahir khususnya bayi prematur atau bayi sakit.

2. Infant Warmer, untuk menstabilkan dan mengontrol suhu tubuh bayi terutama saat baru lahir.

3. Infusion Pump, untuk memberikan cairan infus atau obat-obatan secara akurat dan kontinu sesuai dengan yang dibutuhkan.

4. Syringe Pump, untuk memberikan cairan infus dan obat-obatan dengan aman, ketepatan sangat akurat dan kontinu sesuai dengan yang dibutuhkan.

5. Berbagai alat monitor seperti monitor jantung paru dan pulse oximeter), yakni untuk memantau denyut jantung dan pernapasan bayi serta kadar oksigen dalam darah secara terus-menerus.

6.Alat bantu pernafasan C-PAP (continous positive airway pressure), untuk bayi-bayi prematur yang mengalami gangguan pernapasan akibat paru-parunya tidak dapat mengembang secara sempurna.

7.Ventilator multifungsi, untuk merawat bayi dengan gangguan pernapasan berat.

Sayangnya, ketersediaan fasilitas yang sangat penting untuk keberlangusngan kehidupan awal bayi ini malah terbatas di Indonesia. Hal itu disebabkan biaya investasi NICU yang sangat mahal. Diperkirakan, investasi satu ruang NICU bisa mencapai Rp 5 miliar sampai dengan Rp7 miliar. Biaya mahal ini menyebabkan tarif perawatan di ruang NICU ini menjadi tinggi sehingga tidak terjangkau oleh golongan menengah kebawah. Akibatnya fungsi sosial Rumah Sakit dalam menolong masyarakat apalagi untuk mengurangi tingkat kematian bayi menjadi tidak pernah terlaksana. Harus dipikirkan cara terbaik untuk menangani hal ini. Salah satunya adalah dengan program peminjaman gratis inkubator bayi. Lihat di

Peminjaman Inkubator Bayi Gratis

http://koestoer.wordpress.com/2012/06/07/menolong-bayi-prematur/

Untuk 34 Propinsi Peminjaman Gratis Inkubator Bayi

Klik di

http://koestoer.wordpress.com/2013/11/02/untuk-34-propinsi-peminjaman-gratis-inkubator-bayi/

Mulus dalam Semalam

Malam kemarin ada teman datang ke rumah dan kami ngobrol sampai jam setengah sepuluh malam. Waktu teman pulang orang rumah bilang ” Jalan Lebak Bulus lagi dibetulin pak…”   Teman bilang “…gak apalah saya lewat trotoir aja kan naik motor.” Sore saya pulang kantor lewat situ, kelihatannya belum ada apa-apa. Saya tak ada reaksi apa-apa karena biasanya jalan diperbaiki itu hanya tempat yang berlubang saja.

Nah… Tadi pagi waktu keluar rumah menuju kantor, saya terkejut melihat sepanjang jalan dua kilometer itu kelihatan sudah mulus semua. Wah ini baru kali ini kejadian. Dalam semalam semua beres, jadi tidak mengganggu lalul-lintas sama sekali. Rasanya saya tinggal didaerah sini sudah melalui tiga gubernur DKI Jakarta (Suryadi, Sutiyoso, apalagi Foke) belum pernah ada yang memperbaiki jalan sepanjang dua kilo hanya dalam semalam. Bahkan selama tiga gubernur itu yang ada cuma tambal sulam jalan saja. Alias lubang jalan saja yang diperbaiki. Dulu-dulu duitnya dikemanain aja ?

Itulah kelebihannya gubernur DKI yang sekarang…Super-Jokowi, Jalan banyak diperbaiki, walau jauh dari pusat (Menteng). Jaman gubernur sebelumnya, jalan-jalan yang dibikin mulus dan dipelihara dengan baik hanya didaerah Menteng saja. Sekarang ini proyek perbaikan jalan dan gorong-gorong kelihatannya berjalan lancar dimana-mana. Nampaknya korupsi di pemda DKI sudah jauh berkurang. Kalau dulu duitnya dikorupsi melulu, gak jelas kemana larinya. Mari kita dukung pembenahan kota kita ini sebaik-baiknya. Semoga Jakarta menjadi semakin indah dan terpelihara.

Kalau Jakarta bisa jadi lebih indah dan terpelihara… Maka negara kita gimana dong ?

Itu semua tergantung pada pilihan anda nanti di 2014… Mari kita doakan agar Indonesia menjadi semakin maju dan berkembang dengan baik tanpa korupsi.

Salam, 07 Nov 2013.

-0-0-0-0-0-0-0-0-0-00-0-0-0-0-0-0

Artikel lain di blog ini:

http://koestoer.wordpress.com/bayi-prematur/inkubator-bayi-gratis/

http://koestoer.wordpress.com/humor/sby-dan-budiono/

http://koestoer.wordpress.com/download-buku-gratis/

http://koestoer.wordpress.com/fototerapi-untuk-bayi-kuning/

Jelang hari Pahlawan

http://koestoer.wordpress.com/terimakasih-pahlawanku/

Sedikit tentang pejabat berprestasi

http://koestoer.wordpress.com/tokoh/prestasi-luarbiasa/

http://koestoer.wordpress.com/omong2-idola-cilik/

Blok Mahakam Nunggu SBY

Sumber: http://chirpstory.com/li/167495

01. 30 Oktober 2013 Menteri BUMN @iskan_dahlan menyatakan Pertamina siap
mengambil alih Blok Mahakam 100%

02. Ini kan agar sesuai dengan keinginan masyarakat agar Pertamina bisa
menjadi kebanggaan bangsa #RebutMahakam

03. Sikap Dahlan jelas berbeda dengan sikap Menteri ESDM Jero Wacik yang
sebelumnya tampak jelas memihak Total dan Inpex

04. Memperhatikan sikap kedua menteri yang bertolak belakang di atas,
sudah waktunya Presiden SBY angkat bicara!

05. SBY harus mendengar suara rakyat yang sejak lebih dari 1 tahun
terakhir, telah menyatakan mendukung Pertamina mengelola Blok Mahakam

06. SBY harus mencamkan bahwa apa yang dituntut rakyat adalah keinginan
yang sesuai konstitusi dan demi kepentingan ketahanan energi nasional

07. Jika @SBYudhoyono bergeming,membiarkan Jero Wacik mengulur waktu dan
lebih memihak asing, maka Presiden memang merestui tindakan Jero

08. Patut diduga bahwa Presiden SBY memang lebih memihak prusahaan asing
dibanding perusahaan bangsa sendiri #@MarwanBatubara

09. Sebaliknya, bisa saja terjadi bahwa Presiden memang belum terlibat
banyak memperhatikan masalah Mahakam ini

10. Namun, jika hal kedua yang terjadi, berarti Presiden tidak peka dan
tidak peduli dengan masalah strategis dan penting bangsa

11. Jangan-jangan Presiden sibuk mengurus partainya atau menanggapi
kasus-kasus Sengmen dan Bunda Putri? #RebutMahakam

12. Terlepas dari dugaan di atas, kami yakin bahwa Presiden mengikuti
“pertarungan&quot; yang sedang dihadapi rakyat melawan kekuatan Asing

13. Yang menjadi soal, dalam pertarungan #RebutMahakam , rakyat justru
merasa tidak didukung oleh Presidennya sendiri.

14. Kita perlu megingatkan pda 2006, rakyat yang didukung oleh
tokoh-tokoh bangsa & para pakar, pernah bertarung menghadapi asing+antek2nya

15. Pada saat itu, Presiden SBY justru memihak asing,
ExxonMobil,&mengalahkan perusahaan BUMN milik rakyat, sambil memecat
Dirut Pertamina!

16. Sikap diam SBY selama ini dalam kasus Mahakam dikhawatirkan akan
mengorbankan perusahaan bangsa sendiri.

17. Kita khawatir bahwa secara tiba-tiba SBY justru memutuskan, “melalui
” Jero Wacik, bahwa Blok Mahakam justru diperpanjang kepada asing

18. Sebelum keputusan yg merugikan dan mencederai rasa kebangsaan rakyat
diambil,mari kita mengingatkan pemerintah dan Presiden @SBYudhoyono

19. Ketidakmampuan teknis, SDM, keuangan & manajemen yang dituduhkan
oleh pejabat2 busuk pro asing kepada Pertamina merupakan kampanye hitam

20. Rakyat tidak akan percaya dengan kampanye dan pembodohan yang mereka
lakukan

21. Para komprador tersebut justru harus dipecat&diadili karena telah
mengkhianati konstitusi&kehendak rakyat serta merusak kehormatan negara

22. Pertamina mengambil alih ONWJ (Blok Offshore North West Java) dari
BP saat produksinya sudah turun

23. Namun Pertamina justru mengangkat tiga platform-nya. Ini pertama di
dunia.apa yang kurang (kemampuan mengelola lapangan migas)?

24. Rakyat, manajemen BUMN dan Menteri BUMN menginginkan agar Blok
Mahakam dikembalikan kepada Ibu Pertiwi

25. Rakyat menginginkan haknya dikembalikan: “MAHAKAM = MemAng HAk KAMi”

26. Rakyat pun menginginkan agar pemimpin tertinggi di negeri ini,
Presiden SBY, tidak lagi bersembunyi di balik Menteri ESDM Jero Wacik.

27. Presiden SBY diminta untuk segera membuat pernyataan sikap bahwa
kontrak Blok Mahakam tidak akan diperpanjang dan sejak 2017

28. Mari #Rebut Mahakam. Kita tunggu sikap Preisden SBY yang
konstitusional, bermartabat dan pro rakyat

Untuk 34 Propinsi Peminjaman Gratis Inkubator Bayi

“Ass. Pak saya Yusxx, anak kedua saya baru lahir tgl 1’nov’13 pkl 19.45 WIB,di Rsb Avisena JakSel. Berat bayi hanya 1050 gr, Alhamdulillah smpai saat ini krna blum bisa mendapatkan NiCu bayi masih diinkubator dalam keadaan sehat. Besok istri saya sudah harus pulang dan pihak rumah sakit juga meminta untuk serta membawa bayi. Kami membutuhkan inkubator untuk dirumah. Rumah kami mengontrak di Jl. H.mochtar raya No50B rt.09 rw.12. Kreo, ciledug. Tangerang. Mohon bantuannya pak.”

SMS diatas adalah pesan yang datang malam ini pada jam 21.13 di telpon genggam saya, dan ini adalah permintaan kedua yang datang hari ini karena permintaan  sebelumnya datang lebih dulu dari Bandung melalui wifon (622291xxxxx), lihat SMS berikut:

“Slm, pa sy yg barusan tlp.td pake wifon, sms pake hp. Gini pa, sy punya saudra, mlhirkan prematur 1,18kg, tgl.28-10-kmren, sy mo bantu cari info ntuk perawatan d rmh, krn ga sanggup biaya sangat mahal, sampe kmren mo pulang paksa, cuma nggak jadi krn ga tega, buat bayar ibu,bayi kita ga sanggup byr,sampe pbkb motor djaminkan d rmh sakit, sampe ibunya bisa pulang, cuma byinya belum bisa. Jd barangkali bpk bisa bantu kami pa,.Sy dgn mia, trims.”

Demikian banyak orang tua bayi prematur yang membutuhkan pertolongan agar bayinya bisa tempatkan di inkubator bayi agar mendapatkan lingkungan yang hangat karena bayi prematur tidak kuat menghadapai perubahan suhu dari perut ibu 37 dgC ke tempat udara biasa 29-30 dgC.  Di ruang AC Rumah Sakit apalagi sering sampai 22 dgC.

Sejak bulan Januari 2012 kami meminjamkan inkubator dengan gratis di rumah ortu bayi prematur. Awalnya hanya ada dua inkubator, alhamdulillah atas bantuan dari berbagai pihak sekarang armada kami berjumlah 9 inkubator. Boleh dibilang tujuh diantara sembilan selalu berada diluar markas alias dipinjam oleh ortu bayi di rumah mereka. Kebanyakan karena tidak sanggup bayar rumah sakit dimana bai premtur harus masuk ruang NICUdengan biaya paling murah satu juta perhari (dan paling mahal dari info para ortu, lima juta perhari). Bayangkan… Siapa yang sanggup bayar segitu ? Karyawan gol menengah saja (ini suami istri insinyur), merasa berat untuk bayar lebih dari 2 minggu. Sebab itu mereka mengontak kami untuk bisa mendapat bantuan peminjaman inkubator gratis.

Cita-cita kami adalah ingin mengembangkan kegiatan Pengabdian Masyarakat ini ke seluruh Indonesia atau ke 34 propinsi, karena kami yakin didaerah pastilah banyak juga yang memerlukan bantuan seperti ini. Sampai dengan dua tahun ini pelayanan kami baru bisa dilakukan utamanya di Jabodetabek saja. Sekalipun demikian sudah ada juga yang meminjam dari Bandung, Subang dan Ciamis.

Sudah berapa bayi yang ditolong selama dua tahun ini ? Ini kira-kira saya saja… Ada 30-40 bayi tertolong. Dengan durasi peminjaman antara 1 s/d 6 minggu, karena di rumah bayi mendapat asupan ASI dari ibunya, maka berat bayi cepat bertambah. Saya selalu menganjurkan pada ibu bayi untuk memberi asupan ASI eksklusif ada juga yang memberi tambahan dengan susu formula karena ASI dirasa kurang. Tapi utamanya tetap ASI.

Inkubator-Fototerapi

Salah satu produk FTUI ikubator fototerapi sedang digunakan untuk bayi kuning

Semoga aktivitas peminjaman gratis inkubator bayi untuk di rumah ini bisa dikembangkan ke 34 provinsi di seluruh Indonesia sehingga banyak bayi kita dapat tertolong sekaligus kegiatan ini bisa untuk mempercepat target MDG untuk Indonesia yaitu mengurangi tingkat kematian bayi.

Artikel lain mengenai kegiatan peminjaman ini bisa dilihat di:

http://koestoer.wordpress.com/2013/09/02/inkubator-fototerapi/

http://koestoer.wordpress.com/2013/01/15/tim-inkubator-dengan-majalah-swa/

Mereka yang ingin berpartisipasi dengan memberikan DONASI/WAKAF/INFAQ/SODAQOH, sila klik di:

http://koestoer.wordpress.com/donasi-wakaf-inkubator/

Kontak SMS center Tim Inkubator UI

085659312070

Silakan krim pesan.

Maksa Homestay

“2-4 bulan apa nggak terlalu lama? Bagaimana dengan sekolah anak-anak
dan juga, kenapa di Brisbane? Bukankah belajar bahasa Inggris yang baik
ya seharusnya di UK atau minimal di USA. Yang pasti, bukan Australia”,
tanya saya,
“Saya sudah telpon direktur sekolah. Beliau sangat mendukung dan
bersedia memberikan pelajaran tambahan kepada siswa yang ikut program
ini, supaya mereka tidak tinggal kelas. Brisbane jadi pilihan, supaya
dekat dari Jakarta, jadi kalau mau nengok bisa lebih mudah dan cepat”,
jawabnya.

Lihat lanjutannya di:

http://catatankecillina.blogspot.com/2013/10/belajar-bahasa-inggris-dimana-dan-untuk.html

Anak Jalanan

Mengusahakan anakjalanan untuk kembali kesekolah bukanlah hal yang mudah, palagi untuk mengusahakan kegiatan  yang kreatif  dan produktif bagi mereka.

Namun bukan berarti tidak mungkin mengusahakan anak jalanan kembali ke jalan lurus utamanya agar mereka tidak lagi berkeliaran dijalan sehingga ajakan untuk berbuat negatif bisa dihindari. Yayasan Nara Kreatif telah memulai pada tahun 2012 yang lalu, Saat ini berbagai kegiatan telah diselenggarakan atas bantuan banyak pihak.

Lihat berita harian KOMPAS siang tgl 26 Okt 2013. Klik agarbisa diperbesar.

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan di Kp Dukuh Kramat jati itu a.l. :

- Pembuatan box dan kertas daur ulang

- Sekolah Paket A, B, dan C utk bisa ikut ujian SD, SMP dan SMA, bekerjasama dengan sekolah MASTER Depok

lihat juga di

NURROHIM MASTERNYA SEKOLAH MASTER

- Pengajian anak remaja

N1

Lihat juga artikel di blog ini tentang Rumah Kreatif

http://koestoer.wordpress.com/2013/08/17/rumah-kreatif/

 

 

 

 

N2

 

 

 

N3

Penemu Anti Kanker Dilarang Seminar

TEMPO.CO, Jakarta – Ilmuwan dan peneliti tomografi, Warsito Purwo Taruno, tidak diizinkan untuk menjadi pembicara dalam seminar deteksi dini kanker di Hotel Sahid Jakarta, Kamis, 23 Oktober 2013. Rencana presentasi penemu rompi antikanker itu mendapat protes dari asosiasi dokter.

“Dari Kementerian Kesehatan akhirnya tidak memberi izin saya menyampaikan materi seminar saya tentang ECVT untuk diagnostik, meskipun tadinya undangan awalnya juga berasal dari Kementerian Kesehatan,” ujarnya kepada Tempo, Rabu, 22 Oktober 2012.

Rencananya, presentasi ECVT itu akan disampaikan Warsito dalam seminar bertajuk “Workshop Deteksi Dini Kanker Payudara dengan Menggunakan Metode Nonradiasi.”

Teknologi tomografi medan listrik tiga dimensi atau electrical capacitance volume tomography (ECVT) adalah temuan Warsito yang telah dipatenkan di Amerika dan lembaga paten internasional PTO/WO tahun 2006. Teknologi itu bahkan telah digunakan oleh NASA (Lembaga Antariksa Amerika Serikat) untuk memindai obyek dielektrika pada pesawat ulang–alik selama misi ke antariksa.

Sistem pemindai ini mirip dengan CT Scan dan MRI untuk melihat apa yang terjadi di dalam tubuh manusia. Tapi, perangkat ini lebih canggih karena pasien tak perlu masuk ke dalam tabung, seperti MRI yang cuma menampilkan gambar dua dimensi. Gambar yang dihasilkan dari ECVT ini berbentuk tiga dimensi.

ECVT juga mampu membunuh sel-sel kanker. Warsito membuat ECVT dalam berbagai bentuk unik, ada yang mirip helm, bra, dan celana, yang disesuaikan fungsinya untuk kanker otak, payudara, atau prostat.

-0-
Menurut Warsito, alasan penolakan karena Kementerian Kesehatan menerima surat protes dari asosiasi dokter. “Mereka keberatan apabila saya menyampaikan makalah di seminar yang diadakan oleh Kementerian Kesehatan besok,” ujarnya.

Warsito sendiri tak habis pikir dengan penolakan itu. “Masalahnya, ini cuma seminar ilmiah, bukan alat mau dipakai di rumah sakit atau bagaimana.”

Akibat penolakan itu, Warsito harus meminta maaf kepada orang-orang yang sempat dia undang untuk hadir di seminar itu lewat Facebook. “Itu pesan yang saya kirim lewat Facebook,” ujarnya.

-0-

Copy paste dari http://m.tempo.co/read/news/2013/10/23/061524072

 

–00–

Lihat beberapa komen di:

http://koestoer.wordpress.com/others/komen-antikanker-dilarang/

JOKOWI: Go to hell World bank and JICA

Dalam salah satu pidatonya dibulan April  (pembukaan Pusrenbang) yang lalu, Jokowi menyatakan “Kita harus berani menyatakan TIDAK pada hal-hal yang memberatkan kita”. Beliau memberikan contoh DKI pernah mau pinjam pada World Bank namun persyaratannya amatlah rumit… “Lho pinjamnya cuma 1,2 T saja koq persyaratannya rumit amat”. Kalo rumit begitu sih gak usah aja, wong DKI ini sisa anggarannya aja 10 T koq.

Kalau kita pinjam 300 T dan anggaran kita hanya 49 T, lalu mereka kasi syarat rumit, ya ok lah kita ikut karena kita gak punya duit jadi terpaksa. Tapi ini cuma mau pinjam 1,2 T aja koq pakai syarat rumit.

Dengan JICA juga sama, soal MRT kalau nanti sudah kontrak kita harus serahkan  rencana kesana dan dicek 3 bulan, nanti tunggu keputusan mereka dulu. Kasi waktu 2 minggu mereka bisa ndak, kalau ndak bisa kita bilang TIDAK. Pemda DKI ini kaya, koq orang kaya minder, yang bener aja. Jadiorang kaya koq gak PD. Demikian kata Jokowi.

Coba kita orientasikan pembangunan ini pada infrastrukturdan kerjasama dengan BUMN dan BUMD untuk mengangkat kita sendiri. Kegiatan ekonomi yang besar kita arahkan untuk mengangkat diri sendiri.

Luarbiasa sekali Jokowi berani berkata begitu pada World Bank dan JICA. Rasanya dulu mantan presiden Suharto  sampai nunduk2 sama IMF dan setelah itu juga tidak ada presiden RI yang berani bilang begitu sama badan seperti World Bank dan JICA. Keberanian ini mirip seperti Bung Karno jaman dulu. Suharto, gak berani, Habibi gak berani, Gus Dur gak berani, Megawati gak berani…SBY apalagi jangan harap.

Kalau anda gak percaya lihat aja pidatonya disini:

http://www.youtube.com/watch?v=d99fC-tTtPg

Mari lihat beberapa komentar yang bermakna:

ajibong aja 1 minggu yang lalu

masyarakat Jakarta harus bersyukur dpt pemimpin seperti beliau, dan bantulah beliau, mulai dgn tidak buang sampah juga parkir dgn sembarangan supaya prog2nya cepat terlaksana.karna kami juga diluar jakarta butuh pemimpin seperti Jokowi.

Nini karlina 2 minggu yang lalu

hidup pak jokowi semoga anda selalu pada tekad dan pendirian bapak yg berpribadi jujur dan apa adanya siapa tahu dg kepemimpinan bapak indonesia makin maju dan kokoh setara dg negara lain h!dup pak jokowi

Pudjo Suprapto 4 minggu yang lalu

Wolrd Bank dan JICA, kalau memang mau niat minjemin kasih pinjam kalau nggak ya nggak kita bukan bangsa pengemis loe kasih pinjam diterima nggak ya udah, gitu ya Pak.

KITA BANGGA PUNYA PEMIMPIN YG BERMARTABAT SEPERTI BELIAU.-

 

————————-0000000————————-

Lihat artikel lain yang bermanfaat di blog ini

 

Pemeriksaan kesehatan GRATIS

http://koestoer.wordpress.com/hidup-sehat/periksa-kesehatan-gratis/

Cerita humor SBY Budiono

http://koestoer.wordpress.com/humor/sby-dan-budiono/

Peminjaman inkubator bayi gratis untuk bayi prematur di rumah

http://koestoer.wordpress.com/2013/09/10/6650/

Cuti Bersama Senin 14 Okt 2013

To: <dosen@group.eng.ui.ac.id>
Reply-To: Mailing List Dosen FTUI <dosen@group.eng.ui.ac.id>
Subject: [Dosen FTUI] Cuti bersama hari raya Idul Adha

 Rekan-rekan dosen yth,

 Berdasarkan informasi dari Direktorat SDM UI (terlampir) bersama ini 
 kami informasikan bahwa Senin 14 Oktober 2013 ditetapkan sebagai cuti 
 bersama hari raya Idul Adha.
 Demikian disampaikan.

 Berita ini bisa dilihat pada https://sipeg.ui.ac.id/ng/main

 Terima kasih
 Dedi Priadi

11 Bulan Keberhasilan Jokowi

Sampai dengan bulan September 2013 berarti sudah 11 bulan duet Jokowi-Ahok memimpin Jakarta. Banyak keberhasilannya. Sebagian dari apa yang dilakukan oleh pemimpin yang berwibawa ini bisa kita lihat di video Berita-Satu dibawah ini.

Revitalisasi waduk Pluit sebagian penduduk sudah dipindahkan ke Rumah Susun. Masih ada 5000 an keluarga menunggu selesainya Rusun. Dulunya tertutup oleh enceng gondok. Waktu awal dalamnya 15 meter krn tak dirawat 30 thn skrg tinggal 2-3 meter saja. Ini akan digali jadi spt dulu lagi.

Dibikin public-space, taman, green space tempat resapan.

Di pinggir barat waduk akan dibuat Amphi-theatre untuk menampung aspirasi seni warga…Duh luarbiasa.

Deep tunnel masih dalam proses, masih dibuat FS. Mungkin dikerjakan swasta.

Kartu Sehat sudah berjalan lancar di cek WHO mereka nyatakan sukses. Terutama implementasi dilapangan.

Perlunya kita ada lapangan kita bisa mendengar suara masyarakat. Mereka semua yang memberi informasi sebenarnya, demikian penjelasan Jokowi. Getarannya harus kita tangkap.

Di Jkt ada 30 an waduk. Dulu ada 300 an skrg tinggal 30. Dengan perbaikan waduk tensi kota menjadi turun.

DKI menuju E-Government, paperless dll.

Bulan Desember 2013 ada 1000 unit bus baru akan datang.

MRT dan monorel akan segera jalan, sekarang lagi mobilisasi peralatan.

Masalah tata ruang kalau sdh merah ya harus tegas. Ada yg sdh membangun 4 lantai kita runtuhkan. Mohon maaf pada masyarakat, kita harus tegas.

Jakarta ini bukan detroit, mrk produksinya hanya satu mobil. Jakarta sangat beragam. Income kita skr naik dulu 40 skr 67 T, krn pajak, parkir dll online. Korupsi tidak ada….  lho lho lho..berarti dulu dikorupsi terus ya…

Saya konsentrasi utk jakarta, jangan ganggulah dengan elektabilitas, survey. Karpet merah rakernas kemarin bukan utk saya tp utk semuanya.

Harapan saya, segera masyarakat melihat perubahan secara fisik dan sosial.

 

———-000000———-

Beberapa artikel lain yang ada di blog ini

Para pahlawan kita tahun 1928, siapa saja mereka pencetus Sumpah Pemuda.

http://koestoer.wordpress.com/2008/10/25/pahlawan-sumpah-pemuda/

 

Peminjaman gratis inkubator bayi untuk bayi prematur

http://koestoer.wordpress.com/2012/11/09/gratis-koq-gak-percaya/

http://koestoer.wordpress.com/2012/06/07/menolong-bayi-prematur/

 

Pembinaan dan pemberdayaan anak jalanan bukan hal yang mudah

http://koestoer.wordpress.com/2013/08/17/rumah-kreatif/

 

Pesantren wirausaha mandiri untuk dicontoh

http://koestoer.wordpress.com/2013/05/06/pesantren-saung-balong-al-barokah-2/